Kamis, 28 Mei 2015

I need to sleep!

being too exited that i cant sleep the night before the vacation. then waken up at midnight by a nightmare of being failed getting up early so the group n the bus gone without us.

it's always like that. need somebody to create an off button for brain, with timer ofcourse.

And yessss! I'll be going to these city by tommorow morning : garut-purwokerto-kebumen. Hope to have some good times there.

So sleep!!

Selasa, 26 Mei 2015

What is my passion?

Umur udah hampir kepala-3 masih belum juga nemuin passionmu apa? Gue banget! -_-'

Padahal, kata orang, bekerja di bidang yg sesuai dgn passion tu bakal bikin bekerja-serasa-bersantai. Benar kah?

Susah juga sih jawabnya. Dari baru pertama lulus sampe sekarang, kerjaan formal aye ya cuma ngajar. Jualan juga sih sbg sampingan. Kalo lagi iseng senengnya baca. Ada ketertarikan ke dunia kerajinan tangan; pernah bikin tas, dompet, tempat pensil dr mute akrilik gitu, bikin kristik, sulam pita, bungkusin hantaran kakak-kakak sepupu waktu mereka nikah, menjahit (baru belajar). Udah itu aja, kecuali membungkus lemper juga boleh dimasukkan ke daftar tsb. Hehe

Ngajar. Bapak aye guru. Pakde-pakde dan paklik guru/ustadz juga. Kakak sempet jd guru. Dan, oh my God, suami aye guru juga! Bahkan mama mertua pun guru. Tante-tantenya suami juga guru. Seems like teaching is my world?

Gak lah, ga ada hubungannya. Saking ga ada hubungannya sampe sebel kalo misal ada orang yg bilang begini "oo pantesan jadi guru, bapakmu guru juga sih.. gampang lah masuk ke sana". Hello! Gue jadi guru karena dpt info dari orang kelessss. Ok, ada tawaran utk ngajar di skolah bapak aye, tp aye tolak, bro! Kagak endes lah ya seumur hidup dituding jd pelaku kolusi.

*ini kenapa bahasa aye makin 'sok gaul' gini sih??*

Anyway, setahun pertama jadi guru, saya frustasi loh. Ya gimana donk, kuliah bukan di jurusan kependidikan. Mulai ngajar di suatu SMA pas tengah tahun ajaran, where the former teacher had taught only a 3 over 14 chapters of the book. Anaknya badannya gede-gede (dan lumayan susyah diatur). Wah, pokoknya sampe nawar-nawarin itu job ke orang-orang deh. Ga nemu yg mau, sayangnya. Haha

Trus, dalam upaya menjadi guru profesional yg mampu menjadi pendidik yg baik, aye tempuh pendidikan akta 4 di suatu univ swasta di jakarta timur. Lulus dgn IPK 4 bo! Tapi ga lantas tiba-tiba aye jadi jago ngajar. Pengalaman lah yg mengajarkan banyak hal. Aye skrg udah jago calm down (dan sok cool) ngadepin murid model apaan aja. Beberapa metode marah yg efektif pun udah bs diterapin. Dan yang terpenting, udah ga takut lagi sama murid, segede apa pun badan mereka. Wkwkwk

Berarti sudah punya indikator sbg guru yg baik donk? Not yet. Sad but true.

Biar kata ga kerja di perusahaan swasta, angka tetep jadi patokan. Angka pencapaian. Dalam dunia aye hal ini disebut nilai. Karena dengan argumen apapun yg bisa dikeluarin oleh bahkan pengaca hebat seperti Farhat Abas *eh*, nilai anak-anak bakal jd bahan evaluasi dari suatu proses yg terjadi di kelas. Dan so far, nilai ujian sertifikasi anak-anak masih langka nilai A. Hiks

Iya, mungkin kamu bakal bilang bahwa yg penting proses. Anak ga tertekan saat belajar, anak lebih menghargai hidup (soalnye aye guru biologi), anak menikmati proses, dll. I tried my best to accomplish those standards. Ya masih banyak kurang-kurangnya sih. Tapi ga sedikit anak yg membuat pengakuan "padahal saya pernah belajar ini ya miss, tapi baru sekarang ngerti" atau "saya ga suka biologi miss, dari dulu, tapi saya suka kalo miss yg nyampein materinya" dan "miss, ngajar di kelas kita dooong" atau "pokoknya miss kasih tau aja saya musti gimana, saya ga suka biologi, tapi saya tau miss pasti menghargai usaha saya". Tapi ya ada juga lah yah yg ga suka sama saia. Ya biar lah. I'm not an angel.

Eh ini tadi lagi ngomongin result vs process yah??

Ya gitu deh. Ada kalanya saya ngerasa, mungkin emang saya tuh ga pantes jadi guru. Saya suka ngajar tp hasilnya belum okeh. Jadi, apakah ngajar bs dibilang passion saya? Entah.

Lalu terkait jualan. Maaak, saya tuh males jualan. Males update status di medsos buat nawarin dagangan. Laporan cash flow saya malah sempat diskon>laba. Alibi "yah namanya juga baru mulai usaha, wajar lah, sekalian promosi" hanya menjadi kalimat yg manis di mulut tp sepet di hati. Wkwkwk

Ga sedikit juga barang dagangan yg kemudian malah bernasib menjadi hadiah. Soalnya yg saya jual tu barang-barang kesukaan saya yg menurut saya bagus. Dan saya seneng kasihin itu barang sbg hadiah. Lupakan laporan cash flow bakal bagaimana. Hahah

Intinya saya suka jualan, tapi ternyata saya gak terlalu menghasilkan dari sana.

