Selasa, 31 Maret 2015

Mencari Ridho

Ridho siape? Ridho Roma? Emangnye ke mane tu anak?

#malah ngelucu#

---

Yah, gimana ya? Kalo ga ngelucu sendiri ntar takut jadinya suram ni hidup. Hehe

Abis gimana donk? Sekolah S2. Nasib mentok di Bekasi dan area sekitarnya-yang-dekat-dekat-saja. Ada lowongan dosen di Yogya, cuma bisa melambai-lambaikan tangan. Ada lowongan di internatinal school di jakarta utara sana juga cuma bisa mesem aja.

Eits, no, saya ga nyesel udah selesai S2. Pake duit sendiri pula. Bukan di tempat yg ecek-ecek. Saya bangga. Dan penuh rasa syukur. Ga semua orang mendapatkan rezeki ini.

Saya juga ga lagi menyesali cincin yang kini bertengger di jari manis. Juga buku bersampul hijau tanda saya sudah menjadi istri orang. Suami saya adalah lelaki yang baik. Kadang saya berpikir betapa menyesalnya mantan pacar yang udah mutusin dia dulu. Hehe

Tapi ya beginilah kondisinya. Lekakiku punya kewajiban utk berbakti terhadap orang tuanya, terutama ibunya. Dan janji untuk menemani mereka sudah terucap. Maka di sini lah aku. Bersama lekakiku dan orang tuanya. Menemani lekakiku mendapatkan ridho dari mereka. Berharap Ridho-nya bersama kami dan mengantarkan kami pada surgaNya..

Senin, 30 Maret 2015

Diomongin di belakang itu rasanya ....

Apa yang kamu rasa saat kamu tau kamu diomongin orang di belakang kamu? Sakit kan ya?

Trus, kalo udah tau kamu diomongin, kamu bakal ngapain? Ngelabrak? Marah-marah? Musuhin? Ngebales? Atau apa?

Rasanya saya gak sampai hati melakukan itu semua. Pilihan-pilihan itu rasanya jahat sekali. Saya jg gak mau dijahatin.

Sudah aja lah ya. Bukannya sudah menduga bahwa hal kaya gini sangat mungkin terjadi? Kan orangnya itu suka ngomongin orang lain ke saya. Iya, yang biasanya saya bales dgn mesem secukupnya. Jadi harusnya saya juga udah siap kalo hal itu terjadi terhadap diri saya.

Iya, tapi sakit.

Ah ya sudah lah. Sakitnya gak sampe bikin saya mati juga, kan. Ga sampe bikin saya masuk neraka, mudah-mudahan. Telen aja. Diolah di dalem. Jadi bahan renungan. Lah kan saya juga jauh dari sempurna.

*menghela napas*

Coba dipikir, orang sekelas presiden aja banyak diomongin orang. Banyak yg ga suka. Nabi Muhammad tuh, kurang hebat apa coba? Apa gak ada yg ngomongim di belakang? Apa gak ada yg ngebenci? Da saya mah apa atuh? Jadi ya udah, anggep wajar aja.

Boleh nangis?

Ya sok sana nangis. Nangis sendirian di pojok. Sehari semalam kalo perlu. Ntar dilihat, orang tsb berubah gak? Kayanya mah gak.

Boleh cerita sama suami?

Ya cerita mah cerita aja. Secukupnya aja. Pilih waktu, jangan pas emosi. Niatkan utk bersama-sama menjadikan hal tsb, omongan2 buruk, sbg pelajaran bersama. Niatkan utk berubah menjadi lebih baik.

Boleh bilang ga betah?

Ya sok aja bilang. Emang kalo bilang jadi bisa pindah gitu? Inget atuh sama janji untuk tetap di sini sampai batas akhir yang dibuat sendiri juga.

Jadi?

Mending mandi. Tu udah adzan, solat aja yuk. Berdoa sama Allah utk dijadikan manusia yang dilindungi, manusia yang lebih baik.

---

Begitulah gemuruh di hati. Emang, namanya diomongin di belakang tu polll ga enak. Makanya jangan ditiru...

Rabu, 25 Maret 2015

Cari Uang itu Susah, Nak!

If one day I have kiddos, I want them to read this. I want them to be better than me in appreciating what they have.
---

Sore tadi Mr S pulang dengan wajah lesu. Hujan deras baru saja berhenti. Di beberapa tempat banjir, kata orang-orang. Tapi bukan hujan dan banjir yang bikin dia lesu, melainkan amplop berisi bayaran les privat yang dia peroleh td siang terjatuh, hilang entah ke mana. Berapa banyak? Ga banyak-banyak banget kok, 90rb. Tapi buat kami itu sangat lumayan. Apalagi Mr S sudah rencana potong rambut, bayar jahitan celana jeans, bayar servis sandal aku, beli bensin. Cukup? Ya, cukup. Tapi kalo duitnya gak ada? *menghela napas*

Aku berada di sisi yang lebih baik. Pekerjaanku lebih enak. Bayaranku lebih baik. Saking enak dan baiknya aku sampe pernah terfikir zona ini terlalu nyaman. Bisa-bisa aku gak siap berada di zona lain. Apalagi roman-romannya zona nyamanku bakalan segera memaksaku pergi. Yah, namanya kehidupan, ada aja masalahnya. Maka aku menantang diri sendiri. Jualan online. Seems good? Yes I tought so.. Until I started it.

