Jumat, 20 Februari 2015

KPR di-ACC, malah bingung

Happy anniversary for the two of us, Mr n Mrs Sigit :D

Alhamdulillah been a year together. Insya allah always together for the rest of our life. Aamiiin...

Ada yg spesial hari ini? Tadi pagi sih biasa-biasa aja. Saling ucapin happy anniversary, peluk-peluk kecup-kecup. Udah gitu doank.

Sampai barusan.. Ada yg telpon ngabarin sesuatu. Dan rasanya itu kaya jadi kado di dirgahayu pertama kami.

E: mba, ni elis dr MGT mau ngabarin ini sudah ada kabar dr bank, KPRnya di-ACC..

Moment of silent. Diiringi tegaknya rambut-rambut di sekitar tengkuk. Aye merinding mak!

Entah ini mau bersyukur apa gimana. Kudunya sih bersyukur ye.. Banyak orang yg ngajuin tapi trus patah hati ditolak.

Tapi masalahnya pas ngajuin kemaren tu pake slip gaji tahun lalu. Semua data benar, ga ada rekayasa. Tp trus januarj kemarin kan dpt kabar bahwa skema penggajian di sekolah terancam berubah. Sampai skrg sih belum jelas. Tapi kabarnya gaji eyke bakal terpenggal 2/3 bo! Skrg sdg menanti kebijakan pimpinan. Persis kaya nungguin presiden Jkw kmrn bikin keputusan soal seteru polri-kpk.

Yaa Allah.. cuma bisa nyengir sambil berdoa semoga dimampukan mengangsur cicilan KPRnya. Mudah-mudahan rezeki mengalir lancar. Aamiiin...

Minggu, 08 Februari 2015

Alhamdulillah wisuda

Alhamdulillahirobbil'alamiiiin...
Salah satu rezeki luar biasa di bulan Februari ini adalah alhamdulillah bisa wisuda S2.

Saya ga mau lebay dgn menyebut bahwa perjuangan saya selama 6 semester kemarin dengan label "perjuangan mati-matian", gak kok. Perjuangannya cukup "hidup-hidupan" aja. Hehehe

Iya banyak kendala, tp alhamdulillah banyak pula kemudahan. Dapat menyelesaikan kuliah dgn 100% biaya sendiri. Kuliah sambil bekerja. Konsentrasi sempet terpecah karena urusan persiapan pernikahan dg Mr. S. Bisa dapat IPK lumayan baik, tp ga masuk kategori cumlaude sih. Hehe

Banyak hal yang berbeda dari saat S1 kemarin. Waktu S1 saya ga sambil kerja. Ke kampus ga pake macet-macetan, tinggal ngegas motor sebentar lalu sampe. Ga membiayai kuliah sepeser pun. Tukang tidur di kelas (heheh). Dan pastinya ga mikirin nikah. Heheh

Pun begitu alhamdulillah hasilnya lebih baik. Terimakasih, Rabbii.. :)

Dan 7 Februari kemarin adalah 'gong'nya. Wisuda. Wisuda di UI ini agak sedikit rempong menurut saya. Tanggal 6 kami GR (gladi resik). Setengah ga percaya saya waktu denger kalo pas GR kita udah harus berkebaya. What?? Pikir saya, kan cuma GR?! Maka ketika temam-teman saya sibuk cari salon, saya madih santai aja. At the end, saya make up sendiri. Pake kebaya seadanya: kebaya yang dipake pas lamaran. Hehe

Sedikit kehebohan terjadi hari itu. Saya yang memang keukeuh mau dandan sendiri, berangkat dari rumah hanya pakai kebaya plus bawahannya (bentuknya rok pula, biar ga ribet. Heheh) dan jilbab kaos. Soalnya kan itu hari jumat, kami harus berangkat lebih awal karena yg ngater, Mr.S dan adek, sempet solat jumat. Saya pun setelah mereka solat jumat harus solat dzuhur. GR pukul 14-16. Masa saya udah pake make up? Luntur ntar pas wudhu. Atau masa saya ga solat? Cuma gara-gara GR? Ckckck

Maka dengan agak sedikit menggampangkan, saat cowok-cowok solat jumat, saya cuma duduk-duduk di kantin yang lagi tutup. Mereka selesai, saya segera wudhu lalu solat. Rampung solat, saya geret mereka kembali ke mobil. Capcus balaiurung. Sialnya sampe balaiurung antrian mobil panjang. Sempet ngomel sama Mr S, kenapa tadi gak parkir di balaiurung aja, sih?! Akhirnya dgn sedikit putus asa saya bilang "udah parkir sedapetnya cepetan!". Maklum senewen. Udh jam setengah dua dan saya belum dandan.