Kalo keterampilan tangan? Oow.. awalnya doank mau ngerjain. Gak lama juga mood ilang. Padahal dulu (pas masih SMA klo ga salah) tas mute akrilik saya sempet dibeli orang lho karena katanya bagus. Hasil bungkus-bungkus hantaran saya pun diacungi jempol. Saya menikmati proses kreasinya. Ga kerasa bisa kerja dari pagi sampe malam kalo lg ngegarap proyek-proyek tsb. Tapi sejauh ini belum menghasilkan sih. Entah bs dipakai sbg "pekerjaan" atau gak.

Lalu kue (dan lemper). Sbg anak dari seorang ibu yg jago masak, saya ga bisa masak. Hiks. Tapi seneng bikin kue. Dulu sih. Udah lama banget ga bikin kue. Tapi saat itu, sempet lho saya terima pesanan brownies. Ga banyak sih. Dan ga berulang. Soalnya waktu itu keburu hijrah k Jogja juga. Kalo lemper cuma bagian bungkus sama makan doank. Bungkusan saya rapi dan kenceng, kalo kata ibu. Yatapi masa mau punya profesi: pembungkus lemper?! Awkward.

Oh ya, karena saya suka baca, saya sedikit-sedikit suka nulis juga. Pernah bikin cerpen anak, tp ga ada yg naik cetak. Hahaha. Lebih suka jadi editor. Awalnya ngedit surat lamaran kakak sepupu. Jadi dia itu ngelamar jadi wartawan, makanya disuruh melampirkan artikel buatannya. Saya dititipi suruh ngeposin. Saya intip itu artikel. Saya edit-edit (ngomong ke ybs belakangan, pardon me, mas..). Dan doi keterima lho kerja di majalah yg dilamar!

Satu-satunya sejarah menulis yang menghasilkan adalah saat menjadi translator jurnal temen saya. 350rb utk 1 artikel. Lumayan banget, dapet duit yg ga disangka-sangka, dan pas butuh. Haha

Tapi ya segitu aja pengalaman nulis saya. Segitu juga pencapaiannya. Passion? Kayaknya bukan, ya?

Tu kan, jadi apa donk passion saya yg bs dijadiin profesi?? Oh, seandainya ada profesi makan+tidur, mau deh saya. Passion banget lah itu mah kayanya. Hahaha

Rabu, 20 Mei 2015

Menyesal itu datangnya belakangan

Alkisah, Mr S mengajakku jalan-jalan ke PGC selepas kami mengambil majmu syarif utk pengajian di kampung halaman ibuku dari sebuah percetakan di area Hek. PGC ga terlalu ramai saat itu, maklum weekday.

Ga ada tujuan pasti mau cari apa di PGC. Jadi sesampainya kami di sana ya cuma muter-muter aja. Sempet sih cek harga grosiran mukena bali di sana, sekedar perbandingan harga aja. Dan ternyata, mahal! Lebih mahal dari mukena bali daganganku, yg padahal kujual ecer. Yah mungkin akunya aja yg ga jago nawar. Tapi kan biasanya harga grosir tuh udh ga pake nawar alot lagi, ya kan?

Mr S cuma liat-liat dagangan celana aja. Dia lagi nyari celana buat jogging dgn kriteria panjangnya di bawah lutut, ga ada kantong samping yg modelnya kaya celana lapangan, klo saku samping aja gapapa. Banyak sih yg jual celana dg kriteria tsb. Yg susah adalah kriteria selanjutnya: muat di dia. Amboi, gemuk benar suami ambo skrg ni..

Lanjut muter-muter, akhirnya aku putuskan; aku mau cari tas aja deh. Tas yg kapasitasnya besar dan enak dicangklong di bahu. Aku yg mantan tomboy ini ga suka tas wanita sebenernya. Tapi ya tetep yah, tuntutan status. Heheh

Yg jual tas banyak. Aku jg naksir tas kipling utk bbrp modelnya. Sayangnya saat aku suka eh Mr S ga acc, giliran dia bilang ada yg bagus eh akunya ga sreg. Rempong deh.

Pencarian terhenti di sebuah toko tas yg dijaga oleh seorang mbak-mbak kalem. Tokonya kecil, koleksi tasnya pun ga terlalu banyak. Tas yg pertama dia tawarkan di sana adalah sebuah tas berbahan kukit sintetis yg kaku. Aku gak suka bahannya, tp aku tertarik sama selempang-bahunya yg hanya satu ~kan biasanya sepasang. Kucari-cari lagi di toko tsb, ternyata ada yg model begitu dgn bahan yg lebih lentur. Tinggal 2 biji; blue jeans berbahan kanvas dan hijau kecoklatan berbahan kulit sintetis yg lentur.

Aku naksir keduanya. Sempet bimbang, haha. Apalagi saat kutanya harganya, kata si mbaknya itu "50rb". Wot?? Murah niaaan. OK, aku putuskan untuk fokus memilih biar ga nyesel akibat salah pilih.

Tas yg biru furingnya bagus; bermotif kembang-kembang. Tapi sayang, bahannya kanvas. Yang aku pikirkan adalah klo kehujanan bakal bassssahhh semua deh isi tasku. Sementara yg hijau kecoklatan furingnya hitam polos aja, kurang bagus. Tapi bahannya kliatan water proof, ya setidaknya kalo hujannya ga deras2 amat barang2 di tasku masih bisa selamat lah.

Nah, mana yg penting? Luar (kanvas vs kulit sintetis yg waterproof) atau dalam (furingnya)? Ah, furing kan ga kliatan dari luar, pikirku. Maka diputuskan lah untuk membungkus yg hijau kecoklatan. Hatiku senang dpt tas baru murmer, simpel, dan insya allah sesuai kebutuhan.

Keesokannya aku tiba-tiba kepikiran tas yg biru berbahan kanvas itu. Ih bodoh, kenala ga beli dua-duanya aja kmrn? Murah aja kan cuma cepek udah dapet 2 biji, batinku. Penyesalan tahap 1 dimulai.

Aku ceritakan lah penyesalan itu ke Mr S. Tanggapannya bikin penyesalan tahap 2 dimulai: kan aku udah bilang; take both of them! Kamu gak dengerin aku. Wotttt?? Kapan doi bilang begitu? Aku gak ngeh, beneran deh. Huhuhu. Tau gitu kan..

Dan demi melihat istrinya yg kepikiran tas biru itu, kami balik ke PGC dong keesokannya! Sialnya waktu beli tas, kami berdua ga ngapalin posisi itu toko di lantai berapa. Jadilah kami muter-muter PGC. Nemu 1 toko tas yg displaynya mirip dg toko tas tempat aku beli tas kmrn, tp ternyata bukan itu. Inget display toko saja tidak membantu ternyata.

Kaki pun pegel luar biasa. Gila kan, cuma demi sebuah tas?! Penyesalan tahap ketiga pun dimulai. Kan seandainya langsung dibeli kemarin ga usah pake pegel-pegel gitu.

Akhirnya kami putuskan utk mencoba melihat ke toko-toko yg lain. Ulala, kebanyakan toko gak punya tas dgn model tsb. Baru nemu beberapa toko yg punya koleksi yg sama di lantai grosir tas ~nah kan lupa juga lantai berapa, kayanya lantai 3 deh. Cuma yaaa itu, ga ada yg biru kanvas itu. Padahal maunya itu. Haha rempong. Hiks.

Ga jadi deh beli itu tas. Ga jodoh. Ya sudah lah. Jodoh pasti bertemu, kalo kata Afgan. Kalo ga ketemu ya berarti ga jodoh *sobbing*

Senin, 18 Mei 2015

Belajar menjahit pake mesin

Punya blog ternyata bikin kecanduan pengen cerita kalo ada sesuatu yg bikin sangat senang, sangat sedih, sangat gemas, sangat marah, dll. Haha

Malam ini aku sangat senang, bahkan saking senangnya sampe berkali2 bilang "atu bica! atu bica! atu bica" sambil jejingkrakan. Padahal bisanya baru gitu doank. Heheh

Jadi ceritanya aku keracunan semangat ibuibu di grup belajar menjahit di fb. Mupeng berat lihat hasil karya mereka. Purpose deh mesin jahit k Mr S. Langsung Acc. Tapi kita belinya yg murah-ceria sajalah dulu. Orang belum tentu bisa n bisa pun blm tentu moodnya awet. Heheh

Lalu setelah masuk mall tokopedia, diputuskanlah utk membeli sebuah mesin jahit mini, portable, sudah ada adaptor dan pedalnya, serta dapat ditemui tutorialnya d youtube. Found it. Beli deh. 168rb utk si mesin dan ongkir. Semenjak itu jadi harap2 cemas menantikan 'mainan' baruku itu.

2 hr setelahnya, yaitu hari ini, datanglah si mesin itu dalam sebuah kotak yang dilapisi wraping buble. Tapi krn kecapean br sampe dr perjalanan dr rumah ibu, dgn manja kuminta Mr S yg buka kemasanannya.

Si mesin berbodi putih dg sedikit warna ungu pun seperti bersinar2 di hadapanku. Haghaghag

Serasa capeknya hilang, kugendong mesin itu k meja di ruang sebelah. Kupelajari lg tutorial di youtube sambil baca2 manualnya yg alhamdulillah berbahasa inggris, yeah dari pada huruf kanji, kan? Heheh

Masukin benang ke situ lalu k situ dan k situ (liat tutorialnya aja yah. Hehe). Dgn sedikit kesulitan di awal gara2 benangnya gak ditarik ke baeah 'foot' lalu k arah depan (menjauh dr tubuh). Dan yeah! Berhasil!

Pamer deh k mr S. Langsung disuruh benerin sarungnya dia yg lg dipake krn ujung2nya jahitannya udah lepas. Challange accepted, sir!

Deg2an sih awalnya. Takut hasilnya ga memuaskan. Tp lumayan, proyek pertama berhasil. Agak miring2 dikit sih. Hehehe

"Berapa nilainya?" tanyaku pd Mr S.
"Tujuh deh. Benangnya beda warna sih ini" katanya

Hahaha.. iya itu masih benang putih yg kupake, padahal harusnya benang hitam. Aku males ganti benang krn riweuh. Haha

Uh yeah! Besok jahit apa lagi yaaa? :D

Selasa, 12 Mei 2015

Oleh-oleh kajian

Pertemanan yg baik itu yg membawa manfaat. Alhamdulillah punya teman yg baik-baik. Salah satunya adalah Bu Dali. Orangnya cantik dan imut-imut. Sering orang dibuat kaget pas dengar bahwa ibu yg satu ini udh punya anak yg sbntar lagi lulus S1.

Nah hari ini aku diajak ikut kajian di area Cibubur. Ini oleh-olehnya. Semoga bermanfaat.

===o0o===

SURGA DUNIA

Surga dunia kita peroleh saat kita bisa menikmati hidup kita, baik di saat senang maupun sedih, sehat ataupun sakit, kaya ataupun miskin.

Gimana caranya? Dengan mengenal Allah.

Kalo kita sudah mengenal Allah, hati menjadi ridho dan qonaah.

Ada 2 tahap dalam mengenal Allah:
1. Di ucapan
2. menyadari bhw semua dtg dr allah, berbaik sangka padaNya, rindu padaNya. Mengenal allah mengantarkan pada keridhoan kepadaNya.

Cirinya? Salah satunya adalah CUEK thd penilaian manusia. Selama yg dilakukan itu adalah hal yg Allah cintai.

Oh ya, di salah satu bagian dr ceramahnya td, aku mencatat hal yg terkait dgn pendidikan anak.

Bahwasannya anak perlu utk dididik mengenal Allah. Mencintai apa yg Allah cintai dan membenci apa yang Allah ga suka. Hal ini perlu ditanamkan sejak kecil. Sedini mungkin.

Sementara sholat itu menurut tuntunan Rosulullah saw diajarkan sbg suatu kewajiban (orang tua menyuruh anak utk mengerjakannya) saat anak sudah usia 7 tahun. Dalilnya adalah hadits berikut:

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, Abu Daud, Ad-Daruquthni, Al-Hakim, Baihaqi dan Ahmad, Rasulullah SAW menegaskan, “Suruhlah anak-anak kalian untuk shalat bila mereka telah berumur 7 tahun. Pukullah mereka karena tidak shalat
bila telah berumur 10 tahun. Pisahkanlah mereka dari tempat tidur kalian."

Di sini bukan berarti sebelum anak usia 7 tahun kita larang sholat. Gak lah. Anak boleh diajak, ditunjukkan rukun-rukun sholatnya. Tapi tidak boleh disuruh apalagi sampai diancam.

Misal begini, ayahnya mau sholat ke masjid, anaknya masih 6 thn, maka sang ayah itu bolehnya mengajak "mau ikut ke masjid gak, nak?" sehingga kalo anak mau ikut ya Alhamdulillah, gak ya gapapa. Tdk boleh berkata "ayo ke masjid sama ayah! Klo ga besok ga ayah ajak jalan-jalan!".

Begitu pula amaliah yg lain seperti puasa, menutup aurat, dsb. Tdk boleh disuruh dan dipaksa ya. Bolehnya orang tua mengajak dalam rangka memperkenalkan ibadah tsb sbg sesuatu yg Allah sukai.

Nah, kalo udah 10 tahun, diperintahkan spy anak itu dipukul klo ga sholat. Ini penting sbg pendidikan selama mereka masih kanak-kanak. Klo mereka sudah akil baligh maka akan lebih susah meluruskannya. Pas mukul lakukan dgn lillahi ta'ala ya, niatkan sbg upaya mendidik anak plus niatkan sbg bentuk pengamalan hadits rasulullah saw. Karena di tangan Allah lah digenggan jiwa-jiwa kita, termasuk anak-anak kita. Allah yg berkuasa membolak-balikkan hati kita dan anak-anak kita.

Demikian, semoga bermanfaat.
Oh ya, saya menemukan cerita ini. Masih terkait dgn mendidik anak  utk sholat setelah 7 tahun.

Jumat, 08 Mei 2015

Terimakasih, Aira

Catatan ini tersimpan sebagai draft. Entah mengapa tdk terpublish.

====

Ada cerita yg masih kusimpan. Menunggu hasil kontrol ke dokter awal pekan depan.

Tapi cerita yg satu ini.. gak mau dikerangkeng dalam kepala. Ga bisa ditahan.

Ini tentang mimpiku, nazarku, dan Aira-ku..

Saat mulai mengalami telat haid, aku bernazar; kalo positif aku mau qurban atas nama suamiku. Dan benar, positif. Aku laksanakan nazarku, dgn menitipkan uang qurbannya pada suatu lembaga sosial.

Lalu aku keguguran. Ya sudah lah, nazar sudah dibayar. Ikhlaskan saja, batinku. Walaupu idul qurban masih beberapa hari lagi.

Dan hari ini, idul qurban. Sebagian umat muslim indonesia malah sudah melaksanakan idul qurban kemarin. Entah qurban titipannya dipotong hari ini atau kemarin.

Tapi yang jelas aku mimpi indah sekali semalam. Seorang gadis kecil bernama Aira bermanja padaku. Wajahnya sangat mirip dgn Mr Sigit. Bahkan Aira kecil ini punya tahilalat yg sama posisinya dgn Mr S..

Aira.. Aku merasa, dia anakku. Anak kami.. :')

Thank you for coming to my dream, Aira :)

Supposed to be...

You're supposed to be here with us by now, baby..

Jantung langsung berdebar-debar pas mengingat hal ini. Hati mencelos. Mata panas.

