Jumat, 16 Juli 2021

Naik "sif"!

Nasib batita di jaman pandemi: di rumah meluluz. Sekalinya diajak jemput ibu dari tugas luar, ga jauh-jauh cuma di Bogor aja, dia sepertinya sangat terkesan. sempat diajak nunggu di dalam hotel. naik lift. icik-icik bentar di kolam renang. lihat kolam ikan. ternyata itu sangat berkesan. kalo main mobilan dia bilang "mobilnya mau ke Bogor". dan semalam saat pillow talk sebelum tidur, dia dengan semangat bilang begini

Ihza: aku mau naik sif sendiwi

Ibu: sif?

Iz: iya, aku pencet tuutt (tangannya seakan-akan sedang memencet tombol). trus itunya ssiiiit ssiiiitt gitu (tangannya memperagakan pintu bergeser ke kanan dan ke kiri)

Ib: oo.. lift?

Iz: iya lif! aku mau naik lif sendiwi. pencet tuuttt trus itunya siiittt siiittt gitu (tangannya memperagakan seperti sebelumnya)

Ib: pintunya bisa buka-tutup sendiri gitu ya?

Iz: iya. ssiiiittt ssiiiittt gitu (tangannya geser kanan kiri lagi)

Ib: memang Ihza pernah naik lift?

Iz: iya. waktu aku ke Bogor. aku kan lihat kolam renang jg. ada air tejun. ada lif. ada ikan. 

Ib: Ihza senang ke Bogor?

Iz: iya! aku mau ke Bogor meyuyu! 


ahhh gemas Ibumu, Naaaak.. 😂

semoga pandemi segera berakhir..


--

dari catatan 18 Des 2021

Minum jus

Suatu hari aku memesan 2 botol jus dari teman. Ada dua reaksi Ihza yang membuatku gemas


1. Saat minum jus jambu. 

Enak dek? "Sedaap mantaappp (sambil acungkan jempol). Itu jus apa dek? "Stobewi" Bukaaan.. Itu jus jambu merah. Coba mana gambar jambu merah (nyuruh nunjuk poster buah2an). "Ini (nunjuk gbr stroberi)" Iiish ini tu jus jambu. Itu lho jambu yg lurnya hijau dalamnya merah. "Ini? (sambil nunjuk gambar jambu)" mukanya kecewa hahahahaha... Dia bilang enak tp dia maunya itu namanya jus stroberi 😂


2. Udah minum jus mangga ceritanya dia. Baru berapa jam kok minta ambilin gelas lagi sambil bawa2 botol jusnya. Ya udh lah ya gw ambilin aja. Gw tuangin trus sodorin ke dia. Di luar dugaan ternyata itu dia mau kasih ke gue. "Ibu minum ini. Supaya sehat dan kuat dan imunnya bagus". Segala "imun bagus" segala ini bocah belajar dr mana dah? Hahaha.. Terharu emaknya 😂


--

dari catatan 20 Des 2021

habis minum jus dari Uni Wiwik

"Kenapa ibu mau sama aku?"

"Kenapa ibu mau sama aku?"

Wow, pertanyaannya sangat tiba-tiba dan mengejutkan. Padahal yg nanya lagi main mobil-mobilan. Sebelumnya yg dia ocehkan hanyalah perkara mobil excavator yang sedang memindahkan keping puzzle ke mobil truk.

"Karena Ibu sayang Ihza" jawabku.

Aku penasaran apa jawab nya berikutnya. Tapi ternyata dia hanya bilang "hmm.. Betul juga ya"

Oh my.. Jawabannya membuatku khawatir. Apa sih sebenarnya yg sedang dia pikirkan?


Aku coba tanya balik saja, "kalo Ihza gimana?" sengaja pertanyaannya tidak menjurus. Suka-suka dia mau jawab apa. Ibuk sudah bersiap dapat jawaban yg ga nyambung.