Akhirnya kami parkir di area parkir C. Cukup deket dari area balaiurung, tp seandainya kami parkirnya sejak sebelum Jumatan peluang besar untuk parkir di area B yang persis di sekeliling balaiurung.

Segera saya buka alat make up. Ga heboh-heboh banget sih. Pelembab, foundation, bedak, eyeliner, eyeshadow, maskara, blush on, dan lispstick; semuanya disimpan dalam sebuah kotak bekas alias kardus sepatu. Hehehe

Dan dalam 15 menit saya rampung dandan. Plus pake jilbabnya. Untuk jilbab saya terobsesi untuk tampil dgn jilbab yang menutup dada. Obsesi ini dimulai sejak hari-hari menjelang lamaran. Saat itu saya serahkan urusan make up pada pihak salon, tapi urusan jilbab saya handle sendiri. Soalnya biasanya kan jilbab salon tu nyekek leher. Saya ga suka. Sejak saat itulah saya jadi rajin browsing kreasi-kreasi jilbab dan memodifikasinya. Sukses pas lamaran. Pas akad nikah saya jg sempet bikin kreasi tp lalu menyerahkan pada pihak salon karena dijanjikan akan diberikan model yang menutup dada. Walaupun agak sedikit gregetan pas tau dadanya cuma ditutup tile putih yang jdnya 'kebek'. Tapi lumayan lah.

Yang saya butuhkan untuk jilbab GR kemarin hanya sebuah ciput, sebuah jilbab panjang (pasmina) dan sebuah scarf batik. Warna kombinasi abu-abu dengan ungu, sesuai kebayanya. Oh ya, kebetulan punya asesoris berbentuk bunga dari bahan kain paris, dulu beli di Matari dept store. Itu juga dipake.

Cuma, karena cuma 15 menit dan pakainya sambil duduk di dalam mobil, hasilnya ternyata kurang rapi. Make up wajah lumayan, tp jilbab agak geregetan sendiri liat bentuknya. I can do better. Hehe

Oh ya, ternyata memang satu-satunya kesempatan salaman dgn rektor adalah pas GR itu. Foto resmi dan pemberian selamat, judulnya. Itu lah alasannya kenapa kami harus rapi jali. Okelah

Esoknya, Sabtu 7 Feb, wisuda sesungguhnya. Waktu GR kami diminta kumpul di balaiurung pukul 7 pagi. 6.15 kami sudah sampai balaiurung. Lumayan sempet foto studio dulu. Ada 18 booth foto yang disediakan sama vendor fotografi yang saya pilih. Mereka stand by dari jam 6. Ya udah, sampai sana kami foto dulu. Mumpung make up belum luntur. Hehe

Pukul 8 kami sudah berbaris masuk ruangan balairung. Acara dimulai pukul 9. Satu jam dari pukul 8-9 adalah persiapan. Jadi kami yang udah duduk manis di dalam hanya melihat panitia check sound, ngerapiin paduan suara, dan nyetem alat musik. Saya agak geregetan. Menurut saya harusnya kita baris masuknya 15 menit sebelum acara dibuka aja. Harusnya check sound dan setting posisi padus sudah beres pas GR. Sejam nganggur, akhirnya saya foto-foto sama temen-temen aja.

Acara selesai pukul 11 kurang. Lebih awal dari jadwal. Saya yang gak cumlaude ternyata bener-bener ga beranjak bangun dari kursi. Berdiri hanya pas pak rektor masuk, nyanyi Indonesia Raya, dan pengucapan janji wisudawan. Jadi ternyata kita berkebaya dan rapi jali hanya utk kebutuhan foto pribadi aja. Berbeda dengan wisuda S1 di UGM dulu. Semua dipanggil maju. Jabat tangan dengan Dekan. Iya bukan rektor, soalnya bisa copot klo rektor yang nyalamin wisudawan yang jumlahnya ribuan itu. Saat maju itu pula kami diberi ijazah kami. Wisuda S2 di UI, ya karena hanya duduk manis, tidak ada selembar apapun yang saya bawa ketika keluar dari balaiurung. Wisuda = euforia semata.

Untuk wisuda ini saya pakai kebaya baru. Ini ibu yang keukeuh. Kebayanya berwarna pink kalem, yang ternyata samaan dengan Bu Puji, rekan sekelas yang juga wisuda kemarin. Bawahnya rok batik nuansa merah.