Duh, kok pake inget segala..

Ya gak boleh gitu juga ya.. Cuma inget doank kan ga masalah harusnya. Ya, kan?

Berarti belum ikhlas?
I don't know.
Maybe.... yes...
Sorry for that

But I just miss you, baby..
So much

Rabu, 06 Mei 2015

Cari Uang itu Susah, Nak! #Part3

Subhanallah.. astaghfirullah.. sedihnyaaa ini post sampe berlanjut di episode 3 T_T

Jadi sebenernya ini adalah lanjutan dari episode 2. Sayangnya lanjutannya bukan berupa happy ending.

Pertama-tama, mari berucap syukur atas kesempatan belajar ini. Walaupun penuh dgn emosi dan air mata. Iya sih, akunya aja yg lebay. Tapi betul deh, at this point i feel so fed up. Enough.

===

Bayangkan aku sedang membereskan kamar tidur dgn gaya penuh keanggunan. Tebah-tebah sprei, tepuk-tepuk bantal, susun-susun bantal&guling hingga rapi. Lalu kupandangi. Ah, sudah rapi. Sip lah.

Tiba-tiba HPku bergetar. Ini HP emang setting defaultnya seperti itu. Kebawa setting di kelas, yg tentu saja gak sopan kan kalo lg ngajar tb2 HPku bunyi, plus akibat banyaknya grup bbm & wa yg aku ikuti, yg kadang sampai malam masih ada aja yg chat, kan kasian klo ni HP bunyi melulu nanti yg bubu di sebelah aku keganggu.

OK lanjut. Bergetarnya ni HP ternyata krn ada telpon dr skolah. Muka langsung datar seketika demi mendengar yg dikatakan sang penelpon..

Tamunya datang lebih awal. Spreinya bisa kan dimajuin waktu pengantarannya.

*sound effect* *bunyi petir*
*Jlegeeerrrrrrrr*

Urusan yg kmrn aja masih terngiang2 di kupingku. Soal sprei yg ukurannya dikoreksi menjadi +20cm. Ulalaa..

Capcus lah saya -yg padahal belum mandi- ke tempat produsen sprei. Langsung ngomong ke penjahitnya. Minta dipercepat. Mukanya si mas-nya langsung datar. Iya mas, aku memahamimu.. Aku pun tak kuasa.... *ala ala telenovela*

Si masnya bilang ga sanggup krn ada penjahit yg lagi sakit, jadinya ga masuk. Tapi akhirnya bilang akan mengusahakan. Jam 3. Syalalalala.. mari bernyanyi saja. Aku puyeng. Sementara anggaran dr kantor pun belum turun. Masa pake kocek pribadi lagi?? Kemaren DP juga pake duit eyke loh booo..

Nah, skrg bayangkan bahwa saat ini adalah pukul 3 sore. Anggaran dr kantor masih apa kabar. Ya sudah lah, sayabke ATM, ambil duit. Padahal sblmnya td udag ngotot bilang ke pihak kantor bahwa saya ogah nalangin kalo anggaran blm di tangan pihak yg berhubungan dg saya utk masalah ini. Ya sudah lah.

Habis dr ATM, saya ke tempat produsen sprei. Oi, belom jadi oi. Menunggu luammmaaaa sekali br akhirnya bs dibawa sebagian sprei. Jumlahnya sekitar 3/4 total pesanan. Bodohnya saya, saking udah emosi, ga sy hitung itu barang. Dan ga saya cek kelengkapannya. Langsung capcus.

Abisnya, gmn ga emosi. Barang yg katanya pun udah selesai ternyata oh ternyata belom beres. Belom dineci lah. Belom dilipetin lah. Oi oi oi.. Bagi anda yg berada pada posisi si produsen, berilah informasi yg sesungguhnya. DiPHPin itu sungguh ga enak.

Akhirnya itu barang tahap 1 diantar ke kantor sekitar jam stgh 5. Abis nurunin barang saya sama suami lanjut ke daerah hek, ke sebuah percetakan t4 saya memesan majmu' syarif buat buah tangan pengajian di kampung halaman ibu.

Di perjalanan balik dari percetakan, HP saya kembali bergetar. Si ibu dr pihak kantor ngomel-ngomel. Tali sarung guling indak adooo.. Aih mak, tu kan, makanya jgn jd orang bodoh deh.

Langsung saya telpon ke produsen. Ngomel-ngomel. Lah iya donk, kan istilahnya saya dikomplein konsumen, maka komplein sy sampaikan jg k produsen donk.

Saya minta mereka yg anter kekurangannya. Udah saya kasih alamatnya. Ancer-ancernya. Bahkan kokrdinatnya in case dia pake google map. Penampakan depan kantor pun saya whatsappkan. At the end, ga ada yg bs antar, mba.

Ugh!!

Kesepakatannya bada maghrib barang jadi. Maka bada maghrib saya capcus k tempat si produsen. Belom selesai donk katanya. Eugh!

Saya ngomel lah. Si ibu, istrinya yg punya usaha, ngocehhhh aja terus. Katanya dia diomelin suaminya. Bahkan sampe dia nelpon suaminya trus tu HP diserahin k saya sambil dia bilang ibu aja deh ni yg ngomong. What?? Apa urusan gueeeee... dan itu berulang 3 kali, sampai akhirnya saya bentak: emang kalo saya ngomong sama suami ibu pesenan saya trus jadi sekarang, gitu?!