"Sayyyyang Ibu.." katanya. Unch unch Ibuk lumer ini nak.

Mas Ihza

No, sorry, ini bukan pengumuman bahwa Ihza akan punya adik. Ini adalah cerita tentang panggilan baru Ihza.


Berawal dari 2 hari lalu. Sore itu aku dan Ihza main di teras rumah. Pagar rumah terbuka agak lebar karena memang Ihza sedang mengangkut pasir dengan mobil truk kecilnya. Ibu hanya mengawasi dari kursi teras. Sambil nahan ngantuk hehe.


Lalu seorang papah muda lewat sambil menggendong bayinya. Aku ga kenal beliau ini siapa atau orang mana. Ihza melihat mereka dari pagar yang terbuka, lalu tiba-tiba menarik tanganku "ibu, adek bayinya lucu ya"


Oh, wow! This is so rare. Biasanya anak ini ga suka bayi. 


"Oh ya? Adek bayinya lucu?" tanyaku.

"Iya. Aku mau punya adek yg kaya gitu" kata Ihza.


OH WOW!! Dia minta adik?! Serius ini??


"Hmm.. Mau adek bayi ya?" tanyaku.


Lalu percakapan yg terjadi setelahnya adalah percakapan random yg tidak berfokus soal adik bayi.


Nah, tanpa aku duga, malam ini dia kembali membahas soal adik bayi.


"Kalo ada adek bayi, nanti adek bayi epok (nemplok) di bantal kecil itu aja!" katanya. Padahal tadinya kami sedang membahas soal pembagian bantal antara aku dan si bocah ini.


"Lho? Kan adek bayi bisa nemplok di Ibu", kataku.


Jawabannya mestilah seperti yg kuduga: penolakan. Bahwa nemplok di Ibu adalah hak prerogatifnya.


Lalu entah bagaimana aku terdorong utk memberikan pengertian bahwa Ihza sudah besar. Sudah saatnya berhenti nemplok di Ibu. Kalimat ku kuakhiri dengan "Abang Ihza paham?"


"Ihza doang! Maunya Ihza doang!" tebakanku dia ga suka ada title Abang.


"Hmm.. Gimana klo Mas Ihza?" tanya iseng. 


Eh ternyata dia jawab "Iya deh"


Hahaha ini tumben. Biasanya dia sama sekali ga mau ada title Abang atau Mas atau Kakak di depan namanya. Tu to the mben. 


Ajaibnya, semalam setelah title tsb disematkan, lagaknya jd sok dewasa dan lebih penurut. Diajak sikat gigi gercep. Diajak sholat ayo. Bahkan selesai solat semua orang yg dia kenal dia doakan supaya lancar rezekinya. Lalu  tanpa disuruh dia merapikan mainannya.


Love you, Mas Ihza.. 😘

Lepas sandal

Ini cerita pas di suatu hotel saat jalan-jalan ke Bandung. Alhamdulilah nya tu hotel lagi gak pas rame. Sepi banget malahan. Jd selain perihal protokol kesehatan insya allah aman terkendali, masalah lepas sandal pun yg lihat yaa keluarga doang hehe

Dari awal masuk loby hotel pas check in. Aku sbg pihak yg kontak dgn hotel jalan masuk duluan. Ihza di belakang sama Bude nya. Tiba-tiba terdengar "Ga usa dilepas sandalnya!". Nengok ke pintu masuk, dan ya Tuhan.. Ternyata itu anak gueeee.. Mau masuk hotel dia lepas sandal dong 😂 luar biasa.. 

