Sebenernya aku ga yakin juga apakah ini benar mimpiku atau sekedar iri alias mupeng lihat orang-orang yang aku kenal mendapatkannya.
Apa?
Scholarship. Kuliah di luar sana. Hidup temporer di bagian lain dari bumi ini.
Sampai sekarang belum ketemu jawabannya. Sekedar mupeng kah? Benar-benar ingin kah? Apa gitu tujuannya?
===
Menerawang ke tujuh tahun silam..
Saat itu aku dimintai tolong sama W, kawan baikku sedari awal mulai hidup di jogja sampe sekarang, untuk transletin jurnalnya. Aku yang salah tangkap berfikir "gampang lah ya cuma abstraknya kan palingan". Ternyata yang harus diterjemahin tu draft jurnalnya. Dari nol. Kapan harus kelar? Esoknya. Gemes-gemes gimanaaa gitu sama si W. Akhirnya kami lembur ngegarap itu kerjaan, kalo ga salah di kontrakanku. Nyaris gak tidur malam itu, tapi amazingly terjemahan kelar. Bagian yang aku gak yakin kutandai dgn warna merah. Kondisi masih 90% beres lah. Masih butuh revisi.
Beberapa hari kemudian, si W menyampaikan pesan dari Pak B, dosen pembimbingnya, si nama pertama di jurnal tsb. "Pak B bilang lu disuruh ke kantornya hari X jam Y".
Pak B ini lulusan Jepun, jadi soal janjian dese memang terkenal tepat waktu. Maka pas diminta ketemu itu ya aku dtg 15 menit lebih awal. Batinku saat itu menduga bakalan dikasih draft yg udh dicoret2 utk kemudian direvisi.
Tapi ternyata...
Pak B: *ngeluarin amplop* ini untuk kamu
Gue: hah? Ga usah pak.. *ga nyangka bakal dikasih amplop. Si W ga bilang apa-apa*
Pak B: udah terima aja. Jangan ditolak. Ini gak seberapa kok dibanding hasilnya
Gue: *tersipu malu sambil nyamber amplopnya, jujur emang lagi butuh duit buat ngirim barang, termasuk motor, balik ke Bekasi* makasih pak
Pak B: bahasa inggris kamu bagus. Belajar di mana?
Gue: *berbinar-binar* saya pernah kursus pak di LIA
Pak B: Oo.. bagus itu. Toefl kamu berapa? Apply beasiswa aja
Gue: eh? Belum coba tes toefl pak (note that saat itu aye masih fresh graduate. Bahkan kayanya belom wisuda deh)
Pak B: saya kasih formulirnya ya. Kamu coba aja apply *sibuk buka-buka berkas nyari si formulir*
Asli cuma bisa cengo. Apply beasiswa? Anak macam gini apa iya bakal dapet beasiswa? IPK ga cum laude, malah kemelud, gini.. oh my..
Ternyata si Pak B gak menemukan formulir yang dicarinya. Beliau lalu menelpon koleganya di fakultas sebelah. Setelah itu menyuruhku menemui si kolega tsb. Di Fakultas A gedung B lantai C. Dengan masih agak cengo, kusamperin juga tuh alamat yg dimaksud. Tapi dari sana ternyata disuruh ke University Centre, ke suatu bagian yg ngurusin kerjasama kampus sama univ di luar gitu.
Dapat formulirnya. Tapi masih cengo. Rasanya mimpi aja ga berani. Lagi pula saat itu short plannya adalah kerja sama nikah. Haha
~oh iya pas di UC ketemu sama temen KKN, si F. bertahun-tahun kemudian F cerita "kamu sih bilang 'good bye'," yang mana aku sendiri ga ngerasa bilang begitu pas ketemu. Hehe. Entah.
Sampe di kontrakan, kupandangi itu formulir. Ternyata itu formulir utk beasiswa di Jepang. Hah? Jepang?! Gila kali ah. Kudu belajar bahasa jepang yang tulisannya aja gak mudeng donk? Aih mak.. nikah aja lah.. hehe
===
Balik ke kisaran tiga tahun belakangan ini.. Satu per satu teman dan bahkan adik angkatan di kampus pada pamit mau berangkat sekolah di luar.