Sumpah, saya belum pernah bentak orang, apalagi lebih tua dr saya. Tapi emosi saya udah di ubun-ubun. Mata saya sudah berair. Kalo sudah memuncak emosinya mmg biasanya begitu.

Si ibunya terus aja ngoceh. Ngeluh dr A sampe Z. Mostly soal suaminya yg marah2 mulu padahal gatau situasi d  sana gmn. Oh ya, salah satu keluhan yg dia sampaikan adalah bahwa suaminya, yg masih handle langsung stok bahan, lupa mengambil pesanan kain warna merahnya. Tambah lah saya geregetan bin gemes bin emosi. Lah dia baru aja memperlihatkan ketidakprofesionalannya -_-

Menunggu dilanjut. Di tengah waktu sy menunggu, tb2 salah satu pegawai turun k "lobi". Sengaja menyalakan TV yg ada d hadapan saya. Awalnya saya pikir dia mau nyalain TV tu biar saya nonton acara TV dan agak rilex. Gataunya dia nyalain saluran CCTV. Keliatan lah itu mereka di bagian produksi lg pontang-panting.

Salah satu pontang-panting mereka adalah motongin tali sarung guling. WHAT?! Tadi pas ditelpon sy komplein katanya "udah digulungin padahal td talinya cuma pegawai saya lupa masukin". Itu nyata-nyata terlihat talinya baru dipotongin. Si ibu-nya langsung yg motong krn semua pegawai sibuk. Makin kelihatan ketidakprofesionalan mereka.

Saya yg ditemani seorang pegawai yg nungguin di bawah in case ada pembeli lain dtg, langsung ngedumel lagi soal si tali itu. Rupanya pegawai yg bersama saya itu orang baru. Bener-bener baru. Tadi pagi baru mulai kerja.

Dia cerita bahwa dia bingung krn ga tau apa-apa trus saya marah-marah dr tadi. Tapi trus dia paham knp saya marah-marah. Termasuk dia menjadi sangat paham alasan kenapa itu toko plus bagian produksinya sering banget ganti pegawai. Bahkan dia bilang "kalo saya jadi ibu saya jg bakal marah dan putus relasi". See? Bahkan org dalam pun paham.

Sekitar jam setengah 8 malam baru semua pesanan yg tersisa selesai. Sudah dihitung semua, kecuali tali guling. Berangkat lah saya ke asrama kantor ngasihin itu barang.

Lalu pulang. Sambil ngelus-ngelus suami yg dgn sabar menemani saya melalui proses ini. Bahkan memeluk saya pas emosi saya berada di puncak. Ucapan i love you abang rasanya hanya sedikit hal yg bs saya ekspresikan saat itu.

Dan hari pun berganti.

Paginya saya kembali terima telpon "sprei kurang selusin, talinya kurang banyak" dgn nada senewen. Mau pingsan rasanya. Lah kok kurang segitu banyak??

Langsung ngacir ke produsen lah saya. Komplein. Kaget juga mereka krn kan kita udah hitung bahwa jumalhnya pas. Gak lama ada telpon lg, meralat katanya sprei kurang 1 aja. Talinya kurang banyak. Urat di leher agak kendor sedikit tu. Lah ya gmn, masa kurang selusin?! Akhirnya sy putuskan ambil sprei stok ukuran no 4 yg ready d toko. Warna hampur sama. Bodo lah, bikin jg ga sempet. Tp lalu ada telepon lagi. Spreinya pas, cuma talinya kurang, katanya. Eugh.. -_-

Akhirnya saya berangkat dgn membawa tali guling saja. Ngebut motoran k kantor. Lalu nyerahin. Lalu nunggu pelunasan yg ternyata sptinya tdk bs diurus skrg.

Udah lah, pulang aja. Nyalon dulu lah. Pusing.

Sabtu, 02 Mei 2015

Caru Uang itu Susah, Nak! #part2

Ga nyangka bakal ada #part2-nya ini cerita. Subhanallah..

*sambil ngelus dada*

Yah, namanya juga pelaku usaha level pemula. Apalagi mampunya hanya sebagai marketer alias penjual alias distributor alias reseller. Bukan level cukong. Masih banyak yang harus dipelajari. Dari mulai belajar berani menemukan peluang, belajar berani ambil resiko, belajar berkomunikasi dan menjaga hubungan baik dgn orang, belajar melihat pasar, bla bla bla, sampe belajar untuk ikhlas saat mengalami ketidakberuntungan. Alias tekor.

Ceritanya hari ini saya dapat pesanan sprei lumayan banyak untuk level pemula seperti saya: 50 biji lebih. Spreinya polos tapi sarung bantalnya berkuping merah *langsung bayangin kuping dijerwer*.

Tapi deathline yg diberikan adalah 5 hari. Yang kemudian -nanti saja lah saya ceritakan di bagian bawah- malah berubah bukan 5 hari.

Sampe batas ini saya masih agak optimis bahwa saya bisa mengusahakan memeras semua keberanian saya keluar. Selesai upacara, karena kebetulan ini adalah hardiknas, saya kontak supplier dan produsen sprei yg dapat saya temukan di facebook. Sialnya ga ada yg langsung merespon.

Saya kontak terus produsen lain. Bahkan saya libatkan pacarnya teman saya yg kebetulan mahasiswa tata busana di salah satu kampus negeri di jakarta.