Malamnya sebenernya saya mau cari pasmina pink, tp ternyata ga sempet. Maka pakai pasmina seadanya: marun. Plus pasmina lain berwarna marun agak ungu (magenta?) juga cuma ada bling-bling. Ciput yang dipake sama persis dengan pas GR kemarinnya. Model jilbabnya pun sebenernya sama dengan pas GR, cuma kalo kmrn scarf sisa dibelit ke atas tu dikepang, kalo pasmina bling-bling ini ditarik ke depan. Make up juga pake sendiri. Tapi udah dikerjain dari rumah. Bisa sambil berdiri, maka hasilnya lebih rapi. Ahay!

Oh ya, ketika keluar dari ruangan wisuda ternyata Mr S sudan menanti dengan rangkaian bunga mawar putih loh.. hehe :D

Note: foto berikut ini adalah foto pas wisuda tgl 7. Lain kali saya update foto-fotonya.

Terimakasih sudah mampir ;)

Rabu, 04 Februari 2015

Hanya sebuah renungan

Sering kita merasa bahwa kita yang paling tau. Termasuk saat membuat daftar "kebutuhan", kita merasa paling tau bahwa yang dibutuhkan adalah ini dan itu. Padahal yang paling tahu apa yang kita butuhkan adalah Sang Pencipta kita.

Sering kita merasa bahwa kita sangat menginginkan ini dan itu, eh tapi kok yang kita dapat bukan seperti yang kita inginkan? Ya, karena yang menentukan apa yang akan kita peroleh tak lain yaitu Sang Maha Pemberi. Tentu saja Dia yan juga Maha Bijaksana akan mempertimbangkan usaha dan doa yang kita kerjakan.

Rezeki tidak melulu dalam bentuk nominal dengan logo mata uang. Kesehatan dan keluarga adalah rezeki yang kadang lupa untuk kita syukuri. Kesempatan beribadah adalah rezeki yang sering luput dari kesyukuran. Duh, maafkan kami, Rabb..

Hal-hal tersebutlah yang harusnya selalu kuingat, di masa-masa awal pernikahan, dengan kondisi yang apa adanya. Semoga Allah beri berkah atas sedikit yang kami miliki. Dan bila yang sedikit itu semakin berkurang esok, sesuatu yang sering merisaukan kami, semoga kami tak pernah lupa bahwa rizki-Mu sangat luassss... Semoga terbuka pintu-pintu rezeki yang lain..

Ya, karena Dia yang Maha Tahu apa yang kami butuhkan. Dia pula yang Maha Pemberi atas setiap tetes rezeki yang kami nikmati.

Harapanku sederhana: semoga kami selalu bisa bersyukur dalam kondisi apa pun.. Senantiasa saling menyayangi.. Saling menguatkan, tak sekedar saling melengkapi..

Senin, 02 Februari 2015

Mecahin Tempat Garam

Entah kenapa pagi ini aku njatuhin barang melulu.

Pertama, pas cuci piring tadi, sebuah piring keramik mama terlepas dari tanganku. Jatuh. Alhamdulillah ga pecah.

Kedua, pas mau bikin nasi goreng tadi. Tempat garam mama jatuh pas aku ambil dari laci penyimpanannya. Kali ini pecah. Mana lah pas papa masuk ke dapur. Aku yang masih shock melihat garam berhamburan di lantai sempet bengong dulu. Malah papa yang bergegas ambil sapu dan serokannya. Papa yang nyapuin. Kuminta ambil alih kerjaannya, malah dijawab "udah gapapa, itu kakimu diperiksa kena beling apa gak"

Ketiga, pas sarapan tadi. Piring makan terlepas dari tangan. Alhamdulillah ga pecah karena jatuhnya hanya beberapa senti saja.

Duh. Perasaanku ga enak. Plus perasaan bersalah. Sempet masuk kamar sebentar nenangin diri. Suami masuk ke kamar dan ngelus-ngelus kepalaku. Alhamdulillah lebih tenang setelah itu.

Tapi bener-bener deh, peristiwa yang no. 2 tadi tu bikin merasa bersalah. Merasa bodoh.

Padahal.. nasi goreng hari ini adalah terlezat yang pernah kubuat (note that i only had a few experience in cooking). Telor dadarnya juga passss rasanya. Sayang sekali jadi ga bisa nikmatin tu sarapan senikmat-nikmatnya.

Ya sudah. Sudah teanjur pecah.