Jualan online ini selain utk menantang diri sendiri juga untuk cari tambahan dan pengalaman. Jujur aku jauh banget dari kemampuan berdagang. Gak kaya ibu yg jaman mudanya dulu dagang macem2, atau bapak yg sempet jual kue keliling dan juga sempet jual sepatu (klo gak salah). Aku pernah nyoba bawa dagangan jaman masih kuliah S1 dulu. Bukannya untung malah apes luar biasa; daganganku dimaling orang. Habis itu rasanya trauma.

Tujuan lainnya dari berbisnis online ini adalah untuk menambah nilai manfaat dari HP yg mahal-mahal kubeli (2,9jt untuk levelku rasanya mahal banget loh). Lagipula apa salahnya? Kupikir peluang terbuka lebar. Buktinya makin banyak saja orang yg jualan online. Bukti lain adalah aku juga suka belanja online *ups*

Tapi dari mana memulai? I had no idea. Jadi saat itu ide bisnis online yah mengambang saja di awang-awang. Sambil keder ngeliat teman-teman dan sodara-sodara pada merintis bisnis onlinenya. Mereka tuh gimana sih mulainya? Bukannya tanya malah melanjutkan memandangi mimpi yg mengawang-awang. Hehe

Lalu lahirlah bayi-bayi keponakan. Keponakan beneran yg artinya dari jalur keluarga, ataupun keponakan boongan alias anak dari teman-temanku. Lah, apa hubungannya? Begini, aku sayang mereka dan berbahagia atas baby unyu-unyu mereka donk. Cari kado lah aku. Online shop tentu saja karena kebanyakan baby unyu-unyu itu tidak sekota denganku. Nah, dari survey kado itu lah aku jd kenal sama supplier boneka. Tanya-tanya. Trus biasa deh, gayaku banget, bikin keputusan spontan transfer sejumlah uang utkbukti serius. Dan bisnis ini dimulai begitu saja.

Asyik ternyata. Capek juga. Ngedit foto, nulis caption, share sana sini. Mana laptop rusak pula 4 tombolnya. Jadilah semuanya dilakukan di gadget pintar ini. Terimakasihku bagi para pengembang teknologi smartphone :D

Banyak untungnya? Nggg... To be honest: gak. Aku gak ambil untung banyak. Pertimbanganku adalah sebagai pemain baru aku harus menghadirkan harga yang kompetitif. Lagipula pernah aku baca pelaku bisnis lain yg oernah menulis: lebih baik mengejar omset daripada mengejar margin/laba. Ya sudah, namanya juga masih belajar. Kupikir strategiku sudah tepat. Entah.

Tapi satu hal yang pastinya kurasakan. Cari uang itu susah, nak. Apalagi ini bukan di zona nyaman yang biasa aku tekuni.

Kerja dari pagi pulang sore (karena kejebak hujan juga sih. Hehe) dapat 90 ribu, hilang pula. Lalu jualan, promosi sana sini dapat sekitar 10rb saja. Susah kan cari duit? Apalagi usaha untuk mensyukurinya. Hehe

Aku kepingin saat aku sudah jadi ibu (segera, aamiiiin) aku bisa mengajarkan anakku untuk menghargai sekecil apapun uang atau rezeki bentuk apapun yg mereka dapatkan. Agar ketika dapat yang besar mereka semakin mampu mensyukurinya. Bersyukur kan bikin nikmat kita ditambah.

Selasa, 24 Maret 2015

Perpisahan dalam lamunan malam

Kali ini tidak ada kaitannya dengan Mr S.
---

kadang kita merasa kepergian orang-orang di sekitar kita adalah suatu kesedihan yg level beratnya bisa sampe bikin ga bisa tidur, gak enak makan. kita ingin mereka kembali. lalu menikmati kebersamaan lagi. tapi lalu waktu yang bicara. ternyata mereka membuat keputusan yang benar dan mereka berada di kondisi yang lebih baik saat ini. setidaknya terlihat begitu. bahagia saja, untuk mereka. hati yang pernah terpaut akan tetap terhubung dalam doa dan teknologi yang semakin canggih..

Dan tiba-tiba aku teringat padanya. Yang pernah kukira akan pergi meninggalkanku. Lalu kubilang padanya "jangan pergi!". Dia tak jadi pergi, meski mungkin bukan karena aku. Namun kini malah aku yang telah berbulan-bulan pergi meninggalkannya dan tempat itu. Tapi perpisahan tak membuatku melupakannya. Dia istimewa. Hela napasku menghempaskan aku kembali ke atas ranjangku, terjatuh dari kereta itu. Kereta berpintu kaca yang terlalu bersih untuk disentuh.