Saat angkot yang saya tumpangi sampai area tamini square, ada 2 orang yg merespon saya; seorang produsen di condet dan anak tata busana itu.

Saya bilang sama mereka bahwa saya minta penawaran harga dulu. Saya mau pilih yg paling murah. Tentu lah, ini kan lahan bisnis saya.

Suami saya hubungi utk pulang cepat supaya bs nemenin saya ke supplier langganan kami. Beliau memproduksi sprei sendiri di workshopnya.

Semua kelihatan memiliki peluang cerah saat itu. Sekecil-kecilnya untung, saya pikir, saya bisa lah dapat 500rb. Mudah-mudahan bisa lebih. Membayangkan uang segitu saja saya sudah semangat membara.

Sampai lah di bagian telepon menelepon pihak pemesan. Duar!! Kepala saya mau pecah saat tau bahwa budget mereka hanya sebesar X rupiah/set sprei. Dengan deathline yang diralat menjadi hanya 4 hari. Double Duarr!! EMPAT HARI DENGAN BUDGET MINIM BEGITU?? Dan disain yg pake urusan sambung-sambung bahan segala karena ada perbedaan warna.

Nego saya alot dgn supplier saya karena beliau udah ga bisa kasih kortingan lagi. Lebih alot lagi saat berurusan dgn pihak bos-nya pemesan yang irit banget. Saking iritnya nambah 10rb aja susahnya minta ampun. Padahal ini yg dipesan bukan sprei polosan.

Total saya ada di tempat supplier selama sekitar 3 jam. Suami yang nemenin udah pasang muka kesal.

Lalu bagaimana?

Entah apa yg terjadi sama saya sehingga saya merasa ga enak kalo transaksi dg supplier saya dibatalkan. Saya tidak ingin merusak hubungan baik dan membuat waktu sudah keburu terbuang jadi benar-benar terbuang sia-sia. Waktu yg sebenernya bs beliau pake untuk hal lain.

Pada akhirnya transaksk terjadi. Berapa untung yg saya peroleh utk berjam-jam waktu saya yg terbuang itu? 0. Iya NOL.

Hhhh.. Pada akhirnya yg berperan adalah rasa ga enak saya pada pihak produsen dan pemesan. Juga rasa tanggung jawab saya yg udah menyanggupi objekan ini.

Semoga kita bisa ikhlas. Kata pak ustadz yamng mengisi tausiyah di masjid Pondok Indah beberapa waktu silam kan "ikhlas itu pamrih kepada Allah".

Aku pun saat ini merasa betapa bodohnya aku. Betapa tidak terasahnya kemampuan komunikasi dan perhitungan bisnisku. Ada pula bumbu penyesalan. Ah, harusnya tadi aku tolak saja orderan itu. Aku jadi gak pusing kan. Dan lelakiku tidak menjadi kecewa. Iya, aku menangkap kekecewaan dari wajahnya.

Mari, bang, kita harap Allah akan memberi rezeki yang lebih banyak dari pintuNya yg lain.

Kita berharap kepadaNya untuk kebaikan atas pertolongan yg kita berikan kepada pihak pemesan karena telah mengurus pesanan mereka.

Karena biar bagaimana pun, pihak pemesan adalah kantorku sendiri.

===o0o===

Ini bukan kerugian besar kok. Banyak pelaku bisnis lain yang mengalami kerugian lebih besar dari aku ini.

Ini kesempatan untukku yang sedang belajar. Semoga aku naik kelas :)

Susah, ya, nak, cari uang itu.. :'D

Jumat, 01 Mei 2015

Tragedi Ketek

Percuma deh sekolah 5 tahun di fakultas biologi. Apalagi pake nambah 3 tahun di biomedik. Kalo ga bisa membedakan morfologi ketek dan tengkuk (bagian belakang leher) manusia.

Percuma. Banget.

===o0o===

Tragedi ini terjadi beberapa malam yang lalu. Saat lagi menikmati us time (karena me time terlalu mainstream, hahah) berdua sama suami, ngobrol ngalur ngidul sambil rebahan di kamar.

Adalah kebiasaanku ketika ngobrol sambil ngusap-ngusap punggung, atau kepala, atau tangan suami. Tapi entah kenapa malam itu tanganku nyasarnya ke "tengkuk". Wajahku menghadap langit-langit kamar.

"Tengkuk" karena kupikir itu tengkuk.

Kuusap-usap sambil mulut terus bercerita dan wajah di posisi yg sama. Mr S diam, kupikir dia sedang menyimak ceritaku. Menyimak dengan sangat seksama.

Saat kuusap, teraba lah rambut rambut di "kepala" lekakiku itu. "Kepala" karena -sekali lagi- kupikir itu kepalanya.

Lalu aku merasa aneh. Kok rambutnya si abang gondrong. Perasaan belum lama cukur.

Lalu aku curiga. Ini bukan tengkuk dan itu bukan rambut kepala.

Aku menoleh.

Lalu.. entah harus bagaimana. Aku gak bisa berkata-kata. Gak sanggup. Akhirnya cuma ngakak. Bener-bener ngakak ketawa sampe perut sakit dan mata berair. Dan terguling dari atas kasur ke lantai kamar. Si abang pun ikutan ngakak, tapi kalo dia mah rasanya ngakak karena merasa menang deh.

Iya, itu bukan tengkuk. Itu ketek.