Awalnya luar biasa seneng, bahkan excited banget. Senang utk kesenangan orang lain selalu berhasil membuatku senang. Hayyah rempong deh bahasanya :p
Lalu...
Melihat pengalaman mereka. Cerita-cerita mereka. Perjuangan mereka. Adaptasi mereka. Jalan-jalan mereka. Foto-foto mereka.
Emang ya, FB tu bawa virus deh.
Jadi pengen kan...
Mengalami pergantian musim di negara orang. Belajar banyak hal baru. Berpetualang mengumpulkan pengalaman hidup yang berbeda.
Aku
Mau
Juga
===
Dapat broadcast tentang kesempatan mengikuti teacher training di Jepang selama 1,5 tahun. Rasanya kaya dapat kunci untuk membuka satu gerbang kehidupan yang baru!
Kupelajari syarat-dan-ketentuannya. Kupelajari besaran beasiswa dibandingkan biaya hidup di sana -karena kalo jadi ke sana maka satu-satunya sumber penghasilanku ya dari scholarship itu. Rasanya kaya dapat semangat hidup baru!
Lalu teringat status yang kuperoleh hampir 3 tahun lalu. Aku skrg istri orang. Langkah kakiku harus seijin suamiku.
Maka dgn semangat kuceritakan tentang kesempatan hidup 1,5 thn di Jepang itu padanya.
Awalnya semangat ceritanya.
Lama lama...
Kok gitu responnya?
Yang diceritain kaya berat utk nanggepin. Banyakan diam. Entah merenung atau apa.
Aku: boleh mas?
Mr S: satu stengah tahun ya?
Aku: iyaa.. termasuk belajar bahasanya 6 bulan
Mr S: *diam*
Aku: boleh yaa...??
Diskusi berakhir dengan tidak diperolehnya izin yg kumau.
Sedih? Iya, dikit.
Aku menghargai keputusannya. Pertimbangannya. Kekhawatirannya. Apalagi hampir tiga tahun seranjang saja kami belum berhasil punya momongan, apalagi long distance 1,5 thn ga ketemu?
Huft..
Mungkin dia sadar istrinya jadi agak murung setelah itu. Sehingga terjadi negosiasi..
Mr S: kalo satu bulanan boleh deh
Aku: mana ada yang satu bulan...
Mr S: ya udh maksimal 6 bulan deh
Catet ya: aku dapat ijin maksimal 6 bulan.
Lumayan agak seneng dikit. Dikit doank? Iya karena belum di depan mata tuh ada info semacam itu.
Sekarang jadi rajin browsing short course yg ada beasiswanya. Sejauh ini baru dpt info mengenai Endeavour. Sebenrnya yg lain juga lumayan banyak, tp utk short course yg terkait sama bidang pekerjaanku saat ini belum nemu selain Endeavour itu.
Semoga suatu saat dapat...
===
Scene tambahan~~
Suatu hari di lab. Aku lagi ngerjain laporan ujain cambridge. Si Y lg ngerjain inventaris barang di laptopnya, sambil nyetel lagu-lagu. Tujuannya sih biar gak ngantuk kitanya.
Lalu mengalunlah lagu...
Pergilah kasih kejarlah keinginanmu
Selagi masih ada waktu
Jangan hiraukan diriku
Aku rela berpisah demi untuk dirimu
Smoga tercapai sgala keinginanmu
Gue: haaaaaahhhhh ganti lagunya!
Y: dih.. napa ni orang..
Gue: jadi ngarep tau.. ngarep lakik aye nyanyiin itu utk aye
Hehehe
Lebay saya lagi kumat
Baper deh kan jadinya
===
Yah.. semoga mimpi ini, pun mungkin sekedar mupeng belaka, akan terwujud suatu saat nanti...
Jika tidak, semoga anak-anak kami mendapat kesempatan utk mendapatkannya...
S.e.m.o.g.a...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar