Senin, 04 Desember 2017

Cek ke dr Ayu (UK 25w5d, it's a boy!)

Hari ini kembali kami menjejakkan kaki ke RS Hermina Galaxy. Sungguh hari yg melelahkan dan menguras emosi.. Nanti lah soal yg ga enaknya mah ga usah di bahas di sini.

Kita bahas yg hepi- hepi aja.. Yeaayy 😍

Hai utun, ibu tadi ngintip kamu lagi lho.. Kali ini dengan dr Rahayu yang cantik dan baik hati. Dedek genit ih diintip sama dr Ayu njuk pose manis gitu. Hahaha 😍

Hasil pengamatan dr Ayu melalui layar USG menunjukkan bahwa:
# semua fitur wajah, jemari, dll terlihat baik dan lengkap
# detak jantung baby teratur
# kisaran beratnya sudah 1kg, terhitung besar utk UK segitu
# posisi plasenta di atas, kepala bayi sudah menghadap bawah
# cowok! Dokternya keceplosan ga pake tanya dulu. Hahaha

Yeaayy tak terhitung hamdalah yg keluar dari mulut ini selama menyaksikan si utun bergerak-gerak di dalam perut. Sehat-sehat ya nak...

Saat aku lapor mengenai beratku yg ga beranjak naik, kata dr Ayu: "gapapa. Ga masalah. Yg penting kan bayinya tumbuh normal. Bagus malah. Klo bisa dipertahanin sampe lahiran segitu aja" Dueeenggggggggggg... Maunya sih gitu yaa.. Biar ga kerja keras nurunin BB pasca persalinan nanti.

Lalu soal miom. Tadi pas USG memang terlihat miom. Tapi sepertinya dr Ayu setipe dg dr Femmy yg tdk terlalu concern ke sana. Posisinya memang di dekan cervix tp tdk menghalangi sepenuhnya. Katanya malah kita harus optimis bisa persalinan normal. Aamiiiin Ya Rabb...

Saat aku lapor sering ngilu sampe vagina karena rasanya si miom diteken dedek, dr Ayu bilang begini:
1. Bayimu besar, jd kalo terasa ada tekanan begitu ya wajar
2. ga usah dipikirin miomnya keteken, sakit, bla bla bla. Fokus aja fokus baby nya sehat kamunya sehat!
OK bu dokter.. Siap laksanakan!!

Oh ya, untuk suplemen dr Ayu rekomen utk ganti folamil genio dgn folamil gold. Katanya lebih bagus utk perkembangan otak. Siap laksanakan!! Ngabisin stok folamil genio yg ada dulu tapi. Hehehe

Dr Ayu jg tanya apakah sudah pernah cek lab? Aku yg agak lemot ini bilang br sekali pas awal positif hamil utk lihat kekentalan darah. Lalu diberi pengantar utk cek lab. Tapiii kemudian tidak acc bagian bpjsnya karena cek labnya bisa di fakes 1 saja. Ya syudah..

=======

Tentang melahirkan dg BPJS di RS Hermina Galaxy

Setelah selesai konsul dg dr Ayu, kami mampir ke PMO lagi untuk menanyakan skema pelayanan BPJS.
Berikut poin-poin yg sempat kucatat
1. Pasien mengikuti alur, prosedur, dan standar yg ditetapkan BPJS. Termasuk jenis obat dan benang yg digunakan. Tidak bisa reques obat ini itu krn ada standarnya.
2. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan tdk ada indikasi utk caesar maka persalinan ditangani di fakes 1, kecuali ada resiko yg dianggap berbahaya dan mendapat rekomendask dari dokter untuk persalinan di RS. Tidak bisa caesar APS (atas permintaan sendiri)
3.  Pasien mendapat hak kamar sesuai kelas BPJSnya. Bila kamarnya penuh akan dititipkan sementara ke kelas lain namun status pembiayaan tetap sesuai dg kelas BPJSnya
4. Bila menghendari upgrade dari kelas 2 ke kelas 1 maka dikenakan selisih plafon pembiayaan BPJS kelas 1-kelas 2.
5. Bila menghendaki sharing cost ke VIP maka.. Selisih plafon pembiayaan kelas1-kelas 2 + 75% plafon pembiayaan kelas 1. Jd tidak tergantung pada berapa besar tarif VIP non BPJS RSnya.

Bidan PMO juga sempat menanyakan alasan upgrade apa? Kalo karena jenis obat yg digunakan maka alasannya langsung dipatahkan dg pernyataan bahwa jenis obat/benang operasi utk pasien BPJS kelas 1-3 sama saja. Saat aku bilang bahwa masalahnya pengen ada yg nemenin di kamar (konon katanya kamar rawat inap kelas 1-3 tidak boleh ada yg menunggui pasien), bidannya bilang bahwa pasien boleh kok ditunggui 24 jam di kamar. Tapi satu orang penunggu saja.

Kita lihat saja nanti yaaa jadinya si dedek utun akan berojol di RS mana. Di mana pun semoga kami dimampukan secara finansial dan diberi segala kemudahan kelancaran dan keselamatan. Aamiiiin

Semangaaaaaaattttttt

Minggu, 19 November 2017

Mengapa ibu hamil sering mengusap perutnya?

Dulu tu kupikir ibu hamil sering ngelus perutnya ya karena pengen ngelus aja. Atau krn gatal stretchmark. Atau karena terasa berat.

Well, sometimes we need to experience something to really understand the thing.

Awal hamil aku paling ngelus ngelus perut untuk cari perhatian. Woi liat woi perut gue agak buncit. Hahaha norak deh. Tapi ga sering kok. Juaraaaang banget..

Nah pas gerakan si baby mulai sering terasa.. Now I understand..

Elusan adalah tanda sayang. Perhatian seorang ibu kepada makhluk kecil yang sedang tumbuh di dalam perutnya. Aku juga suka ngelus perut setiap si dedek bergerak. It feels like we are communicating. Bahasa cinta gitu lah. Hehehe

Ya setidaknya itu yang aku rasakan dan pahami. Punya pendapat lain? Boleh.. 😘

Batuk keempat

Ahad malam Senin pukul 12 lewat

Uhuk uhukk.. Uhhuukkkk...

Yah kok batuk?? Tenggorokan gatal dan sakit. Napas ngik ngik. Waduh..

Dan ini adalah batuk keempat semenjak hamil. Apa sebab? Kuman lah ya.. Entah si kuman datang dari mana. Atau kuman sudah ada trus jd terpicu karena ngabisin sebungkus happy toz? 😅

Mr S pun jadi terbangun. Pertolongan pertamanya adalah dg balur minyak kayu putih. Oh ternyata kurang maknyuss.. Lalu dia pun menawarkan "aku ke apotek aja ya beli vicks vaporub buat kamu" aih jadi nyebut merk melulu. Hehe

Tapi memang biasanya baru mempan kalo dioles itu balsem. Maka berangkatlah dirinya ke apotek 24 jam. Duh untung yaa alhamdulillah kami tu tinggal di kota bukan di pedalaman mblesuk yg langka apotek 24 jam. Teringat dulu pas jalan-jalan di Purwokerto trus ndilalah kena alergi entah dalam bentuk apa pemicunya trus badan jadi bentol-bentol. Aku ditemani bapak dgn mobilnya berkendara berkilo-kilo meter demi menemukan satu apotek 24 jam. Tapi masih mending lah, endingnya nemu. Hehe

Setelah vicks di tangan, dia ngoles punggungku sambil pijet-pijet (duh enaaakk) trus ngoles dada sama lengan atas juga. Walopun sambil ngledek batukku udah kaya suara kenalpot metromini lagi ngadat. Hadeuh..

Kelar ngoles, dirinya beranjak ke dapur. Bikinin air hangat (panas sih sebetulnya, hikz) untuk kuminum. Terpaksa minum deh padahal ga suka minum panas. Tapi demi melihat perhatian dan pengorbanannya. Demi si baby yg kasian juga kalo emaknya batuk kelamaan.

Alhamdulillah sekarang, pukul 01.15 udah enakan. Napas udh gak ngik ngik. Tenggorokan udh agak mereda gatalnya. Frekuensi batuk pun sudah menurun. Alhamdulillah punya suami yang perhatian. Walopun gak bisa ngegombal blasss... Hehehe

Yuk bobo lagi 😴

Sabtu, 18 November 2017

He can feel it, at last! 😍

Tulisan ini didedikasikan utk Abi-nya utun yg akhirnya bisa merasakan keberadaan utun lewat gerakannya di dalam perut. Hihi 😍

Jadi, yang hamil pun sebenrnya sejak kandungan masuk bulan keempat tu udah penasaran; kaya apa sih rasanya gerakan janin itu? Tanya sana sini ke orang yg lagi hamil atau pernah hamil. Jawabannya terlalu absurd waktu itu rasanya. Ga bisa bayangin deh karena emang belum merasakannya.

Lalu saat pengajian empat bulanan ada sensasi seperti bisul ditekan tapi terasanya di dalam perut. Absurd kan penjelasan saya bagi yg baca? Hehehe..
Setelah dipikir-pikir lagi saya agak ragu kalo dulu tu akibat tendangan si baby. Entah lah..

Kemudian semakin bertambah usia kehamilan, mulai deh tuh terasa kaya endut-endutan di dalam perut. Makin lama makin intens dan semakin terasa. Walopun kadang si baby mungkin lagi pengen bobo seharian (mirip emaknya hahaha) jd geraknya sedikit, dan si emak jadi worry gitu, maklum emak-emak newbie jaman now 😂

Tapi si penyumbang 50% gen utk si utun sejauh itu belum berhasil merasakan geliat makhluk kecil di dalam perut istrinya. Soalnya seaktif apapun so baby nanti kalo bapaknya naro tangan di perut si emak, maka si baby tiba-tiba kalem. Hahaha

So si bapaknya itu pun jd makin penasaran dan geregetan 😂

Eh lalu hari Kamis malam Jumat lalu saat si emak merasa baby-nya sedang aktif, lalu si emak narik tangan si bapak, ehh tumben itu baby ga langsung kalem. Jadi, itu lah momen pertama bagi bapak dan anak saling bersentuhan. Terhalang kukit dan lemak si emak tentu saja 😂

Yang paling bikin meleleh adalah tadi pagi. Karena si bapaknya utun bisa sampe nempelin pipi ke perut. Benar-benar berasa gerakannya. Ya Allah.. Saya yg punya perut dan cuma nonton aja rasanya bahagia bisa melihat momen tersebut 😍

Terimakasih pada Illahi Rabbi.. Tuhan semesta alam.. Atas anugrah tak ternilai bagi kami. Semoga kami dimampukan utk menjaganya, membesarkannya, mendidiknya, dan menjadikannya manusia yg bermanfaat bagi alam semesta. Aamiiiin...

Mioma kistik, kontrol Uk 23w

Momen kontrol tu selalu jd momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Sehari sebelumnya pake minta doa dari ibu bapak mama papa seeemuanya 😂

Trus gimana kontrol hari ini?

Alhamdulillah si utun tumbuh dgn baik. Beratnya sudah hampir 750gr, 2 kali lipat dari saat kontrol bulan lalu. Detak jantungnya di monitor td terukur 170bpm. Ukuran lingkar kepala, panjang tulang paha, dan lingkar perut menunjukkan pertumbuhannya di atas rata-rata. Alhamdulillah..