My God!! Jadi selama beberapa menit itu aku ngelus-ngelus ketek?? Ketek yg selama ini aku ledekin "bau etek bau etek" kalo aku lagi iseng?!

Pantas itu rambut kok panjang, sedangkan model favorit dia kan potongan rambut grepes ala abri. Pantas si abang diam. Pantas...

Dalam kemenangannya, si abang berkata "akhirnya istriku mengakui ketekku harum"

Ih, apaan sih. Itu kan khilaf x_x

Sungguh tragedi yg rasanya tak terlupakan.

Dan dia pun dengan senang hati mengungkitnya. Hadeuh -_-'

Dari Bakso Pak Kemi ke Nasi Kucing

Lagi di Jogja?
Iya, hatinya doank tapi... :-s

====o0o====

Ini gara-garanya ada seorang teman yg lagi balik ke Jogja, entah untuk keperluan apa. Aku gak peduli. Yang aku pedulikan adalah foto yang dipajangnya di akun facebook miliknya; seporsi bakso Pak Kemi.

Kuperkenalkan dulu ya. Bakso Pak Kemi adalah nama sebuah warung bakso di pertigaan Pogung-pandega-monjali. Kalo dari kampus UGM ke barat lalu masuk area pogung, ikuti jalan aja sampe mentok di pertigaan. Nengok kiri dikit, di sana lah si warung ini berada.

Warungnya sederhana (dulu sih, gatau sekarang nah), menunya juga sederhana. Bakso, mie ayam, dan ada es dawet juga. Aku ceritanya mundur ya. Biar yg greget di belakang.

Es dawetnya enak shg gak menutup kemungkinan kamu bakal tergoda utk memesan porsi kedua. Mie ayamnya juga enak. Porsi manusia. Pas lah kenyangnya. Nah, baksonya -yg fenomenal itu- sebenernya rasanya biasa aja seenak warung bakso yg lain. Ada mie kuning dan putih, bakso, bakso goreng, sawi, potongan2 daging/tetelan. Cuma porsinyaaa... benar-benar fenomenal. Ga santai lah porsinya. Agak sulit dibilang porsi manusia!

Pertama kali makan di sana tu diajak sama senior-senior KSH. Berhubung itu warung judulnya aja warung bakso, maka aku pesen bakso dengan lugunya. Maka ketika itu mangkok bakso mendarat di meja makan, shock lah aku! Iya, shock karena liat porsinya.

Lalu pas makan, masih dgn lugunya, aku mempertahankan kebiasaan makan baksoku; makan mienya dulu lalu save the bakso for the last. Bodoh. Makan mienya dulu tu bikin keburu kenyang duluan. Alhasil pas pertama makan di sana aku malah jd ga menikmati baksonya T_T

Pengalaman tsb membuatku bertekad utk selalu memulai dgn memakan baksonya. Mienya belakangan. Dan lebih baik gak makan di sana kecuali benar-benar sedang lapar. Hehe

Harganya dulu sih kalo ga salah inget 7rb utk seporsi bakso itu. Pas kutanya temenku yg baru aja makan di sana, berapa sekarang harganya, temenku itu bilang "bakso seporsi sama es dawet 2 gelas kata ibuknya yg jualan 15rb, mba". Jogja oh jogja. Murah bener.

Lantas jadilah untuk beberapa menit berikutnya mataku gak lepas dari foto si bakso yg diupload temenku itu. Sesekali menghela napas berat. Akhirnya cerita sama Mr S. Dan bertekad bahwa klo suatu saat ke Jogja kami akan ke sana!

Namun pada akhirnya aku tersadar bahwa memandangi foto bakso pak kemi tidak membuatku berada di sana. Ini bukan film LUP jaman aku kecil dulu yg pemerannya punya kaca pembesar ajaib yg kalo melihat foto suatu tempat dgn kaca pembesar tersebut kita akan terteleportasi ke sana. Ini dunia nyata.

Akhirnya tercetus ide dari lelakiku; "kita ke nasi kucing aja yuk!". Kupikir why not, kan lumayan ada bau-bau jogjanya dikit juga. Hahaha

Capcus lah kami ke warung nasi kucing yg sebelumnya udah pernah kami datangi. Lokasinya di jln Jatiwaringin, deket bakery Majestyk. Pesan 3 porsi nasi, 3 tusuk sate usus, 1 tusuk sate kukit, 1 tusuk sate ati ampela, 2 gorengan, segelas teh tawar, dan segelas jahe hangat. Lalu duduk sila dan menikmati jamuan tersebut.

Enak. Nasinya lauk teri -2 ekor teri per bungkus- dibungkus kertas nasi dgn bentuk konus. Satenya dan gorengannya semua dihangatkan setelah kami comot dari gerobak penjualnya. Yang mantap adalah sambalnya. Nyocol dikit aja bikin monyong-monyong. Hehe

Selesai makan tiba saatnya untuk menyelesaikan transaksi. Kusebutkan semua yg udah kami makan pada salah satu mas penjualnya. Selesai itu dia komat-kamit menghitung, lalu bilang "32 ribu mba".

32 ribu mah harga wajar ya untuk jabodetabek. Ga bisa dibandingin sama harga nasi kucing di jogja, apalagi kalo aku bandinginnya sama harga yg berlaku saat aku jadi mahasiswa di sana. Gak relevan. Gak move on. Hehehe