Selasa, 28 April 2015

Bu Tuty

Notif facebook di hape pagi-pagi sudah berbaik hati mengingatkan: ulang tahun bu tuty hari ini. Aah.. jadi kangen.

Beliau adalah dosenku saat kuliah S1. Beliau bukan pembimbingku dalam kategori akademik apapun: bukan PAku, bukan pembimbing seminarku, bukan pembimbing skripsiku, ga terkait dgn KKNku, aku tidak menjadi asisten di lab beliau. Tapi beliau salah satu tokoh favoritku di kampus. Meskipun di salah satu mata kuliahh yg beliau ampu aku hanya sanggup dapat B. Hehe

Dulu jaman di jogja, beberapa kali aku main ke rumahnya yang terletak di kaki gunung merapi. Awalnya praktikum lapangan, karena beliau punya area yg dijadikan kebun penelitian. Lalu ke sana untuk cari sampel untuk penelitian Seminar dan Skripsi.

Orangnya asik. Keluarganya asik. Rumahnya juga asik. Bahkan kucing-kucing di rumahnya asik :3

Ibu ini asik diajak ngobrol. Orangnya santai jd ga pernah ada judulnya obrolan yg kaku. Suami beliau, si bapak, juga luar biasa doyan ngobrol. Bukan sekali dua kali aku ngalamin yg namanya lanjut ngobrol padahal udah pamit. Ngobrol lagi. Pamit lagi. Ngobrol lagi. Hingga akhirnya "Aduh bapak, saya kan udah pamit mulu dari tadiii" dan lalu di'usir' lah saya "eh iya, udah hush sana pulang. Udah sore." Hehe

Mereka punya putri semata wayang yang saat itu masih SD. Aku biasa manggil "Dek". si adek ini juga mewarisi gen asik bapak ibunya. Beberapa memori sama anak ini nyantol banget di kepala. Misalnya waktu suatu sore aku ke rumah ibu. Aku sudah bilang sama ibu mau ke rumah. Ibu asik tersebut mempersilakan karena meskipun beliau masih ada urusan di kampus tapi kan ada bapak sama si adek di rumah. Sampe di sana langsung aku disambut sama si adek dengan pertanyaan yg diikuti dengan pernyataan yg bikin aku ketawa sekaligus manyun;
"mbak ibu mana tho? Kok sore pulangnya? Kan ibu udah janji mau main badminton sama aku. Ibu tuh udah gemuk mbak, tak suruh olah raga biar ga gemuk". Sampe di situ dia diam sejenak memandangku. Lalu berkata "mbak, kamu kan gemuk juga! Udah ayo kamu aja yg main badminton sama aku!" Glek! Jujur amat ni anak -_-'

Pada suatu kesempatan pas papasan di kampus, pernah ibu memanggilku lantas bercerita. Ekspresinya gak bisa kugambarkan. Coba aja bayangkan seorang ibu yg sedang gemas sama anaknya ekspresinya gimana saat ngomong begini:
"Gara-gara kamu tu kemarin si adek jadi ngikut-ngikut nangkepin kecebong. Mau dipelihara katanya. Ya ibu mah gak masalah, lah cuma masa kecebongnya dipelihara pake toples tupperware?! Yo kan mahal tho.. Pas tak nasihati njawabnya 'lah mbak yg kemarin juga nampungnya pake wadah plastik begini og bu!' Tenan tho, gara-gara kamu!"

Aku dan kawanku yg saat itu sering nemenin aku ke rumah ibu pun jadi spontan ngakak. Ada-ada aja tu anak. Iya emang sampel penelitianku kan berudu alias kecebong. Di rumahnya ibu ada kolam tempat katak dan kodok sering bertelur, makanya aku beberapa kali ngambil berudu di sana. Yang aku bawa adalah pet carrier yg bentuknya kaya aquarium plastik yg biasa dipake buat bawa kura-kura itu. Bukan wadah tupperware lho. Hehehehe