~lamunan malam dalam sedikit rindu yang mulai tumbuh bahkan sebelum.waktunya. oh, dan sedikit rasa takut dilupakan.

Jumat, 20 Maret 2015

Haidnya sakit banget

Benar-benar butuh memuntahkan rasa ini keluar dari pikiran.. :(

---

Adzan subuh tengah berkumandang saat ini. Aku sudah terbangun sejak tadi, beberapa jam yang lalu. Tiba-tiba saja terbangun tadi karena rasa sakit di perut bawah. Sakit sekali. Semalam memang ada mengalami flek 2x. Sedikit doank tapi. Sedikit yang membuat harap-harap cemas. Implantation bleeding apa haid nih? Belum pernah tuh sebelumnya ngalamin haid yang diawali dgn flek. Biasanya flek-flek macam itu muncul di hari-hari terakhir haid. Maka jadi harap-harap cemas lah aku semalam.

Lalu tadi terbangun. Rasanya sedang ada kontraksi besar-besaran di perut. Allahu akbar sakitnya... Akhirnya ke toilet. OK, ada darah segar di CD. Haid? Ya sudah. Kecewa sih, tapi gapapa. I can handle it.

Kemudian sakit semakin menjadi-jadi. Suami akhirnya ikut terjaga. Ikut bingung liat bininya nangis sambil nendang-nendangin kaki. Ya wajar bingung, dia ga pernah haid kan. Hehe.. masih bisa bercanda ternyata saia. Good.

Saat ini rasa sakitnya masih lumayan. Tapi sudah terasa lebih baik karena akhirnya td minum pain killer. Baru kali ini ngalamin sakit haid sampe merasa butuh pain killer :(

Lalu jadi teringat saat September lalu. Saat keguguran waktu itu. Ada satu kesamaan: capek (yang padahal relatif ringan dan biasa) lalu flek lalu sakit lalu darah.

Waktu itu sudah telat 1 haid satu bulan. Konfirmasi melalui beberapa kali testpack memang positif garisnya dua. Yang kali ini baru telat 2 hari sih. Belum testpack. Kesamaannya adalah saat pertama kali melihat flek itu kondisinya baru pulang ngemol, cari kado buat baby-nya temen yang baru lahir. Kali ini pun begitu. Kemarin siang-sore aku ngemol, cari kado buat beberapa baby teman-teman dekat yang baru melahirkan.

Wallahualam.. aku hanya mengkait-kaitkan. Tindakan yang ga bikin nyaman juga sih. Tapi ya itu yang ada di pikiran. Bukannya gak ikhlas, tapi ya pokoknya begitu yang ada di otak. Makanya pengen ditumpahin aja di sini. Terserah akan bermuara ke mana tumpahan ini.

Satu kekhawatiran yang menjadi catatanku: jangan jalan capek kalo udah telat-telat. Online shop kan banyak sekarang. Ya, memang mungkin saja dua kejadian yang tadi aku ceritain hanya kebetulan semata. Tapi siapa yang tahu? Ingat, kan, domain kita hanya berusaha terbaik, berdoa yang baik, lalu tawakkal sebaik-baiknya. Allah yang menentukan. Dan apa yang Allah tetapkan adalah skenario terbaiknya. Mungkin mengecewakan untuk kita (aku) tapi percaya saja bahwa ada bahagia di ujung sana..

Tapi apa iya fisik (rahim) ku selemah itu?

Selasa, 10 Maret 2015

Ala chef Sigit

Baru balik dari rumah ortuku nih. Entah kenapa badan rasanya capek banget. Padahal naik mobil, biasanya naik motor padahal. Sampe rumah langsung rebahan.

Mr S ternyata utek di dapur. Kok lama? Ngapain ya? Ah ya sudah lah, kalo pun mau makan sudah ada lauk tersedia di dapur. Niatku aku minta maaf aja nanti. Rebahan pun berlanjut.

Lalu tiba-tiba pintu kamar dibuka. Lekakiku masuk dgn membawa mangkok.

I: apa itu mas?
S: jagung yg tadi pagi

Iya, td pagi memang aku bikin jakesu alias jagung-susu-keju; makanan yg biasanya nemunya di mall. Iseng aja lagi pengen. Bikin deh, tp ternyata kebanyakan, masih sisa jagungnya.

I: kan jagungnya udah dingin?
S: udah aku angetin. Nih buat kamu

Weleh.. malah dibawain makanan ke kamar.. jadi enak *eh* jadi gak enak. Hehe

S: udah aku kasih susu sama keju sama margarin. Tapi aku kasih mesis. Enak kok

Hee.. dia bereksperimen ternyata. Pake dikasih mesis. Nyengir aja deh, lagi enek gini mbayangin mesis ketemu jagung. Nggggg.... >.<

Akhirnya dia abisin sendiri juga sih. Tuh, sambil nonton tivi. Hehe