Oh ya, pas USG tadi dia lagi selonjoran. Bulan lalu kan kakinya ditekuk nutupin selangkangan jd ga kliatan deh jenis kelaminnya. Tadi tuuu keliatan jelas.. Tapi...
Dokter: waahh kelaminnya udah jelas tuuh..
Aku: eh yg mana dok?
Dokter: mau dikasih tau gak?
Suami: jangan dok biar surprise
Dokter: wah untung saya belum bilang
Aku: yah dokter bukannya keceplosan aja

Jadi?
Belum tau, pemirsa. Kayanya sih cowok. Ada kaya monasnya gitu. Hehe sotoy deh ah.

Nah setelah tengok dan ukur-ukur si baby, tiba saat tengok si miom.. Dokter mengarahkan sorotan USG k area tumbuhnya si miom. Komenku pertama kali adalah "loh kok kaya donat gitu dok?"

Serius aku liatnya kaya donat. Jd ada lingkaran massa tebal lalu ditengahnya warnnaya hitam, jd seperti bolong gitu. Kata dokternya "iya jadi kistik dia". Pas diukur ternyata sekarang ada di kisaran 7x7.5cm.

Sisa USG aku habiskan dg mikir kistik itu apa? Tapi bodohnya kok ya gak tanya. Heuhhhh... Dodol!

Pulang dari RS tu kata "kistik" menggelayut di kepala. Kepoooo banget. Sekaligus khawatir. Tapi sebetulnya ga usah khawatir juga kali ya karena toh dokternya ga kasih warning apa-apa dan si baby tumbuh dgn baik. Ya kan? Kaan??

Ya tetep kepikiran sih. Hahaha

Udh googling tp ga nemu banyak petunjuk. Kata "miom" dan "kistik/cystic" bertemannya sama kata "degeneration". Jadi mioma cystic degeneration. Awal nemu kata itu kupikir wah apik iki.. Miomnya sedang menunjukkan tanda degenerasi alias mau hilang dia. Kalah. Byebye. Gataunya...

Mioma uterina katanya bisa berkembang menjadi degeneratif dengan 3 bentuk:
1. Degeneratif kalsifikasi
2. Degeneratif kistik
3. Degeneratif merah
Dannn belum ketemu penjelasan yg bisa ditelan bahwa perkiraan awalku tadi benar. Belum pula nemu nasib kehamilannya bagaimana.

Berkali-kali ngingetin diri sendiri: kan dr bote ga bilang apa-apa kalo itu bahaya. Udah sih ga usah dipikirin!

Yatapi kaaan kepikiran.. 😯🔨

Ya allah semoga kehamilan ini berjalan full term dgn baby sehat dan berkembang menjadi manusia yg sehat cerdas sholeh bermanfaat dan beruntung. Aamiiiin..

Wahai kamu yg sekarang uget-ugetnya udah berasa sampe pinggang, I'm happy to have you. I enjoy every movement you make. Tumbuh terus ya nak. Kalahin miomya!! Semangat nak!!

Senin, 13 November 2017

Ayah atau Abi?

Dan sampailah kita pada diskusi semacam ini... Mau dipanggil Ayah atau Abi, Mas? Tanyaku suatu ketika.

Hihi

Agak lucu gimanaaaa gituu.. Lucu lucu menyenangkan 😍

Kami memang nikah sudah hampir 4 tahun. Tapi tanpa kesepakatan bersama, tidak ada yg memulai menggunakan panggilan Mami Papi atau sejenisnya. Kalah lah sama kids jaman now yg masih SD udah Umi-Abi Mami-Papi 😂 kalo aku pribadi krn memang tidak mau mendahului kodrat. Belum saatnya jd Ibu yaa jangan gunakan panggilan utk Ibu terlebih dahulu. Entah kalo suami alasannya apa. Hehe

Skrg si utun udah 5 bulanan (Alhamdulillah semoga Allah paringi sehat dan selamat. Aamiiin..) Nah mulai lah ada sebutan "Ayahnya utun" "ibunya utun" dst. Aku yg membahasakan Mr S utk disebut Ayah. Dia awalnya membahasakan aku dgn sebutan Mama. Tp aku ga mau. Aku maunya dipanggil Ibu. Itu yg nempel di lidah dari aku kecil soalnya. Hehe

Eh suatu hari dia wa "Abi kangen utun..." Oo.. Jadi maunya dipanggil Abi ya? Ayah atau Abi nih jadinya? "Abi aja" katanya. Uhuy!!

Iya deh.. Lucu juga. Ibu-Abi. Sama-sama 3 huruf. Bubi klo disingkat. Ih unyu. Hahahaha 😍 apaan deh 😂

Semoga lancar yaa semuanya.. Sehat-sehat yaa utun tersayang.. Ibu seneng banget merasakan gerakan-gerakanmu. Amazing!

Eh tapi kalo tengah malam jadi susah tidur sih.  Terpecah hasrat antara oengen tidur sama pengen nikmatin tendangannya utun.

Dan utun masih belum kasih Abinya merasakan gerakan tsb. Hahaha.. Tiap dipegang Abinya dia kalem. Nah 2x ini tiap aku ngantuk mau bobo tp si utun masih asik gerak-gerak, aku minta Abinya utun untuk usap-usap perut. Eh beneran dia kalem. Ooo.. Anak Abi cari perhatian Abi yaaa... Hehehehe

I love you utun
I love you abinya utun
I love you both!!

Semoga kita selalu sakinnah mawaddah warohmah yaaa.. Aamiiiin....

Sabtu, 11 November 2017

Sabtu bersama bapak

--biar kekinian gitu judulnya.. Wkwkwk

Tapi memang hari ini cukup berkesan. Aku dan bapak melakukan kegiatan sederhana yg belum pernah kami lakukan bersama sebelumnya: memasak.

Ini klo dibaca sama kakak or adikku pasti mereka tanya, emang ibu lagi ke mana? Wkwkwk

Jadi, jam 8 abang tukang sayur andalan ibu-ibu komplek sini lewat. Ibu belanja bahan utk soto ayam krn sejak semalam si bapak ngidam ayam. Hihi yg hamidun siapeee yg ngidam siape pula? :D

Kelar belanja, eh ada ibu tukang urut datang.

Ibu: na kamu masak ya! Ibu mau urut.
Aku: soto doank kan? Sip!

Gayanya. Hahahaha
Padahal seumur-umur masak soto baru sekali. Itu juga nyontek resep di cookpad. Biasanya kalo mau soto mah tinggal beli. Praktis :p

Tapi ini kesempatan bagus!! Mari kita gunakan kesempatan ini utk belajar!! Kalo di rumah mama langka lah bisa dilepas masak sendiri begitu. Hehehe

Nah saat sedang nyuci si ayam, bapak datang seraya bertanya, mau dibantuin apa?

Apa ya? Mikir dulu.. Perasaan masak soto doank mah ga ribet. Maka kubilang aja, ga usah pak.

Tapi bapak tetap di dapur. Katanya kalo ga ada yg harus dibantu beliau mau cari kerjaan sendiri. Dan akhirnya beliau memutuskan utk mengupas pepaya.

Mengupas menjadi kata petunjuk untukku. Maka sekalian saja...

Aku: bapak mau bantuin ngupas kentang gak?
Bapak: tuu kan ada yg bisa bapak bantuin. Sini kentangnya!
Aku: cuma 3 biji sih. Tapi sekalian irisin yaa.. Buat keripik gitu..
Bapak: itu dusta! Mana? Kentangnya ga punya biji!
Aku: heuuuhhh.. Auk ah! Masa 3 buah? Kan itu bukan buah!

Lalu debat ga penting itu berlanjut.. Hahaha

Maka, bapak ngupasin kentang, lanjut ngirisin, trus ngupas pepaya selagi aku (main) masak(-masakan). Tangannya ikutan pula saat aku ngirisin daun bawang.

Bapak: ini daun bawangnya dipake aja semua. Disasin juga buat apa?
Aku: okee
Bapak: seledrinya daunnya aja.. Batangnya ga usah.

Dalam hatiku; ih cerewet. Hahahaha :p
Trus kita debat soal nasib si seledri. Antara dicemplungin langsung ke panci versus diirisin aja buat taburan. Siapa yg menang? Aku donk! Hahahaha

Well, aku bersyukur Allah masih kasih sehat utk bapak dan ibu. Semoga mereka diberkahi panjang umur yg sehat dan rezeki yg berkah serta menutup usia kelak dgn husnul khatimah. Aamiiiin...

Rabu, 08 November 2017

Biaya pemeriksaan pendukung program hamil (promil)

Saya ni sebenernya orang yg susah menghafal, apalagi jika terkait dgn biaya yg telah dikeluarkan utk suatu keperluan. Soalnya kalo diinget-inget takut malah jd gak ikhlas udh ngeluarin duitnya. Wkwkwk

Tapi setelah banyak ngobrol dg sesama pasien program hamil, alias promil, saya sedikit menyayangkan kenapa dulu ga saya catetin yaa biaya yg udah saya keluarin utk program ini. Siapa tau kan bisa bermanfaat utk orang ya.. Hehe

Jadi, dengan mengumpulkan info yg agak berserakan di HP yg sekarang di tangan (sebagian info mungkin ada di HP yg hilang, hiks) ini lah info yg bisa saya share ;)

HSG
H minus 3 hari mau HSG saya baru telpon-telpon RS utk tanya biaya dan booking hari. Sayang catetannya ga tau ke mana. Nanti kalo ketemu saya update deh, insya allah. Yg sempat saya telpon adalah RS Haji, RS Harum, dan RS Evasari. Ini sudah hasil googling juga nyari yg biayanya cenderung di bawah yg lainnya. Di RS Haji dan RS Harum saya ga dapat booking harinya. Kemepetan katanya. Pada akhirnya saya HSG di RS Evasari. Jujur ini ga ada catetan biayanya. Okt 2016 plus minus sejuta lah kira-kira. Lupa persisnya. Hehe..

Utk syarat HSG silakan googling ya.. Ga bisa semau kita kapan dilakukannya. Tapi saran saya pas hari pertama haid segera telpon RS utk booking hari.

Sebelum HSG dijelaskan dulu oleh Sp.Rad alias dokter radiologinya prosesnya bagaimana. Kita tanda tangan inform consent dulu. Oh ya, dokter radiologinya ni perempuan dan orangnya sangat komunikatif. Hasilnya bs kita tunggu. Setelah dapat hasil nantinya akan dibacakan oleh dokternya simpulan hasil pemeriksaannya bagaimana.

Cek Hormon
Saya cek hormon Januari 2017 di Lab terpadu FKUI salemba. Lokasinya di lantai 2 gedung yg paling kiri (gedung lama). Berdasarkan pengantar dari dokter, saat itu yg diminta adalah cek FSH, LH, prolaktin, dan estradiol. Tambahannya adalah cek darah lengkap, fungsi ginjal, gula, dan insulin puasa.