Rumahnya ibu selain "menyediakan" kami kecebong-kecebong dan lahan untuk praktikum lapangan juga menyediakan atmosfer yang asri dan nyaman. Seringnya ada cemilan pula. Makanya jd nyaman dan betah ngobrol. Hehe

Rumahnya punya kesan 'open' sekali terhadap tamu. Ruang tamunya di sisi belakang rumah. Jd kalo ke situ setelah parkir di halaman kita ga masuk ke rumah melainkan langsung menuju bagian belakang. Di situ ada kolam ikan dan kebun krisan. Banyak tanaman lain bertengger di sekitar situ. Asri banget pokoknya. Dan karena ruang tamunya jd semi outdoor gitu, jadi lah ada atmosfer santai dan nyaman.

Bagian dalam rumah ibu jg pengen banget aku tiru kalo udah nempatin rumah sendiri nanti. Langit-langit rumahnya tinggi. Jadi menimbulkan kesan luas sekaligus baik utk sirkulasi udara di dalam rumah, jd ga terlalu gerah. Sebenernya kata ibu, bapak tu salah desain rumah; lah wong rumah di gunung kok ditinggiin langit-langitnya? Yo jadi tambah uadem tho.. Hehe

Nah gara-gara notif dari facebook tadi aku jd serasa melayang terbawa kembali ke masa-masa sedang ngobrol dengan ibu dan keluarganya di ruang tamu semi outdoor tsb. Sambil menikmati pisang goreng dan mainan sama kucing-kucing di sana. Ah.. Keluarga yang hangat. Semoga Allah merahmati mereka selalu dgn kebaikan dan rezeki serta hidayah dan inayah..

Happy birthday Bu Tuty

Salam rindu buat ibu sekeluarga dari bekasi :)

Kamis, 23 April 2015

WIPOL

Tau Wipol, kan? Iya yg buat bebersih kamar mandi itu. Iya bener yg ituu..

Nah, kali ini saya mau cerita ttg wipol. Bukan dalam rangka promosi kehebatannya ni produk. Bukan, bukan itu. Enak amat ga mbayar saya tapi saya promosiin. Bukan pula dalam rangka menjelek-jelekkan ntu produk. Tho haters gonna hate hate hate hate hate :P but i'm not going to do that!

Ini adalah cerita ttg mama mertua tersayang yang setiap bulan menaruh wipol dalam daftar belanjaannya. Beliau orangnya resikan banget. Sehingga akan menjadi masalah kalo beliau telat belanja lantas kehabisan produk pembersih tersebut. Yak, itu masalah buat beliau.

Masalah buat saya adalah cara mama menyebutkan wipol ini kurang konsisten.

Pernah suatu ketika saya dan suami mau jalan-jalan keluar, lalu saat pamit kami menawarkan "papa sama mama mau nitip apa?". Mama yg menjawab, "neng, mama titip beliin wispol".

Ok. Wispol. Masih mirip lah ya. Makanya saya tau kalo yg mama maksud "Wipol ma? Yang buat bebersih itu kan? Botolnya ijo?". "Iya itu", kata mama.

Lain waktu mama memang sengaja meminta saya ke supermarket. Mama sudah membuat daftar belanjaan yang beliau ingin beli. Dalam daftar tersebut saya menemukan 'wisola'. Saya tersenyum sambil mengkonfimasi "ini wipol ya ma? Yg buat kamar mandi?". Yahm meskipun agak jauh keplesetnya, masih bisa saya mengerti lah.

Pernah juga suatu waktu beliau cerita, "si teteh (pembantu ~red) gak pernah nyikatin tempat cuci piring tuh. Tadi udah mama sikatin pake misol." Ya sudah lah, saya paham.