Berikutnya pas masuk kamar hotel pun dia lepas sandal di depan pintu 😂 Jadi lah kalo dia masuk lift kita amatin banget tu sandal masih nempel di kaki apa gak. Takutnya klo dilepas ntar pas keluar lift nyariin sandalnya. Wkwk.. Jadilah emak Ihza ni selalu senantiasa melihat ke arah kaki Ihza, takut sandalnya hilang jg soalnya hehe

Lalu kejadian gak teduga lagi terkait lepas sandal. Jad ceritanya kita habis berenang. Lokasi kolam renang hotel tsb adalah harus melewati restonya dulu. Bener2 masuk ke resto, setelah itu baru masuk area kolam renang. Sucil cerita nyempil; kolam renang bersih dan sepi, serasa milik sendiri. Kita mutusin balik kamar pas Ihza udah terlihat menggigil kedinginan.

Kali itu pun mata emak ga lepas dari kaki si bocah. Aman, uda dipake sandalnya. Lalu karena asik lihat dekor resto, Ihza tau2 udah nyalip jalan duluan dan tersadarlah emak: dia ga pake sandal.

Yassalam.. Perasaan tadi udah dipake pas beranjak dari kolam renang?! Gemes bener deh. Akhirnya emak pun balik kanan nyari itu sandal dilepas di mana. Ternyataaa dia lepas sandal sebelum masuk resto itu 😂

Emang kudu sering diajak jalan-jalan ni anak 😂 semoga pandemi segera berlalu.. Aamiiin

Selasa, 27 Maret 2018

Welcome my son! My sun! My eveything!

Alhamdulillah dengan penuh kesyukuran kami menyambut hadirnya putra pertama kami yang kami nantikan selama empat tahun pernikahan kami. Si ganteng yg hadir 2 hr sebelum anniversary keempat emak dan bapaknya.

Kami beri nama IHZA

Ihza berarti bejo. Beruntung. Doa kami ihza menjadi manusia yg beruntung di dunia dan akhirat.. Aamiiin..

Ihza lahir melalui SC di 36w5d gara-gara tekanan darah emaknya tinggi saat kontrol rutin di klinik. Maju 25hr dari HPL. Tapi alhamdulillan lahir sehat dengan tangis melengking dan muka bulatnya. Hehe

Terimakasih utk seluruh keluarga yg sudah bolak balik RS dr mulai masuk UGD sampe pulang pasca persalinan. Kepada dr Rahayu Indit P, Sp.OG dan timnya di RS Hermina Galaxy atas operasi caesar yg ternyata sembuhnya ga pake lama. Juga kepada BPJS! Lahiran gratis kita! Hehehe

Hidupku selanjutnya... Sungguh penuh drama. Masya allah.. Punya anak baru sebulan aja rasanya sudah banyak sekali "petualangan" dan "perjuangan". Kapan-kapan lah ditulis. Ini aja mau nulis kalo Ihza udah lahir sampe nunggu anaknya berumur sebulan. Wkwkwk

Alhamdulillah ala kulli haal.. Semoga bernilai tabungan kebaikan bagi kami. Aamiiin...

<3

Senin, 04 Desember 2017

Cek ke dr Ayu (UK 25w5d, it's a boy!)

Hari ini kembali kami menjejakkan kaki ke RS Hermina Galaxy. Sungguh hari yg melelahkan dan menguras emosi.. Nanti lah soal yg ga enaknya mah ga usah di bahas di sini.

Kita bahas yg hepi- hepi aja.. Yeaayy 😍

Hai utun, ibu tadi ngintip kamu lagi lho.. Kali ini dengan dr Rahayu yang cantik dan baik hati. Dedek genit ih diintip sama dr Ayu njuk pose manis gitu. Hahaha 😍

Hasil pengamatan dr Ayu melalui layar USG menunjukkan bahwa:
# semua fitur wajah, jemari, dll terlihat baik dan lengkap
# detak jantung baby teratur
# kisaran beratnya sudah 1kg, terhitung besar utk UK segitu
# posisi plasenta di atas, kepala bayi sudah menghadap bawah
# cowok! Dokternya keceplosan ga pake tanya dulu. Hahaha

Yeaayy tak terhitung hamdalah yg keluar dari mulut ini selama menyaksikan si utun bergerak-gerak di dalam perut. Sehat-sehat ya nak...