Kenapa cek di Lab Terpadu? Karena berdasarkan survey langsung maupun via telp dg beberapa RS dan lab swasta, di situ cenderung lebih hemat. Hoho

Untuk cek 4 hormon reproduksi (FSH, LH, estradiol, dan prolaktin) aku kena 756.000. Sedangkan tambahannya (darah lengkap, fungsi ginjal, gula, dan insulin puasa) kena 858.000. Nah ditotal aja deh tu sendiri. Hehe.. Bandingkan dg surveyku untuk pemeriksaan tsb di:
# RS Tambak adalah 2.7 juta utk keseluruhan (hormon repro hingga insulin)
# Hi-Lab untuk 4 hormon reproduksi aja 1.2 juta
# parahita utk 4 hormon reproduksi saja
1.3 juta

Mayan kan bedanyaaa... Hehehe

Cek Sperma
Cek sperma tentunya utk suami donk ya.. Hohoho.. Dulut u ceknya Oktober 2016 di Lab Biologi FKUI. Lokasinya satu lantai dgn lab terpadu. Saat itu ga survey2 tempat lain lagi karena kebetulan udh punya infonya dan mumpung suami mau jadi langsung capcus. Saat itu hanya cek sperma dasar saja (hitung jumlah dan morfologi sperma. Lupa apalagi yg dicek krn fotonya hilang). Biayanya 200rb. Utk pengambilan sampel boleh ditemani istri. Nanti disediakan ruangan khusus. Di dalam ruangan tsb ada TV utk yg butuh dibantu video begituan (hehe). Di sebelahnya ada toilet khusus pasien. Jadi tenang aja ga bakal diganggu mahasiswa kok di toilet tsb. Hehe

Tes TORCH
Saya sebenernya ga tes TORCH selama promil. Tapi dulu pernah dites saat premarital check up Des 2013 di RS tambak, infonya bisa dilihat di blog saya yg satunya. Lalu saat hamil yg skrg ini tes TORCH lagi.

Nah karena saat itu sedang hamil muda dan suami super cerewet membatasi pergerakan istrinya ini, maka saat itu yg terlintas di pikiran hanya 2 opsi: cek di lab terpadu atau ambil layanan home care service.

Btw saat awalnya sebnrnya saya belum pegang pengantar dari dokter utk tes tsb. Dokternya agaknya woles, saya aja yang ga tenang kalo gak cek. Hehe.. Makanya sempet cek harga utk cek TORCH lengkap IgM dan IgG di lab terpadu. Waktu itu dapat info biayanya 1.8 juta. Setelah dapat info tsb baru saya watsap dokter Botefilia tersayang, dan katanya kalo mau cek cukul IgM toxo, CMV, dan rubella aja. Nah berhubung yg dicek ga banyak maka saya mutusin ambil home care service dari pesanlab.com.

Di pesanlab.com ini kita tinggal bikin akun lalu masukkan jenis pemeriksaan yg kita kehendaki. Setelah itu bisa pilih mau cek di lab mana karena biayanya bisa berbeda antar lab. Bisa juga setelah pilih labnya kita pilih opsi utk pake jasa homecare mereka. Nanti mereka kirim perawat utk ambil sambil darahnya utk kemudian dikirim ke lab yg kita kehendaki. Saat itu aku pilih lab gunung sahari plus homecare. Pagi pesan, transfer, siangnya perawatnya datang ke kantor.

Untuk biaya di pesanlab aku kena 750rb utk 3 pemeriksaan IgM tadi (itu sudah termasuk diskon 20%) plus 100rb utk layanan homecare. Yaaa itung-itung naik taxi online k labnya bolak balik juga plus minus cepek kan. Hehe.. Untuk hasilnya nantinya akan dikirimkan via email. Praktis tho?

Demikian yg bisa saya share. Yang sedang berjuang, ayo semangat ikhtiar!! Mudah-mudahan ada kemudahan finansial utk melalui semua ini. Dan semoga ikhtiarnya menjadi jembatan dikabulkannya hajat. Yang saya dan suami keluarkan ini masih kalah banyak dari pejuang-garis-dua lainnya di luar sana.. Selalu ada sisi utk disyukuri.

Oh ya, kalo mau lebih berhemat lagi, utk pemeriksaan hormon dan torch setau saya bisa juga dilakukan di Balai Laboratorium Kesehatan. Lab ini milik pemerintah. Ada di beberapa kota di Indonesia, di antaranya adalah Yogyakarta dan Jakarta. Silakan googling utk lokasi dan alamat. Di situ biayanya lebih ekonomis jd insya allah akan sangat membantu.

Btw, maaf saat posting ini dibuat saya ga bisa kirim gambar pendukung krn ini postingnya pake app Blogger di HP. Tiap masukin gambar tu sering nutul sendiri appnya. Insya allah lain waktu disempatkan untuk masukin gambar2 pendukungnya saat online pake laptop. Jika ada yg ga sabaran boleh japri saya utk info lebih lanjut. Siapa tau saya bisa membantu. Hehe

Last but not least... Doakan saya dan si utun yaaa pemirsaaaah... Doakan agar diberi keselamatan, kelancaran, dan kemudahan. Doakan utunnya sehat sementara si miom menciut juga yaa..

Ayokk semangattttt 💪💪

Selasa, 07 November 2017

Cek ke dr Femmy; bayiku tumbuh besar

Yes besar secara harfiah.. Sampai dr Femmy bingung. Hehe

Wait wait.. Mari sekalian mencatat prosesi yang telah dilalui hari ini: kontrol kehamilan dengan BPJS di RSIA Hermina Galaxy dengan dr Femmy. Postingan tentang ngurus rujukan dan ngurus pendaftaran ada di postingan sebelumnya ya.. Hehe

Jadi tadi pagi sempet ke kantor dulu. Jam 6.15 sempet ikut briefing dan doa bersama. 6.30 pamit ke kepsek mau kontrol ke RS. Kepsek tanya, sama suami tapi kan bu? Kujawab, ummm.. Maunya sih ketemu di sana langsung, Pak. Padahal suami eyke ngajar bo. Jadi tadi eyke sendirian. Gapapa lah, yg penting lancar.

Jam 7an nyampe tempat pendaftaran BPJS yg deket parkir mobil itu. Dannn sudaaahhhhh ramaiiiii orang.... Ada yg duduk, ada pula yg berdiri. Langsung aja kuambil nomor antrean registrasi. Dapat no 113 pemirsa! Padahal yg dipanggil br no sekian belas 😂 ya sutra lah ya.. Siapa tau dapat nomor mudaan lagi kaya kemarin. Hehe

Daripada berdiri, aku pilih duduk aja walopun duduknya dipojok dan musti permisi permisi ke ibu-ibu atau bapak-bapak di situ. Yang penting duduk. Di sebelahku duduk seorang nenek-nenek, di samping beliau ada ibu-ibu seumuran ibuku. Aku dapat cerita ala sinetron dari si ibu tsb. Nanti lah kuceritakan.

Singkat kata, sistem antrean yg isunya akan berubah per Senin kemarin, ternyata masih sama. Dan nasibku pun sama lagi, dapat nomor antrean yg lebih awal dari si nenek sebelahku. Mayan lah.. Maju jadi 63 😀

Sekitar 8.30an aku dipanggil ke meja registrasi. Di meja registrasi aku tunjukkan bundle rujukan asli + copyannya + copyan kartu bpjs yg jumat lalu sudah diklip sama mba di meja pendaftaran. Trus aku disuruh tandatangan formulir klaim rawat jalan. Trus dicetakin bukti pendaftaran sama mbanya untuk dibawa ke poli kebidanan di lantai 2. Dah gitu doank.

Di poli kebidanan, seperti biasa aku ditimbang (82,4 kg.. Yessss!! Cuma naik 4 ons dr terakhir kontrol di Tambak 3 minggu lalu!) dan ditensi (120/80.. Yesss!! Normal.. alhamdulillah!). Trus cari posisi pewe deh buat nunggu. Saat tiba di situ sih ruang tunggu masih belum terlalu ramai dan dr Femmy masih visit pasien.

Makin lama ruang tunggu makin ramai. Dokter Femmy tiba gak lama setelah aku duduk di ruang tunggu. Dengan serunya ebliau menyapa "haaiiii..." trus ngajak tos anak batita yg duduk di baris depan. Emang rame ni dokter 😍

Sebagai yang merasa berobatnya ditanggung bpjs, aku udah siap-siap aja kalo bakalan dipanggil belakangan. Buka novel (udah bekel dari sekolah) sambil sesekali watsapan. Jam 10 kurang, aku merasa lapar. Ya udah, kubuka aja bekel nasi plus bakwan sebiji dan orek tempe yg kubawa dr kos. Tapi baru makan 3 suap, udah diwarning perawat; setelah ini ibu D ya! Langsung deh tutup bekel. Lipstikkan dulu. Hehe

Pas di dalam ruangan, dr Femmy menyambut dgn rame "hallooo ibu D, gimana kabarnya?" trus aku cerita deh bahwa alhamdulillah sudah tekdung walopun sempet keguguran 1x lagi di 2017 (ada recordnya krn pas keguguran aku dihandle dr Lilia di RS itu juga).

F: waaa syukur yaa alhamdulillah yg sekarang bertahan. Berapa minggu skrg?
D: 21 ke 22 dok. Trus ini dok, miomnya membesar
F: berapa cm?
D: 6 hampir 7cm dok
F: aaahh gapapa. Pasien saya ada kook yg miomnya 10 cm dan bisa lho lahiran normal! (Sumpah ini nadanya antusias banget)
D: wahh.. Serius dok? (Aku langsung semangat. Ngarep babak 1!)
F: ih iyaaa.. Udah tenang aja. Kita pantau aja. Bismillah yah! Yuk USG dulu

Beranjaklah diriku ke ranjang USG. USG di sini layarnya hanya satu dan cenderung mungil dibanding di Tambak. Ya tapi gapapa juga sih. Yang penting kan fungsinya ya. Hehe

F: wuiiiih aktif tuuuu babynya.. Lagi terlentang.. Nah ini kepalanya.. Coba kita ukur.. Umm.. Loh kok 23w? Ah gapapa, lagi perkembangan otak. Nah ini matanya..hidungnya..mulutnya.. (Sumpah ai ga lihat jelas mana yg dimaksud bagian-bagian tsb, cuma iya iya doank) nah ini tangannya tuuh gerak-gerak tuuh.. Ini jantungnya tuu kedip-kedip.. Ini kakinya.. Aku ukur pahanya ya.. Umm . loh kok 24w? Kamu beneran terakhir haid tanggal segitu (6 Juni)?
D: iya dok. Saya catat di HP. Nanti saya perlihatkan.
F: USG sebelumnya gimana?
D: saya bawa dok di tas
F: ya coba nanti kita lihat ya! Eh ini mau tau jensi kelaminnya apa mau surprise aja??
D: (mumpung bapake utun ga ada nih hehe) mau dook..
F: umm coba yaa.. Umm.. Dia tutupin kakinya nekuk.. (Trus perutku digoyang-goyang, agak kaget jg tuh, tp percaya aja deh goyangnya pake ilmu dan pengalaman, hehe) niih kliatan kaya ada kometnya (aku ketawa denger komet 😂) cowok nih kayanya. Tp kita kasih tandatanya dulu ya. Bulan depan kita pastiin sekalian negasin usia kehamilannya.

Pas di USG jg semept ngukur taksiran berat badan si utun. Udah 6 ons lebih lho!! Masyaallah... The baby is growing much bigger than the last time we saw.. Kan 3 mingguan lalu baru 3ons!

Trus udah. Kita balik ke meja konsultasi. Di situ aku tunjukin kalender haidku utk memastikan bahwa HPHTnya 6 Juni. Trus kutunjukkan foto USG dr Tambak.

F: oh iya.. Ini sering tuaan di USG daripada hitungan kalender ya..
D: apakah itu gak normal dok?
F: bukan gitu. Bisa jadi memang si baby cenderung besar (aku ngebatin; iya lah bapaknya besar gitu), atau pas siklus ibu yg agak pendek.
D: tapi bahaya dok?
F: kita jd ga bisa pastiin aja HPLnya kapan. Kalo terlalu maju kan ga bagus juga khawatir belum mateng. Kalo kelewat khawatir ketubannya udah ga bagus. Pokoknya saya ga mau baby-nya kenapa-kenapa gitu.

Oh jadi dokternya concern urusan lahirnya sedapat mungkin pas ya. Ga kurang ga lebih. Katanya sih biasanya umur USG lebih muda dr tanggalan. Dan kalopun beda hanya seminggu mah gapapa. Ini si baby bedanya sampai 2 minggu soalnya.