Bahkan ketika beberapa hari lalu sesaat setelah saya nyiangin belut, mama yg tiba-tiba masuk dan terjadi percakapan berikut
M: "kok bau amis, neng? Oh kamu lagi nyiangin belut."
D: "iya ma"
M: "entar disikatin ya itu tempat nyucinya, pake itu, sidola!"
D: merenung sesaat. Sidola kan minyak kayu putih. Apa biar ni tempat jd bau kayu putih gitu? Atauuu... "oh, wipol maksud mama? Sidola mah minyak kayu putih ma.."
M: "ah iya, maksud mama itu"

Tuh kan, saya paham maksudnya. Wipol. Wis pokoke itu.
Hehe

Senin, 20 April 2015

Gamis dan Belut

Kemaren sore si abang (panggilan baru yg awalnya cuma mau sok sok romantis eh malah nempel banget di lidah dan jempol) tiba2 ngajak jalan-jalan. Cari gamis buat kamu, katanya. Berangkat lah kitaa.. Ga jauh2, Pondok Gede Plaza ajaa.. Hatiku oh hatikuuu.. Gembiraaa.. wkwwkwk..

Tapiii sayaaaang sayang saayaaaang seribu kaliii sayaaaaang ~nyanyi~ gak nemu yg sreg T_T dengan alasan yg ga ok: ukurannya ga ada yg muat. Sekalinya ada yg muat, ga sreg sama modelnya. Huufft.. Akhirnya pulang hanya dgn menenteng sabun pencuci muka yg harganya 13rebu saja.. oh, dan sekilo belut permintaannya di abang.

Sampe rumah nyiangin belut sampe pinggang pegel gara-gara belutnya cuilik-cuilik.. jadinya kan jumlahnya banyak.. disianginnya di tempat cuci piring yang aduhai posisinyaa.. bikin bungkuk. Subhanallah.. demi cintaku padamu, abang.. hahahahha

Tapi ternyata enakan belut yg cuilik-cuilik itu yaa.. Crunchy sampe ke tulang! Maknyuuusssss.... :D

Senin, 06 April 2015

Nonton Fast n Furious 7

Hari ini akhirnya berhasil nonton Fast n Furious 7! Cakep banget dah ni film.. Orang mati (RIP Paul Walker) aja bisa hidup lagi di film ini. Perfectoooo...

Saking cakepnya no film, perjuangan banget dah untuk dapetin tiketnya.. Dimulai hari Sabtu kmrn kita sore-sore hunting tiket. Niatnya buat nonton yg jam 9 malam. Pergilah kita ke bioskop terdekat: Pondok Gede Plaza. Beugh! Tinggal 2 kursi terdepan. Ih ogah banget nonton film sambil ngedengak gitu. Cukup sekali dah ngerasainnya waktu nonton Harry Potter (entah yg ke berapa). Untung waktu itu gratisan alias ditraktir plus sebelumnya emang udah nonton. Jadi yaa biarin deh. Tapi ini FF7!! No way lah..

Bergegaslah kami ke bioskop terdekat berikutnya: tamini square. Sampe di bioskop langsung disambut manis sama tempelan "tiket FF7 sold out". Huhuhu.. Sia-sia deh. Lalu adzan maghrib berkumandang. Kami solat di masjidnya tamini square dan mencoba ikhlas utk ga nonton hari itu.

Minggu full agenda. Ga bisa diselipin agenda cari tiket dan nonton. Skip deh. Senin aja lah.

And this is it. This is the Monday!
Siang-siang Mr S pulang abis rapat di sekolah. Langsung deh kita capcus cari tiket. Pondok gede plaza kembali menjadi tujuan. Deket soalnya. Dannnn SIP DAPET!! Kita pilih yg jam stgh 4 sore biar sempet solat ashr dan ga nabrak maghribannya.

Jam 3 lewat Mr S belom balik ke rumah lagi. Gelisah. Mau telpon, eh ndilalahnya HP eror. Sinyal off. Ugh! Udh mau ngacir sendirian aja tuh kalo doi ga nongol. Kan tiket aman di dompet aye. Hehehe. Ternyata dia nongol ga lama kemudian. Langsung capcus kita ke Pd Gede Plaza. Aku udah nabung wudhu biar sampe sana langsung solat. Nah abis solat kita buru-buru ke bioskop. Eh filmnya udah mulai ternyata. Gapapa deh kepotong dikit.

