Malam ini ada satu perasaan terkejut yang menclok ke kepala. Perasaan yg sejujurnya sih harusnya aku gak terkejut ya.. Harusnya sih aku udah ngerasain itu sejak aku masih sangat kecil. Iya, aku pernah ngalamin juga, tapi kesan tsb ga menclok mendalam di hati dan otakku, jadi yaa aku biasa ajaa.
Entah ni yg baca bakal percaya apa gak. Percaya bahwa keterkejutan yg kumaksud tadi adalah...
Aku terkejut menyadari bahwa bapakku GALAK.
Aneh gak sih umur udah mau kepala tiga, gede di bawah ketek ibu-bapak, ada apa-apa selalu yang dituju tuh ibu-bapak,,, tapi baru nyadar kalo bapak galak. Hahah
Dalam memori aku memang ada sih kejadian yg melekat di otak pas aku diomelin bapak waktu aku masih kecil. Tapi kalo itu emang aku yg salah, so sewajarnya bapak marah. Aku jg ingat bapak berrrrrrkali-kali dengan tegas tidak mengijinkan aku atau melarang aku berbuat sesuatu. Tapi itu juga kan sewajarnya, toh beliau bapakku. Semuanya aku terima dengan ... ikhlas? Apa ya istilah yg tepat? Pokoknya tuh semua itu aku terima aja tanpa kemudian berpikir bahwa bapak tu galak.
Kadang ngerasa gak ngerti juga sih kenapa kakak sama adekku cenderung takut sama bapak. Bukan takut yg berlebih sih, tp rasanya yg berani narik-narik tangan bapak, ngusilin bapak, ngeledekin bapak, dll dst dsb.. yg paling-paling-paling-paling.. ya aku. ~~he, maap ya pak ^^v
Nah, tapi malam ini ada kejadian yg kesannya sangat mendalam buat aku dan membuatku akhirnya sadar bahwa bapak tu galak.
Ceritanya bapakku yg sudah purna tugas alias pensiun itu sedang membantu ibundo menyelesaikan laporan kegiatan kantornya. Ibundoku ini memang soal teknologi agak-agak kurang, beliau pun menyadarinya. Sementara itu laporan sistemnya online, jadi lah bapak dimintai tolong. Aku juga. Nah selama online ngerjain laporan tsb ada interupsi-interupsi dari ibundo yang bikin bapak geregetan dan marah-marah. Misal ada pop up adv yg muncul di browser, eh ibundoku ini malah ngebahas iklannya bukannya laporannya. Bapak ngebentak "itu gak penting! Ga usah dipikirin! Ini aja dipikirin yang penting-penting!".
Seriously, itu beneran ngebentak. Aku aja sampe nyeletuk "ih bapak galak". Hehe
Trus misalnya ada penjelasan bapak yang ibu gak ngerti, itu bapak akan njelasinnya kaya orang ngomel; dengan nada keras. Aku sampe ngerasa harus ngimbangin dgn memberi penjelasan supaya di satu sisi ibu ngerti yg bapak maksud tanpa ngambek karena dibentak melulu, dan di sisi lain bapak lega karena ibu ngerti pada akhirnya. ~~Ini pas ditulis berasa sok hero banget gue. Hahahaha #tepokjidat
Ketika bapak ngomong dgn nada keras itu lah kesan mendalam bahwa "bapak = galak" muncul. Dan itu aku beneran sempet kaget menyadari bahwa bapak galak. Iya sih galaknya ke ibu, bukan ke aku. Tapi pokoknya bapak galak. Hehe
Kok gak dari dulu-dulu ya aku ngerasa bapak galak? *mikir*
Ada untungnya juga sih ga memiliki perasaan macam gitu dr dulu pas aku masih kecil. Ga asik kan kalo aku takut sama bapak. Kepribadianku jg pasti gak begini, sedikit banyak pasti terpengaruh deh. Jadi ya aku bersyukur aja. Alhamdulillah.. :)
Lalu apakah skrg aku jd menganggap bapak = galak-no-matter-what? Ya gak lah. Bapak tetep bapak yg aku kenal; perangkai kata bijak terbaik dalam lingkaranku, sekaligus pelindung dan penghibur saat aku lg di kondisi yg gak preferable :)
Semoga bapak -dan pastinya ibundoku tercintah- selalu dalam lindungan Allah.. Selalu dalam kondisi kecukupan, sehat, dan bahagia. Aamiiiin..
Daddy's little girl,
~Na
Tidak ada komentar:
Posting Komentar