Trus dokternya tanya soal vitamin. Aku bilang masih ada vitamin dan kalsiumnya. Jadi aku ga diresepin lagi. Dah kelar deh tuh.

Oleh perawat, rujukanku yg asli dikembalikan di situ sudah ditandatangani dr Femmy utk kontrol kembali 1 bulan lagi. Perawatnya bilang supaya langsung daftara aja lagi utk bulan depan. Tapi ke PMO dulu ya..

Di meja PMO masih ada pasangan suami istri yg konsul. Aku duduk lagi menunggu dipanggil. Ga lama sih nunggunya. Nah di meja PMO ini dicatat lagi tentang kehamilanku.. HPHTnya juga BPJSnya. Trus bidan PMOnya tanya;

B: ini kemarin dirujuk karena miom ya? Trus tadi gimana pas konsul sama dr Femmy?
D: (rasanya mau tepok jidat. Kok td ga cek miom ya pas USG?! Hadeuhhh) oh iya, td saya lupa minta dr Femmy utk cek
B: dokternya ga bilang apa-apa tapi?
D: gak tuh kalo soal miomnya..
B: oo.. Bisa jadi memang miomnya td gak terlihat. Kan pada beberapa kasus semakin besar janin, miomnya malah mengecil. Si janin semakin butuh banyak nutrisi makanya miomnya jd kekurangan nutrisi!
D: oo.. Wah aamiiin.. Mudah-mudahan memang begitu.. Habis td ga dicek..
B: iya.. Mudah-mudahan betul mengecil ya miomnya.. (Ini namaya ngarep babak 2!!)
D: aamiiiiin.. Aamiiiin...
B: Tapi kalo misalnya faktor penyulitnya (miom) menghilang, berarti nanti ibu ga bisa pake BPJS utk lahiran di sini.. Karena kalo lahiran normal di fakes 1 ya bu..
D: oo gitu.. Iya gapapa deh. Saya berharapnya miomnya hilang
B: berarti utk berikutnya juga konsulnya di fakes 1..
D: tapi ini disuruh balik sama dr Femmy sebulan lagi..
B: Oo gitu.. Mungkin ada yg perlu difollow up ya. Ya udah kontrol lagi ya bu bulan depan..

Trus lanjut percakapan ringan seputar miom dan kehamilan plus BPJS.

You know what? Ini namanya ngarep babak 2!! Semangatku dan harapanku membuncah!! Aku benar-benar berharap utk say bye bye ke si miom. Berharappppp bisa lahiran normal. Walopun aku sudah nyicil nyiapin mental utk lahiran caesar. No ini bukan urusan kalo lahiran caesar tu belum jadi wanita sejati. Cuih! Bodo amat sama pendapat itu. Aku cuma terlalu takut utk dibelek-belek.. Takut sakit bekas belekannya menahun.. Takut jadi ga bs punya anak banyak. Hehehe.. Tapi yaaa kalo memang kudu caesar yaaa demi kebaikan bersama tetep akan dihadapin donk!

Maka selesai lah sudah acara kontrol di poli obsgyn Hergal. Aku langsung capcus ke pendaftaran BPJS utk bikin appointment kontol bulan depan.

Sampai di pendaftaran aku tanya dulu ke petugas pendaftaran, bener gak bisa daftar utk bulan depan. Oleh mbaknya diiyakan. Langsungb deh aku ambil nomor antre pendaftaran. No 167. Yang dipanggil baru nomor 100an. Yo wis lah nasib pengguna BPJS kudu antre lagi. Nikmatin aja lah. Hehe

Pas aku duduk, aku br ngeh kalo rujukan utk kontrol balik 1 bulan lagi yg dittd dr Femmy belum kufotokopi. Langsung ngibrit ke fotokopi. Letak fotokopinya jadi satu dgn kantin di dalam. Prosedurnya kita bayar dulu di kasir baru bisa fotokopi. Dari hasil ngupingku, tarif fotokopy nya 500/hal. Ya udah aku copy 4 aja. Plus jajan risol mayones dan martabak. Mehong euy jajan di situ. Semuanya habis 11.500. Yah gapapa lah, ga tiap hari. Hehe. Kelar fotokopi aku balik ke ruangan pendaftaran BPJS.

Sambil nunggu, sambil ku watsap bapaknya si utun. Tanya mau kontrol tanggal berapa biar dia bisa ikut. Akhirnya deal utk kontrol hr Senin minggu pertama Desember. Sambil nunggu aku juga smbil ngobrol dg sesama pasien. Kebanyakan mengeluhkan AC yg walopun ada 2 biji tapi ga terasa, dan nomor antrean yg ga tertib karena ada org yg punya lebih dr satu nomor antrean trus dikasih-kasihin ke orang yg dia temui. Oh ya ada jg yg ngeluh kipas anginnya terlalu santer. Hahaha ya memang ngeluh itu mudah. Saia mah udah bs memotong budget utk kontrol dan (misalnya harus) caesar aja udah alhamdulillah. Nunggu lama yaaa namanya juga pasiennya banyak, wajar kalo nunggu lama lah. Dinikmatin aja.

Jam 2 siang baru dipanggil nomorku. Aku daftar utk dr Femmy hari senin pagi, tp menurut mbaknya kalo senin pagi prakteknya cuma jam 7-8, khawatir ga kekejar registrasinya. Jd mending pilih yg siang. Yo wis aku pilih yg siang aja. Lalu seperti sebelumnya; diklip jadi satu semuanya: rujukan yg ada ttd dr Femmy, plus copyannya 2 lbr, plus copy kartu BPJSnya 2 lbr, plus sepotong kertas appointment, dan kali ini plus form kosong Klaim Rawat Jalan.

Btw, kesimpulanku sebelumnya bahwa pasien bpjs dapatnya no >15 ternyata salah karena aku dapat no 14 utk konsul bulan depan.

Sudah. Selesai. Yang belum adalah sholat dzuhur. Langsung deh tuh ngibrit ke musholla yg letaknya di deket pos security exit gate. Kelar sholat manggil grab deh. Udah deh balik ke bambu apus.

Alhamdulillah walopun berkali-kali mengantre, hari ini dapat suntikan semangat utk positive thinking that the baby is growing well plussssss the spirit that me n the baby can defeat the miom! Yeaahh semangat!!

Ayo dedek kita semangat!!

Minggu, 05 November 2017

Untung kamu biasanya baik

Ceritanya kemarin dari rumah ibu sempet mbungkus ayam-kampung-ungkep untuk bekal hari ini. Kan enak tuh tinggal goreng sebentar langsung syedap.

Masalahnya, sesampainya di rumah mama, itu plastik isi 3 potong ayam kok ga ketemu di tas manapun yg diboyong dari rumah ibu? Bertanyalah diriku pada dirinya, siapa tau sudah dia amankan.

I: mas, ayamnya kok ga ada ya?
S: sudah aku masukin kulkas

Oh sudah di kulkas. OK. Tenanglah jiwa dan ragaku. Langsung siap-siap bobo deh tuh.

Paginya.. Sudah kucek seisi kulkas, tak jua kujumpai potongan ayam itu. Di mana kah mereka berada? Tiba-tiba instingku memerintahkanku membuka pintu freezer. Sambil berharap 'no, ga ada di situ lah ya'. Tapi ternyata.. Plastik berisi 3 potong ayam itu terpampang nyata di hadapan. Tepok jidat deh.

Lalu? Ya gimana lagi, ayam sudah menjadi beku. Jadi bubur sekalian malah enak kali. Bubur ayam :p

Akhirnya ya tetap digoreng juga. Pake api kecil. Dengan durasi yg lebih lama dari seharusnya. Dan bibir yg lebih manyun dari biasanya. Huh!

Lalu sang pelaku peletakkan-ayam-di-freezer pun lewat. Bawa-bawa ember buat nampung air panas untuk mandi istrinya. Iyes, untuk diriku mandi. Tiap pagi, tanpa kuminta, suamiku ini akan berbaik hati masakin air untuk mandi. Kalo di kos biasanya setelah itu dia akan berbaik hati beliin nasi uduk atau bubur ayam untuk sarapanku. Lalu dengan baik hati pula diantarnya aku ke sekolah. Pagi ini pun, dengan baik hatinya, dia sudah menyiapkan mobil untuk mengantarku ke sekolah. Teringat pula kejadian Jumat kemarin; dia sudah berbaik hati jemput ke Hermina padahal istrinya udah ngegrab mudik ke rumah ibu-bapak, dan dengan baik hatinya dia ga marah walopun prosesi penjemputannya jadi sia-sia.

Ah, untung kamu seringnya baik sama aku mas. Maka untuk protes berkepanjangan atas kasus ayam-ungkep-dalam-freezer ini rasanya aku jadi.. ga tega.

Maka, dgn tujuan agar tidak diulanginya kesalahan yg sama, kukatakan padanya

I: ini tuh udah diungkep mas. Harusnya jangan masuk freezer
S: oh iya ya (~~yaahhh kan gitu doank kan njawabnya. Untung ga ngomel-ngomel, gondok lah ya klo udah ngomel panjang dijawabnya gitu doank?!)

Ya sudah lah. Untung aja ini ayam kampung yang memang secara garis takdir dagingnya cenderung tipis, jadi insya allah matang dan tidak tersisa kristal es di dalamnya.

Maka susuan acara pagi hari pun tetap berjalan sebagaimana rencananya. Manyun pun sudah berangsur-angsur hilang.

Untung kamu baik sama aku mas.. Jadi aku mau ngomel juga pake mikir dulu. Pelajaran ini buat para suami, agar baik-baikin istri. Dan pelajaran bagi para istri, agar ingat-ingat kebaikan suami sebelum ngomel. Hehe

Jumat, 03 November 2017

Daftar Poli Kandungan RS Hermina Galaxy sbg Pasien BPJS

Setelah cari-cari info di jagad dunia maya tentang prosedur pendaftaran BPJS di RS Hermina Galaxy (posting sebelumnya udah cerita ttg pembuatan rujukan dari fakes 1 Klinik Prof UFA ke RS Hermina Galaxy) plus ngalamin langsung prosesnya hari ini.. Saya menyesaaaaalll kenapa ga sekalian pulang dr klinik Prof UFA langsung ke Hermina Galaxy..

Jadi, dari info yg diperoleh dari blognya emak-emak kece memang katanya di sana harus daftar dulu untuk pilih hari konsulnya. Masalanya baca info tsb setelah kelar dari klinik prof UFA 😅 tau gitu kan mending sekalian ke HerGal aja sepulang dr UFA, orang cuma ndaftar doank kan.

Akhirnya hari ini baru nyempetin daftar ke Hergal. Di jalan udah ngapalin posisi loket pendaftaran BPJS yg katanya ada di lantai 2, keluar lift ke kiri lalu masuk pintu kanan. Sampai di sana ternyata lokasinya udh pindah. Lokasi ruang pendaftaran bpjsnya ada di ruangan pintu kaca di dekat parkiran mobil. Karena aku masuknya lewat pintu depan, sampai di meja pendaftaran/informasi langsung di arahkan untuk keluar lagi melalui pintu samping.

Begitu nemu ruangannya, ternyata cukup rame, tapi ga sampe penuh sih ruangannya. Trus dengar orang dipanggil sesuai nomor urut. Nanya donk sama seseibu ngambil nomornya di mana. Ternyata nomor antrianya diambil di meja petugas yg melayani pendaftaran. Setelah berterimakasih, aku nyomot satu nomor, dapat no 184, trus cari tempat duduk.