Sialnya pas kita masuk kan bioskop udah digelapin, tp ga ada petugas yg mandu kita ke tempat duduk. Susah payah nabrak2 tangga deh tuh.. Udah sampe di deret atas baru ada petugas nyusulin bawa senter. Akhirnya nyampe lah kita dtempat yg sesuai sama nomor di tiket. Tapi gagal deh beli popcorn sama softdrink. Huhuhu.. Padahal jarang-jarang nih request yg satu ini diACC.

Yap begitulah suami saia. Orangnya hemat abisss... Beda banget sama saia yg tukang jajan. Hoho. Jadi agenda nonton juga sebenernya agenda yg langka. Kalo filmya ga bagus2 bnget doi ga mau. Terakhir kite nonton di bioskopbtu waktu Hunger Game 2. Itu aje aye maksa-maksa sambil manyun. Hehe..

Surprisenya lagi, setelah film selesai dan kita lagi jalan keluar bioskop aku kan iseng ngajak
I: beli somay yuk abis ini
S: di mana?
I: tenpat biasa (deket pasar, somay murce tp uenakk)
S: kirain mau makan somay di sini
I: kamu mau di sini? Yuk, di solaria pasti ada
S: hueeee... (kirain bakal nolak loh ini)
I: hehehe lagian pake tanya beli di mana..
S: makan mi goreng aja yuk
I: di mana?
S: di sana (menunjuk ke suatu arah). Solaria kan di sebelah sana
I: kita ke solaria?? (Agak gak percaya ini ceritanya)

Dan beneran lho.. Cihuyyy... Si Mr Hemat mau diajak jajan. Hahaha.. Doi pesen mi goreng ayam, eyke pengen kwetiau tapi lagi kosong, jd ganti sapo tahu seafood.

Gembira banget hari ini. Good movie. Good meals. With a good person. Makasih yaa Mamas.. :-*

Yang baca mungkin bakal komentar "elah norak amat cuma nonton sama ke solaria aja..". Yaa terserah situ deh. Kadang memang serepot apapun kita membagi kebahagiaan ke orang lain, org tsb belum tentu bisa merasakannya. Karena bahagia punya banyak wajah.

What about the movie? GREAT!! Actionnya seperti biasa keren abis. Apalagi skrg ketambahan Jason Statham. Ada beberapa yg kliatan mekso sih, tp sperti biasa, totalitas yg bikin lumayan terpampang nyata. Patut dihadiahi jempol deh. Mereka tu kaya memyambut tantangan utk ga merubah cerita film meskipun Paul Walker meninggal di tengah proses syuting. Susah nyari celah ketidaksempurnaannya. Kudu nonton sekali lagi kayanya.. soalnya td sebesar apapun tekad utk nyari celah, malah terpesona sama ceritanya. Berkali-kali sampe tahan napas pas aksi-aksi gilanya dipertontonkan.

Cuma yaa gak ada gading yg sempurna lah yah.. Namanya film sono, adegan kissing mah kayanya dianggap sangat umum. Nah tapi masalahnya ada adegan yg mempertontonkan wanita-wanira dicat emas sekujur tubuhnya trus joget-joget menggoda gitu. Belum lagi gadis-gadis berbikini. Sampe kite nih berkali-kali nutupin mata Mr S pake telapak tangan. Betenya lagi itu adegan terjadi di kediaman putranya raja yaman. Banyak pria-pria bergamis, meeen... Iya sih gamis bukan simbol islam, itu budaya arab sono. Cuma kan identiknya sama islam. Eugh!!

Shocknya lagi pas selesai film lalu lampu bioskop kembali dinyalakan. Itu ternyata banyak bocah ingusan yang nonton, buk! Olalaaa... Kok bisaa.. Ini bukannya genre film dewasa harusnya. Hiks.. Mudah-mudahan pas adegan itu kalian pas ngantuk ya dek..

Btw, sedikit spoiler. Han mati. Leti kembali ingatannya. Brian hampir mati jatuh ke jurang. Banyak mobil-mobil terbang selama film. Oh ya, Mia hamil lagi. Lucunya perut masih rata doi udh bisa bilang ke Brian "it's a baby girl" :p