Saat aku lapor mengenai beratku yg ga beranjak naik, kata dr Ayu: "gapapa. Ga masalah. Yg penting kan bayinya tumbuh normal. Bagus malah. Klo bisa dipertahanin sampe lahiran segitu aja" Dueeenggggggggggg... Maunya sih gitu yaa.. Biar ga kerja keras nurunin BB pasca persalinan nanti.

Lalu soal miom. Tadi pas USG memang terlihat miom. Tapi sepertinya dr Ayu setipe dg dr Femmy yg tdk terlalu concern ke sana. Posisinya memang di dekan cervix tp tdk menghalangi sepenuhnya. Katanya malah kita harus optimis bisa persalinan normal. Aamiiiin Ya Rabb...

Saat aku lapor sering ngilu sampe vagina karena rasanya si miom diteken dedek, dr Ayu bilang begini:
1. Bayimu besar, jd kalo terasa ada tekanan begitu ya wajar
2. ga usah dipikirin miomnya keteken, sakit, bla bla bla. Fokus aja fokus baby nya sehat kamunya sehat!
OK bu dokter.. Siap laksanakan!!

Oh ya, untuk suplemen dr Ayu rekomen utk ganti folamil genio dgn folamil gold. Katanya lebih bagus utk perkembangan otak. Siap laksanakan!! Ngabisin stok folamil genio yg ada dulu tapi. Hehehe

Dr Ayu jg tanya apakah sudah pernah cek lab? Aku yg agak lemot ini bilang br sekali pas awal positif hamil utk lihat kekentalan darah. Lalu diberi pengantar utk cek lab. Tapiii kemudian tidak acc bagian bpjsnya karena cek labnya bisa di fakes 1 saja. Ya syudah..

=======

Tentang melahirkan dg BPJS di RS Hermina Galaxy

Setelah selesai konsul dg dr Ayu, kami mampir ke PMO lagi untuk menanyakan skema pelayanan BPJS.
Berikut poin-poin yg sempat kucatat
1. Pasien mengikuti alur, prosedur, dan standar yg ditetapkan BPJS. Termasuk jenis obat dan benang yg digunakan. Tidak bisa reques obat ini itu krn ada standarnya.
2. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan tdk ada indikasi utk caesar maka persalinan ditangani di fakes 1, kecuali ada resiko yg dianggap berbahaya dan mendapat rekomendask dari dokter untuk persalinan di RS. Tidak bisa caesar APS (atas permintaan sendiri)
3.  Pasien mendapat hak kamar sesuai kelas BPJSnya. Bila kamarnya penuh akan dititipkan sementara ke kelas lain namun status pembiayaan tetap sesuai dg kelas BPJSnya
4. Bila menghendari upgrade dari kelas 2 ke kelas 1 maka dikenakan selisih plafon pembiayaan BPJS kelas 1-kelas 2.
5. Bila menghendaki sharing cost ke VIP maka.. Selisih plafon pembiayaan kelas1-kelas 2 + 75% plafon pembiayaan kelas 1. Jd tidak tergantung pada berapa besar tarif VIP non BPJS RSnya.

Bidan PMO juga sempat menanyakan alasan upgrade apa? Kalo karena jenis obat yg digunakan maka alasannya langsung dipatahkan dg pernyataan bahwa jenis obat/benang operasi utk pasien BPJS kelas 1-3 sama saja. Saat aku bilang bahwa masalahnya pengen ada yg nemenin di kamar (konon katanya kamar rawat inap kelas 1-3 tidak boleh ada yg menunggui pasien), bidannya bilang bahwa pasien boleh kok ditunggui 24 jam di kamar. Tapi satu orang penunggu saja.

Kita lihat saja nanti yaaa jadinya si dedek utun akan berojol di RS mana. Di mana pun semoga kami dimampukan secara finansial dan diberi segala kemudahan kelancaran dan keselamatan. Aamiiiin

Semangaaaaaaattttttt