Di kursi tunggu tsb ternyata ibu-ibu saling ngasih nomor yg mudaan. Gatau lah itu nomornya kenapa ada yg punya dua. Katanya sih dari pasien sebelumnya. Entahlah.. Aku dikasih no 172. Selang sebentar dapat lagi no 171. Asikk..

Aku duduk disamping ibu yg ngasih nomor itu. Dia dapat nomor mudaan lagi; 160. Tapi tiba-tiba meja layanan sebelah kanan manggil "no 167!". Aku bingung, kok nomor ibunya itu belum dipanggil.
Aku: kok udah 167?
Ibu 160: iya itu yg antrian registrasi
A: oo.. Meja kanan sama kiri beda antrian ya bu?
I: iya, yg kiri pendaftaran. Yang kanan registrasi
A: pendaftaran sama registrasi bukannya sama ya bu?
I: beda mba. Mba daftar dulu di meja kiri untuk utk pilih mau ke dokter siapa dan hari apa. Nanti pas mau periksa datang lagi ke meja kanan untuk registrasi (ulang)
A: oo.. Makasi ibu infonya. Saya baru sekali ke sini
I: sudah tau mau ke dokter siapa?
A: belum, nanti baru mau tanya di pendaftaran.

Jadi, begitulah. Meja kiri pendaftaran. Meja kanan registrasi (ulang). Masing-masing punya nomor antrian tersendiri ya. Tapi ketika meja registrasi habis sudah tidak ada yg akan registrasi lagi, petugasnya akan membantu proses pendaftaran juga. Jadi lebih cepet.

Tiba no. 171 dipanggil, aku maju. Mbaknya tidak jutek dan komunikatif. Kusodorkan 2 lbr copy surat rujukan dan 2 lbr copy kartu BPJS, tapi sama mbaknya diminta aslinya juga. Nantinya akan diklip jadi satu dgn sepotong kertas appointment kita.

Sebelum ke meja pendaftaran ini aku bertekad seandainya bisa sekalian konsul hari ini maka mendingan sekalian hari ini biar ga bolak balik. Kalo ga bisa baru minta selasa. Tapi begitu sampe meja pendaftaran...

Mbak petugas: untuk konsul hari apa?
Aku: selasa mba

Lupa deh tu kalo mau sekalian konsul hari ini #tepokjidat

Untuk pilihan dokternya, aku td ditawari dg dr Femmy, dr Rahayu, atau dr Marlina. Sebelumnya aku udah wa Mr S untuk menanyakan; seandainya boleh pilih antara dr Ayu dan dr Femmy pilih yg mana. Jawabnya: dr Femmy. Ah tau banget lah aku.. Suami ni betah sama dr Femmy krn beliau cantik dan ramah. Kata suami, wajahnya dr Femmy berwarna. Hahaha

Ya sudah lah, aku daftar untuk dr Femmy. Dapat nomor 17 yg artinya aku pasien BPJS kedua yg bikin appointment dg beliau untuk selasa itu. Jadi di layar komputer sistem utk bikin appointment aku lihat di antara no 1-15 padahal masih ada yg kosong, no 16 ada satu nama, lalu di no 17 dimasukkin namaku. Jd kesimpulanku adalah nomor antrean utk pasien umum dapat prioritas no 1-15, pasien bpjs setelahnya. Ya gapapa lah.

Mbaknya menuliskan di potongan kecil kertas bahwa aku akan konsul dg dr Femmy hari selasa, jam prakteknya juga dituliskan, lalu nomor urutnya juga dituliskan. Di situ dituliskan juga "registrasi jam 6-7", mungkin biar ga lupa. Kertas tsb kemudian diklip dg rujukan asli dan copyan rujukan (2 lbr) serta copyan kartu bpjs (2 lbr).

Proses pendaftaran ini ga makan waktu lama kok. Tapi dari obrolan dg sesembak sesama pasien memang katanya kalo Jumat tidak terlalu penuh antriannya, hari lain biasanya lebih rame. Untuk jam pelayanan pendaftaran/registrasi, menurut info dari si ibu no 160, katanya sampai malam bisa kok. Kadang sampai jam 8. Tergantung habisnya antrean jam berapa. Tapiiii beliau bilang bahwa ada info dr pasien lain bahwa hari senin besok sistem pendaftaran/registrasinya akan dirubah. Yassalaaaam.. Baru juga belajar hari ini ttg tatacara pendaftaran di Hergal, eh lah udah mau diubah lg katanya sistemnya. Wkwkwk.. Yah pasrah aja deh. Nanti tinggal tanya-tanya lagi kan. Hehhe

So, done. Rangkaian acara hari itu sudah selesai. Aku ga langsung pulang tapi tuh, soalmya katanya cucunya bu Ema lg dirawat di RS itu juga. Cuma bu emanya di wa ga balas. Berdasarkan pengamatanku thd karakter bu ema, aku memutuskan utk ga telp utk tetap memaksakan utk jenguk cucunya hari itu juga. Padahal enak ya sekalian aja mumpung di sana. Hehe. Akhirnya sambil berharap ada balasan, aku nyebrang jalan trus makan somay di situ. 10rb seporsi. Mayan enak. Hehehe

Mudah-mudahan selasa berjalan lancar.. Sampai ketemu, dr Femmy ;)

Selasa, 31 Oktober 2017

Manfaatin BPJS untuk konsul kehamilan

Konsul bahkan lahiran pake BPJS sebenernya udh jadi rencana cadangan kami. Dan karena berdasarkan cerita yg beredar di internet bahwa kalo mau lahiran BPJS sebaiknya gak mepet-mepet minta rujukan, maka kami putuskan utk ke klinik fakes 1 BPJS hr ni.

Mumgpung ga ada kelas, jam 8an aku order grab utk ke klinik Prof UFA, klinik fakes 1 tempat aku terdaftar. Rencana kami adalah ketemuan langsung aja sama suami di sana.

Alhamdulillah sampe UFA lancar tanpa macet sedikitpun, dg tarif Grabcar yg hanya 20rebu doank. Hehe

Langsung deh daftar. Di situ ternyata bagian adminnya harus masukin data ke komputer lagi krn semenjak pasca lebaran klinik tsb mulai pake sistem komputer utk menyimpan data pasien. Kalo dulu ditulis manual. Ya ga masalah lah. Ga makan waktu banyak juga.

Dari pendaftaran aku disuruh ke lantai 2. Ternyata poli kebidanan ini letaknya di samping poli dokter umum. Jadi, pas pertama mendarat di lantai tsb langsung mikir duh maaaakkk kursinya udh penuh semua.. Walopun di pendaftaran dapat no urut 1, tapi kan kalo musti nunggu sambil berdiri pegel juga. Hehe

Di depan poli umum aku ditensi dan ditimbang. Operatornya ibu-ibu. Habis itu trnyata aku langsung disuruh masuk ruang periksa kebidanannya. Dan ternyata ibu tsb adalah bidannya. Hehe

Di situ aku ditanya-tanya tentang progres kehamilannya. Beliau mencatat di komputer (ngetik itu mah yak, hehe). Beliau menyayangkan kenapa buku kontrol dr RS Tambak gak dibawa... Harusnya dibawa aja jd tinggal diinput infonya. Haduh ga kepikiran e.

Ibu bidan ini ramah sekali. Aku dijelasin bahwa akan diberi rujukan ke RS, karena kasus miom sulit utk melahirkan normal. Aku boleh pilih mau dirujuk ke mana; RS Harum, RS Karunia Kasih, RS Masmitra, atau RSIA Hermina Galaxy. Karena aku dulu konsul miom di Hermina Galaxy akhirnya aku minta dirujuk ke situ.

Di situ juga perutku diperiksa pake meteran gulung. Kayanya diukur ketinggian lengkung buncitnya. Selain itu dicek jg denyut jantung baby pake dopler. Alhamdulillah detak jantungnya baik katanya.

Aku sempet ditanya sudah naik brp kg dan dikasih tau kalo bagusnya setial bulan naik sekilo aja. Jangan kelebihan, tp jangan sampe turun. Aku bilang bahwa aku sempet naik 7kg tp trus turun 2kg krn demam dan batuk. Tp bliau ga komen gimana-gimana sih. Ga disuruh naikin ataupun nurunin berat badan. Cuma ngingetin utk banyak minum. Baiklah..

Sesudah itu, aku dikasih sepotong kertas kecil. Disuruh kasihin kertasnya ke mas-mas di meja tensi tadi. Ternyata cetak pengantarnya di situ. Tp stampelnya di bawah (bagian pendaftaran). Aku cuma nunggu sebentar, lalu pengantarnya selesai diprint.

Ya udah deh, aku balik ke pendaftaran. Itu surat distempel dan dikasih amplop. Sama mba bagian pendaftaran diingetin tuk dicopy yg banyak surat dan kartu bpjsnya utk kontrol ke RSnya, krn rujukannya bisa dipake utk 3 bulan ke depan. Sip lah..

Selesai lah rangkaian acara konsul plus minta rujukan di fakes 1 ini. Dan sampe kelar ini bapaknya si baby pada akhirnya ga muncul donk. Haha

Pas udah kelar barulah dia muncul bawa si avanza hitam. Jadi tugasnya hari itu tinggal nganter aku balik ke sekolah. Hehe

Sampai sini semuanya terasa mudah. Mudah2an mudah terus sampai seterusnya.. Rencananya Sabtu mau ke Hermina Galaxy. Entah nanti dapat dokter siapa. Kalo dulu aku sempat jd pasiennya dr Rahayu (konsul miom per 3 bulan), dr Zakia (pas keguguran pertama), dan dr Femy (pas sempet program hamil di situ, walopun akhirnya utk program aku hijrah ke dr Botefilia di RS Tambak). 3 dokter tersbut enak-enak semua. Baik dan ramah. Dokter Ayu yg asik klo ngobrol, dr Zakia yg dulu rela nunggu sampe malam pas kita habis dirujuk ke dr Yuditia di Hermina Bekasi, dan dr Femy yg cantik dan bersemangat. Tapi yaaa namanya pasien BPJS, gatau deh nanti boleh pilih dokter apa gak. Pasrah aja udah..

Sampai saat ini bapaknya baby masih mengusahakan ini bayi bisa alhir di RS Tambak. Mudah-mudahan ada rejekinya. Kalo gak yaa bersalin gratis pake BPJS ya gapapa lah. Yg penting aku dan baby slamet. Syukur-syukur bs buang miomnya sekalian. Aamiiiin..

Sehat-sehat yaa nak.. Gapapa ya kalo nanti harus lahiran pake BPJS. Hehe

Kuat karena si Baby

Alkisah, malam minggu pekan lalu, aku batuk dan demam. Bibit-bibit batuknya sih udah mulai terasa sejak beberapa ahri sebelumnya. Tapi dicuekin aja. Sampe pas Sabtu sore badanku demam, 39°C dan napasku pendek. Karena kebetulan lg di rumah ibu, maka demamku itu bikin ibu cemas. Dan setelah dibujuk-bujuk akhirnya aku mau dibawa ke RS Hermina Bekasi.

Kita langsung masuk ke UGD. Eh ternyata UGDnya lagi puenuhhh.. Aku yg ga dapat ranjang, akhirnya cuma diberi sebuah kursi sambil dialirkan selang oksigen ke hidungku. Karena badan lemas, maka ibu inisiatif cari kursi satu lagi shg aku bisa selonjoran. Tapi ya kan pegel ya posisi kaya gitu. Hehe

Selama menunggu sempat ada perawat wanita yg menyapa.
"Lagi hamil ya? Berapa minggu?"
Iya, 20w.
"Tapi gak berasa kenceng-kenceng kan?"
Gak kok.

Karena memang tadinya ga merasa kenceng-kenceng gitu. Tp begitu si mba suster berlalu tiba-tiba perut terasa kencengggg. Panik lah tu langsung. Tapi trus enakan lagi. Eh kenceng lagi. Gitu terus beberapa kali. Napas yg tadinya udh agak enakan setelah dikasih selang oksigen trus tiba-tiba jadi sesek lagi. Panick attack mungkin ya. Entahlah.

Setelah menunggu cukup lama, sampe mba dini yg ikut ke UGD sempet gantiin ibu nemenin aku di dalam, akhirnya aku dipanggil. Dapat ranjang tapi masih nunggu dokter. Oleh perawat yg sama, ni perawatnya cowok dan sigap banget, selang oksigenku dipindah ke ranjang itu.

Lalu datang lah dokternya. Cowok juga. Lembut dan ramah. Dokter menanyakan keluhanku. Mostly yg jawab ibu. Trus bilang juga kalo ini aku lagi hamil 20w.

Sama dokternya dicek dan disuruh kasih paracetamol aja. Trus dipanggilin bidan jaga. Oleh bidannya, dicek denyut jantung bayi pake doppler.

Nahh.. Pas dengar denyut jantung bayi ini lah aku merasa plong. Lega bahwa si baby baik-baik aja. Kayanya langsung 80% lebih baik kondisinya. Alhamdulillah..

Dari situ aku merasa bahwa bawa-bawa nyawa di perut tu bikin ekstra khawatir deh. Tapi begitu tau dianya baik-baik aja rasanya plong. Aku langsung minta ibu tanyain ke dokternya apakah aku udah boleh pulang apa belum. Si dokter ini lalu menemuiku lagi. Di situ aku bilang "mau tidur di rumah aja dok. Ga mau di sini", eh dia ketawa. Trus ya udh dibolehin pulang. Tadinya mau diresepin obat, tapi krn obatnya sama dgn yg disuruh dibeli sama dr Bote akhirnya ga jd diresepin.

Sama perawat cowok yg tadi dikasih kertas utk dibawa ke kasir.
"Punya BPJS gak? Dibawa gak kartunya? Kalo dibawa dipake aja" gitu katanya.
Yah sayang, itu kartu ditinggal di rumah. Jadi kena bayar deh. Tapi kata ibu ga sampe 200rb sih bayarnya. Gatau itu beneran begitu apa biar aku tenang aja deh. Hehe

But, you see? Knowing the baby is ok heals me.

Baby jg jd motivasi aku utk gak stres terhadap masalah apapun yg datang sejauh ini. Pokoknya aku mau si baby baik-baik aja. Aku ga mau si baby ikutan stres. Dan motivasi itu yg bikin aku cepet move on dr satu masalah. Alhamdulillah..

Sabtu, 28 Oktober 2017

Movie night: thor ragnarok

Ah sudah ah.. Capek kalo otak dikuras buat mikirin masalah yg itu. Dipikirin saat ini jg gak merubah kondisi.

Mending ngomongin hal yg menyenangkan :D

Abis nonton dooonk di bioskop :D mengingat keuangan sedang cekak maka bisa nonton di bioskop adalah suatu anugrah. Hehehe

Filmya Thor Ragnarok. Pas awal nonton ga ngerti sebenernya Ragnarok itu apa. Kelar nonton baru buka wikipedia. Hahaha

Cerita diawali dg si ganteng Thor terikat pada rantai di sebuah kurungan bersama dgn "seorang" rangka manusia. Lalu tiba-tiba mandibula si rangka terlepas, kurungan terbuka di sebelah bawah, Thor terjatuh. Tp karena masih terikat di rantai akhirnya badannya terjatuh sekian inchi dari dasar tanah yg membara. Di situ dia bertemu dgn Satuura atau apalah tadi namanya. Semacam monster api bertanduk dua di kepala. Kekocakan demi kekocakan mulai terjadi. Masa monster lagi ngomongin ancaman buat dia dan Asgard bisa-bisanya si Thor malah "wait wait" sibuk dg rantai penggantung yg berputar sendiri shg si monster harus nunggu posisinya berhadapan lagi satu sama lain. Tapi ntar rantainya muter lagi. Udah gitu bisa-bisanya si Thor bilang "oh itu mahkota, kupikir alis" yg merujuk pd tanduk di kepala si monster api. Bisa ngelawak juga ni si Thor. Kayanya pensiun dari Avengers bisa join srimulat dia. Wkwkwk

Awalnya kupikir Ragnarok adalah si monster api itu. Tapi saat Thor berhasil mengalahkannya dan membawa mahkota kepalanya si monster itu, jd mikir; masa baru mulai udh kalah aja Ragnaroknya?

Rupanya Ragnarok itu artinya kurang lebih adalah kehancuran. Si monster api ini, menurut ramalan terkenal, adalah sbg pembawa kehancuran bagi Asgard. Meluluhlantakkan dan membakar habis Asgard.

Tapi kok dia mati di awal? Dugaanku dia bakal muncul lagi di akhir. Eh bener. Hehe

Ceritanya ada-ada aja deh. Ada dokter Strange muncul. Dulu ga nonton sih pas film dr Strange muncul di bioskop-bioskop. Tapi gara-gara liat tokohnya di film Thor td jd pengen nonton deh. Hehe. Selain itu tokoh lainnya yg muncul adalah Hulk!

Ceritanya Odin bapaknya si Thor mati. Sebelum mati dia bilang bahwa Thor punya kakak perempuan, namanya Hela, si dewi kematian. Selama Odin hidup Hela tdk bisa muncul. Tapi ya krn Odin mati tiba-tiba saja Hela muncul di hadapan Thor dan Loki. Wanita yg make up matanya hitam banget ini mmg lebih banyak kerut wajahnya sih dibanding Thor dan Loki. Jd pantes lah disebut kakak. Hehe

Hela berambisi utk mengembalikan Asgard ke masa kejayaan sbg adidaya yg menguasai jagad raya. Ya kurang lebih gitu lah. Bukan seperti Asgard masa kini yg isinya kedamaian picisan. Nah si Loki yg pengecut ini minta dibukain jalan balik ke Asgard saat mereka "ngobrol" dg Hela. Dan saat Loki dan Thor disedot balik ke Asgard, Hela nebeng. Malah Loki dan Thor yg terlempar dari lintasan. Nah Thor ini terdampar di sebuah tempat namanya Sakaar. Pemimpinnya disebut the Grand Master; orang aneh dan culun yg punya rakyat sangat loyal serta teknologi yg keren. Dia juga mempunyai sejenis permainan gladiator. Thor terseret ke gladiator itu krn tertangkap oleh seorang wanita pemabuk yg menjualnya kepada the Grand Master. Nantinya si wanita ini ternyata adalah seorang Valkery, pasukan elit wanitanya Asgard di masa lampau.

Di gladiator, thor harus berhadapan dgn juara bertahan favoritnya si Grand Master. Dan di sini lah tebakanku bener lagi; sia juara bertahan adalah Hulk!! Jadi saat seluruh rakyat mengelu-elu kan Hulk, Thor malah teriak "yesss!!" soalnya merasa bahwa lawan gladiatornya adalah temennya sendiri di Avengers. Naas, ternyata Hulk tidak menganggapnya teman dan cenderung tidak mengakui eksistensi dr Brenan di dalam tubuh dia.

Jadi yes di film itu ada Hulk! Si makhluk Ijo yg nantinya saat mereka balik ke Asgard, Hulk jd tokoh serba guna yg mengalahkan serigala raksasanya Hela.

Hahhaha baru ngeh kalo tu film kompleks banget sampe capek sendiri nyeritainnya.

Tapi worth the money lah filmnya. Kece. Seru.

Btw, postingan ini spoiler banget, ya? Ah belum ada apa-apanya ini mah.. Wait until I tell you these:
# palu Thor hancur!! Dihancurin sama Hela. Rese banget di cewek emang.
# Thor potong rambut!! Terjadi saat sebelum Thor berhadapan dg Hulk di medan ala gladiator itu. Tp jd tambah ganteng euy. Hahaha
# Loki bantuin Thor ngalahin Hela! Yah ada sisi baik juga ternyata di diri orang rese satu itu. Hahaha

Asli filmnya bikin mood bagus. Lawaknya dapet. Actionnya keren. Dan yg belum nonton film Thor yg lain ga usah khawatir ga bisa ngikutin jalan cerita. Tetep bisa nikmatin kok.

Happy watching ;)

Masalah hidup (lagi)

When we get a problem, what we need is time. To rethink. To realize that the problem is actually small.

Hidup.. Ada aja ceritanya.. Masya Allah..
Kadang kita tulus menyayangi orang lain, tapi ternyata rasa sayang kita dibalas kebencian. Dan apakah pada akhirnya kita juga harus ikutan membenci?

Ini saya lagi ngomongin rasa sayang yg sifatnya universal ya. Bukan soal hubungan pria-wanita. Sayang sbg sesama manusia. Sayang sbg teman. Sebagai saudara.

Tapi ya sudah lah. Lagi-lagi saya harus belajar banyak hal kali ini. Bahwa masing-masing manusia dgn wataknya sendiri-sendiri. Tidak ada kewajiban kita utk menyukai mereka semuanya. Pun tidak ada kewajiban mereka utk menyukai kita. Bukan pula kewajiban kita utk membuat orang suka pada diri kita.

Watak.. Hal yg seringnya suka saya amati. Bukti manusia punya kehidupan masing-masing. Alat belajar utk tidak mudah menghakimi.

Tapi watak manusia-manusia yg hari ini bersinggungan dgn dunia saya rasanya adalah watak-watak yang selalu membuat saya berpikir; kok bisa?! Kok begitu?!

Dan saat masalah itu datang, rasanya seperti dihantam tembok keras. Hati teriris-iris. Merasa tidak berdaya bahkan utk membela diri sendiri.

Tapi kemudian dalam sujud kita padaNya, kita bisa meminta pertolongan dan kekuatan. Lalu waktu. Waktu lah yg pada akhirnya membawa perenungan bahwa hei ini bukan masalah yg berat. Hal ini terjadi karena ya simply harus terjadi saat ini. Bukan salahku bukan mauku. Hadapi saja. Nanti juga terlewati.

Dan sahabat. Mereka yg berdiri di sisi kita saat ini. Mengenal kita dan mendengar keluh kesah kita. Lalu menguatkan kita. Mereka lah orang-orang yg tidak boleh terlepas dari genggaman kita.

Selebihnya.. Saya rasa saya akan melakukan hal yg menurut saya benar. Tidak menarik lebih banyak orang ke pusaran masalah. Karena hal itu hanya akan memperunyam masalah. Kalopun ada pihak yg menarik garis batas lokalisir masalah, membuatnya semakin lebar dan keruh, biarkan saja. Bukan salahku, bukan mauku. Titik.

Ah, saya gak mau kadar hormon stres di darah jd naik. Ada si baby yg masih terhubung dg jaringan pembuluh darahku. Jangan sampe dia dapat aliran hormon stresnya. No no.. Kita harus happy ya nak.

Kita harus happy :)

Senin, 23 Oktober 2017

Talk to your tummy (?)

Saya masih merasa bahwa berbicara sama perut sendiri tu, somehow, aneh.

Iyaa ada baby-nya iya.. Yg diajak ngomong tu babynya.. Iyaa.. Tapi tetep aja rasanya ganjil. Hehe

Maka kalo ngajak si utun ngomong biasanya pas ga dilihat orang. Paling pol orang yg menyaksikan yaa bapaknya si utun aja.

Walaupun saya tau kalo ngajak ngomong bayi dalam perut adalah hal yg lumrah dilakukan oleh banyak ibu hamil di nehara manapun. Sampe baby virtual di app 280 days kesukaan saya pun pernah nasihatin "talk to your tummy!" karena saat itu saya berulang kali tapping gambar baby di app itu. Setiap di-tap si baby virtual akan "berbicara" sesuatu. Mulai dari "I will always be close to you, mommy" sampe sekedar "Blup blup" doank. Tapi sejauh ini kalo disuruh jujur saya sepertinya lebih sering ngobrol sama si virtual baby daripada si utun yg real. Maap ya nak.. Bukannya ku tak mencintaimu. Suerrr!

Sebenernya apa sih yg menurut saya aneh?

1. Rasanya kaya ngomong sama tembok. Atau sama pohon kaktus. Sama apapun deh. Karena omongannya satu arah. Si utun ga bs nyahutin (ya iya laaaaahhhh). Mungkin kalo si utun nanti udh bisa nendang-nendang, akan beda ceritanya. Karena tendangan bisa kita anggap sebagai cara dia berkomunikasi. Banyak yg bilang begitu, bukan?

2. Ga yakin kalo si utun ngerti. Bukannya bermaksud underestimate kemampuan bayi yaa.. Tapi ngajak ngomong balita aja kadang mikir "ni anak ngerti gak ya omongan gue?" nah apalagi bayi belum lahir kan??

3. Ga yakin kalo suara eyke lebih merdu dari suara krucuk-krucuk usus. Absurd ya cara berpikir kaya gini tu? Haha.. Tapi jujur kadang kalo pas ngomong sama si utun ada rasa khawatir bahwa si utun bakal merasa "ih gangguin aja ni emak. Lagi asik denger suara usus juga!"

4. Ada secuil harapan bahwa belajar untuk tidak cerewet pada anak dimulai sejak anak dalam perut. Another absurd thought, I know. Karena secara naluriah namanya emak-emak itu cerewet. Bahkan kucing aja katanya kalo udh jd emak-emak bakal cerewet. Ya ga semua kucing sih. Hehe

Yah itu lah 4 alasan yg terlintas di kepala saya. Kalo anda punya argumen sebaliknya, silakan kasih masukan ke saya ya. Hehe

Makasih loh 👍

Senin, 16 Oktober 2017

Inspeksi lagi..

Selasa yang indah.. Gak ada jadwal ngajar (hahaha), urusan nilai midterm udah kelar... Hari yg indah utk leyeh-leyeh di kantor. Hehehe

Tiba-tiba.. Pak Satpam datang.
Satpam: bu, ada tamu.
Saya: cari saya? Siapa?
Satpam: dari Cambridge bu

Jeng jeng jeeeenggggg...
Seriusan ini?? Mau inspeksi?? Ah, cuma mau main aja kaliii >.<

Then I met him. Om-om tinggi berkulit putih (yg alhamdulillah) berwajah ramah. Kami saling berjabat tangan.

Kemudian.. Inspeksi berjalan seperti yg sudah-sudah. Tapi ya gitu. Beda orang, beda detilnya. Standarnya sama, cuma soal cek detilnya yg agak berbeda satu sama lain. Tapi intinya kami dapat beberapa masukan. Sip lah, buat perbaikan. Hehe

Dan si utun.. Anteng sekali. Gak pas kerasa uget2nya. Klo berasa mah udah terbelah dua deh itu fokusnya. Hehe. Semenjak 18w4d mulai terasa ada gerakan di perut. Dan eyke sering amazed gitu deh. Wkwkwk

Kelar sang pakle inspeksi, baru lah dia uget2 kembali. Unyu banget sih kamuuuuu...

Tumbuhlah dg sehat, my baby.
Love love 😘😘

Kamis, 12 Oktober 2017

Confirmed

Selama ini aku hanya berasumsi mengenai penyebab menjauhnya seorang sahabat. Tiba2 dia menarik diri. Menghilang dari semua chat group yg ada aku-nya. Padahal aku org yg benci berpegang pada asumsi. Tapi rasanya utk mencari konfirmasi secara langsung saat itu bukan menjadi pilihan yg baik.

Ternyata konfirmasi itu datang dgn sendirinya. Melalui facebook messanger yg entah jam berapa masuk ke akunku, tp baru kubaca jam 4 pagi tadi.

Confirmed. Seperti yg aku asumsikan.

Ya sudah lah. Kita tdk terlahir utk disukai oleh semua orang. Juga bukan menjadi tugas kita utk membuat semua orang suka pada kita. Selain itu secara personal aku sudah bersiap dgn kehilangan. Seperti layaknya dalam kehidupan siapapun, people come and go. Sudah bagian dari sunnatullah. Sedih sesaat adalah hal yg wajar. Bagaimana kita menjadikannya sbg bahan pembelajaran utk menjadi lebih baik adalah keharusan.

Tidak mengapa jika niat baik dianggap suatu tindakan ketidakdewasaan. Mungkin memang karena benar aku belum cukup dewasa. Alhamdulillah keinginan utk bahagia sepanjang kehamilan ini membimbingku utk legowo menerimanya sbg masukan. Selebihnya aku memilih utk terus menikmati hidupku bersama sahabat-sahabat yg masih ada di sisiku :) Dan si junior yg sudah mulai terasa gerakannya di perut :') Dan tentu saja dgn Pak S yg saat kuceritakan kejadian tadi pagi merangkuhku dalam pelukan hangat yg selalu menjadi favoritku.

Ah hidup.. Betapa penuh dgn cerita...

Jumat, 13 Oktober 2017
Dalam perut lapar karena muntah setelah sarapan. Dan sukacita atas motor barunya si Bagus :)

Hampir 3 ons!

Alhamdulillah semalam kami berkesempatan ngintip dedek utun saat konsul dg dr Bote kemarin. Alkisah konsulnya tu harusnya hari Sabtu (7 oct) lalu, tapi karena dokternya berhalangan jadi lah dipindah ke hari Rabu (11 oct). Jadwal praktenya secara dejure sih pukul 17-19. Tapi semalam kami baru dapat giliran masuk pukul 21.30. Padahal udh di RS sejak maghrib dan sudah mendaftar sebulan sebelumnya dg nomor antrian 17. Ya begitulah nasib konsul sama dokter ngetop. Hehe

Ngantuk dan lelah kami selama antre di ruang tunggu dihibur dg perut-perut belendung pada ibu hamil sesama pasien samg dokter. Masya allah.. Such a happiness lho liat pemandangam begitu. Wishing that this pregnancy is going well n my tummy soon will be that buncit. Hihi

Dan saat akhirnya terlentang di meja periksa dengan alat USG nempel ke perut... Meilhat si utun yg semakin tumbuh besar adalah kebahagian yg lebih besar lagi. Masya allah.. Dia gerak-gerak! Ketika diukur panjang pahanya, malah terdeteksi sama mesin sbg janin usia 19w0d. Padahal harusnya 18w0d. Bapaknya si utun yg girang, berasa sukses nurunin gen tinggi badan. Secara maknya lendek. Haha.. Sementara beratnya sudah 285 gram alias hampir 3 ons! The baby is growing! Entah bagi bumil lainnya, but for me it is such an amazing feeling!! Masya allah.. Subhanallah.. Allahu akbar..

Agak sebel sama si miom yg ikutan membesar (udah 7cm lebih). Kamu jangan ganggu utun ya, miom!

Selain diukur panjang paha, diukur pula diameter kepala dan beberapa ukuran tubuh lain. Yg jelas kulihat sih diameter kepala. Alhamdulillah normal. Yg lain, krn 2D, jadi kurang jelas. Tapi insya allah semua baik yaa.. Aamiiiiin...

Rabbanaaa... Terimakasih atas anugrahmu... Tolong berkahi anak keturunan kami dg rahmat dan barokahmu.. Tolong mampukan kami menjadi orang tua yg baik bagi mereka.. Aamiiiin...

Ayoo semangat makan sehat!! Hihi kalo habis ngintip utun tu mmg rasanya lebih semangat buat makan sehat deh. Lebih termotivasi. Sehat sehat yaa nak sayang...

Btw, hari senin (9 oct) aku pusing seperti biasanya. Tapi tiba2 dapat feeling kalo itu akibat parfum yg aku pake langsung di kulit ketiak. Biasnya pake deo. Tp krn tiap senin berangkat dari rumah mama dan aku ga punya deo di sana maka pake parfum. Selasa (10 oct) aku mendadak panik pas ngeh kok kukuku warnanya jadi ungu. Udah kaya org sianosis yg kekurangan oksigen. Tp krn mukosa bibir tidam membiru aku tepiskan kemungkinan kekurangan O2. Aku jg merasa keleyengan. Aku wa dr Bote, beliau menyarankan supaya ascardia nya diminum. Cuma, krn parno takut beneran kekurangan O2, aku minta diantar si Bagus ke apotek beli oxycan dan air minum botolan yg DO nya tinggi. Oxycan aku pake 3x; siang 2x dan malam 1x. Keleyengannya berkurang menjelang malam. Kamis (hari ini, 12 oct) aku brgkt dr rumah mama lagi. Aku coba ga pake parfum (juga deo krn mmg tdk ada) jadi cuma dibedakin aja pake Marsk ketiaknya. Alhamdulillah ga pusing nih sampe sore.

Rencananya senin mendatang aku mau coba lagi gak pake parfum di ketiak. Kalo beneran ga pusing berarti selama ini sumber pusingnya adalah zat di dalam parfum yg masuk ke darah. Parfumnya tu jenis roll on botol kecil yg suka dijual di tukang fotokopi itu lho.. Dulu beli krn iseng nemu yg wanginya soft. Tapiiii kalo ternyata tetap pusing jg berarti memang faktor I-hate-monday lah penyebabnya. We'll see.. Dan mudah2an jika pun benar ada zat di dalam parfum masuk ke darah semoga tdk berdampak buruk terhadap utun. Aamiiiin..

Minggu, 08 Oktober 2017

4 bulanan

Alhamdulillah atas kemudahan dari Allah dan atas bantuan dari banyak pihak, hari ahad kemarin di rumah ibu-bapak, telah diselenggarapan acara syukuran atas kehamilanku yg memasuki bulan ke 5.

Gak syar'i? Memang. Tapi ngaji haram gak? Nasi box sama snack box haram gak? Rujak serut haram gak? Bagi2 suvenir haram gak? Ngajak tetangga makan haram gak? Kami yakin tidak.

But no need to explain it to everyone lah yah.. Mereka yg mengenal keluarga kami, terutama mengenal saya, insya allah paham kenapa saya membiarkan ada acara yg gak ada tuntunannya dari rosul tsb :)

Saya mah asal emak seneng aja. Hehe

Capek padahal. Semuanya capek. Ibu bapak capek. Kakak perempuanku yg didaulan bantuin masak capek. Mama mertua dan bu haji belakang rumah yg subuh2 udah ngupasin buah utk rujak serut capek. Suami yg ke sana ke mari cari buah buat rujak serut capek. Kakak ipar yg didaulat ngurusin snack capek. Tante2 tetangga juga kecipratan capek. Belum soal biaya yg dikeluarkan.. Tapi saya melihat semuanya senang. Yg punya hajat dan tamunya senang. Alhamdulillah nasi dan snack box 100 paket habis terdistribusi. Bakso sepanci besar ludes. Dan respon dari tamu juga baik. Semua senang. Saya pun senang.

Surprisenya adalah saat saya diminta membaca quran surat yusuf dan maryam adalah momen pertama kali saya merasa ada yg makslerr gitu di perut. Gerakan janin kah itu? Wallahualam. Newbie sih. Ga tau bedanya apa sama gerakan perut keroncongan. Hehehee

The next agenda is visiting dr Bote. Harusnya sabtu kmrn, tp jumatnya dpt SMS dr RS klo dokternya ga bisa praktek dan direschedule ke hari rabu. Wooaaahh mbayangin rabu nanti tumplek pasien sabtu dan rabu. Bakal pulang jam brp kiteee?? hiks..

Tetep semangat aja yuuukkk!!
;)

Jumat, 22 September 2017

Laper terus gelisah

6.30 pagi td udah sarapan bubur. Seporsi 7rebu, udah dijadiin 8rb (nambah sedikit).

8.30 udah laper lagi. Gelisah ga bisa fokus. Sebel denger abang ketoprak lewat. Sewot pengen teriak "ga usah ting ting ting bisa gak bang?!"

Soalnya suara ting ting ting nya bikin tambah laper.

Haha
Gini amat sih gue -____-'

Kamis, 21 September 2017

Si linea nigra

Linea artinya garis
Nigra artinya hitam

Si garia hitam ini biasanya muncul di kulit perut saat hamil.

Dan saya baru ngeh kalo si garis itu sudah mulai terbentuk di perut saya yg semakin maju.

Bikin senyum

Penantian 3.5 tahun ternyata bikin melihat linea nigra berasa melihat garis lengkung pelangi.

Hahaha

Lebay ya?

That's because I'm happy and feel so blessed!!

Semoga si utun diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah.. Aamiiin..

Ga sabar pengen ngerasain ada yg nendang2 dan ngulet2 di dalam perut :3

Trauma juga miliknya

Kemarin sore sehabis wudhu utk sholat ashr, saya ngaca. Kebetulan di kamar mandi rumah mertua ada kaca (cermin dink) besar. Dan.. Nah loh... Ada uban selembar! Selembar doank padahal. Tapi (sok) heboh teriak manggil suami

"Mas.. Mas.. Ke sini.."
Yang dipanggil lari tergopoh-gopoh.
"Ada uban masa.." kataku setengah manja.
Yang diaduin menghela napas.
Trus nyuruh keluar dari kamar mandi.

"Kamu tuh.. Aku masih trauma kalo kamu manggil-manggil dari kamar mandi, tau?! Ya Allah dek.."

Langsung kupeluk lelaki itu. Terdengar detak jantungnya yang masih cepat. Tanpa perlu dia jelaskan apa maksudnya, rasa bersalah tiba-tiba mencekik kerongkongan..

"Maaf ya mas.. Gak kok gapapa. Dedek bayinya masih di perut. Insya Allah aman. Maaf ya uban selembar aja heboh.."
"Iya, tapi jangan gitu lagi ya.."

Iya, sayanya sering parno sendiri tiap lihat tissu/celana dalam sehabis pipis/pup. Khawatir ada bercak darah seperti yamg dulu itu. Sayanya sering parno sendiri kalo seharian kok gak mual atau payudara ga berasa kencang/nyeri. Serasa trauma milik sendiri. Saya gak sadar kalo dia juga bisa trauma..

Pada keguguran pertama ada drama teriak histeris dr kamar mandi utk memanggil suami. Suami datang langsung nangis sambil teriak "mas aku takut.." Keguguran kedua pun sama; dimulai dr panggilan histeris dr kamar mandi, hanya saya agak lebih kalem aja jadi ga nangis sambil teriak-teriak..

Nah ini, cuma uban aja histeris.

Maaf ya mas..

Semoga Allah lancarkan dan selamatkan semuanya... Aamiiiin..

Senin, 11 September 2017

Second trimester

Alhamdulillah.. Walopun ga ngeh juga yg namanya khatam trimester pertama di di minggu ke 12 atau 13 atau malah 14, sejauh ini patut disyukuri karena kehamilan ini sudah mencapai 13 minggu. Insya allah dalam 2 hari malah genap 14 minggu, kalo dihitung berdasarkan HPHT.

Alhamdulillah bersyukur sekali. Amazing sekali. Apalagi tiap momen USG. Rasanya sejak bangun tidur sudah berdebar-debar, gak sabar untuk mengintip si baby yg sedang tumbuh di dalam tubuh ini. Masya allah..

Terakhir kami kontrol adalah Sabtu (9 sept) lalu. Pagi-pagi jam 7 masih gegoleran di kasur. Jadwal kontrol harusnya jam 10. Tapi tiba2 ada SMS dr RS mengabarkan bahwa jadwal praktek dokternya dimajukan menjadi jam 8. Ga pake babibu langsung meluncur ke kamar mandi deh tuh. Dan akhirnya dengan dandan kilat kita berdua udah siap berangkat. Untunglah hari itu adalah hari Sabtu dan masih pagi jd lalulintas jakarta tdk sepadat biasanya. Sekitar 8.30 kami sampai di RS. Langsung daftar ulang lalu naik ke lantai 2... Yang ternyata masih kosong. Kami pasien yg pertama tiba. Hahaha

Oleh perawat yg mengukur tek darah (masa cuma 85/60 hiks) aku dikabari bahwa walopun nomor 6 tapi aku bisa dipanggil duluan nanti. Pada prakteknya aku dipanggil urutan ketiga. Ternyata karena map rekam medisku belom sampe2 juga ke lantai 2. Ya sudah lah, ga terlalu lama kok hitungannya.

Lalu... Begitu sampai di dalam ruang periksa, tiba-tiba aku lupa mau nanyain apa aja. Aku dag dig dug saking excitednya utk ngintip si baby lewat layar USG. Yg rencananya mau ngantongin HP supaya pas diUSG bisa ngerekam pun pada akhirnya malah nyimpen HP di tas. Pas udah tiduran di meja periksa baru ribut minjem HP suami. Maafkan kami ya dok n sus. Hehe

Si dedek alhamdulillah kata dokter normal semuanya. Pertama-tama yg kami lihat adalah penampakan punggungnya. Pas dicari anglenya baru dapat bayangan tangan dan kakinya. Aku perhatikan dia ga banyak tingkah sih emang. Ga endut2an kaya pas USG bulan lalu. Kalem banget kaya lagi bobo. Dari rekaman di HP suami sekilas terlihat sepertinya dia lagi ngenyot jarinya. Hehe

Ukurannya sudah menjadi 7.66 cm, lebih dari 2x ukuran bulan lalu. Itupun yg terukur CRLnya saja krn kakinya lagi ditekuk. Ya Allah ijinkan anak kami tumbuh sehat Ya Allah..

Bad newsnya adalah si miom skrg sudah mencapai sekitar 6.5cm ukurannya. Ga mau kalah dia sama si baby. Tapi untungnya kata dokter posisi plasenta baby jauh dari si miom. Plasentanya di atas. Bagus ya padahal posisinya buat lahiran normal. Mudahkan ya Allah...

Sampai akhir sesi konsultasi aku hanya ingat utk menanyakan ttg tablet kalsium yg bikin eneg. Sama dokternya malah disuruh stop aja gapapa asalkan ga lupa minum susu. Duh aku suka susu sih tp sering malas. Hehe

Ayo bu ga boleh males bu!! :D

Btw, kalo orang bilang memasuki trimester kedua adalah saat2 yg mulai menjadi nyaman krn mualnya sudah berkurang, entah kenapa aku malah merasa intensitas mualku bertambah. Yg biasanya hampir gak pernah morning sick ini udah bbrp hari berturut2 morning sick. Habis makan sering muntah, tapi ga selalu. Mudah2an bukan pertanda yg tidak baik yaa.. Amiiiin

Aku selalu memotivasi diri utk menikmati semua proses yg dilalui. Muntah ya muntah. Kalo pengin ya makan lagi. Kalo gak ya bobo aja, nanti lagi makannya.. Hehe

Insya allah semuanya baik-baik saja.. Sehat sehat sehat ;)

Jadal kontrol berikutnya adalah tgl 7 Okt. Sabtu lagi. Mudah2an semuanya lancar dan sehat. Aamiiiiin

Senin, 04 September 2017

Jealous? On me? Pfffttt...

Lagi ga punya jadwal ngajar. Otak dipake ngoreksi ulangan anak-anak kok rasanya langsung ngantuk aja. Haha..

Akhirnya waktunya habis dipake baca-baca artikel dari sana-sini.. Tentang antivax yg menolak memvaksin anjingnya krn takut si anjing jadi autis (-___-), artikel tentang keluarga, dan tentang jealousy. Pikiranku jd melayang pada memori aneh bin ajaib yang beberapa kali terjadi.

No. Ini gak lagi sok kecakepan. Justru bingung kenapa kok bisa terjadi.

Ini memori tentang beberapa laporan bahwa pacarnya si anu atau malah istrinya si itu jealous.. Sama aku. Pffftt..

Hahahaa

Orang gendut, item, jarang bedakan, pelupa, ngambekan, rada dodol, dan tukang tidur gini kok dicemburuin?

======

Suatu sore seorang teman sms saya minta ketemu. Jaman itu HP masih monokrom. SMS ngabisin pulsa. Maka cara gampangnya adalah janjian lalu ketemuan kemudian bicara secara langsung.

Hari itu sudah menjelang maghrib, tp karena tempat tinggalku dulu ga jauh dr lokasi ketemuan maka saya sanggupi. Habis katanya penting. Dengan segala tanda tanya saya meluncur ke lokasi.

Yang meminta ketemu ini adalah kawan yg ga bisa dibilang dekat. Sms kalo ada perlunya aja. Jalan bareng cuma waktu ada perlunya aja. Nothing else.

"Pacarku cemburu sama kamu" begitu kata si kawan saat kami bertemu petang itu.

Saya melongo. Merasa salah dengar.

Let me tell you. Pacarnya ni orang tu cantik. Pinter pula. Duh mak.. Ga level amat sih jeles sama orang absurd kaya diriku ini. Aku hanyalah remahan peyek di pojok-pokok toples..

"Aku juga gatau kenapa. Kayanya karena aku sms titip absen waktu itu" katanya lagi.

Kejadian titip absen itu udah lamaaaa banget. Jd ceritanya tu cowok sakit dan karena kita sekelas ya dia sms aku buat mintain ijin ke dosen. Bukan aku yg minta disms jd aku merasa ga bersalah. Toh seingatku aku cuma bales "ok. Gws ya!" tanpa ada kata sayang atau semacamnya.

"Pokoknya kamu cukup tau aja, Na. Kalo besok ketemu dia dan sikapnya dingin aku harap kamu biasa aja karena udah paham masalahnya" katanya.

Sebenernya aku belum paham lho. Kenapa gitu cemburu? Kalo eyke pernah bawain makan siang atau pernah foto berdua sama tu cowok ya boleh lah. But I did not. Ah ya sudah lah.. Mungkin ada salah paham aja. Mungkin salah orang. Sebodo.

Esoknya sikap si pacar temen itu memang aneh. Aku bodo amat. Bukan teman dekat juga. Tapi setelah kami semua jauh terpisah antar kota antar provinsi, dan mereka masing2 menikah dg orang lain, aku dan si cewek itu baik-baik saja. Seperti tidak ada masalah di masa lalu. Bagus lah :)

======

Aku punya banyak teman dekat saat itu. Kami punya garapan kerja yang sama. Ada beberapa orang perempuan dan laki-laki dalam tim itu. Aku suka kekompakan dan keakraban kami. Masalah main jodoh-jodohan mah lazim lah terjadi di usia saat itu, di kantor manapun. Begitu pula tebeng-tebengan. Biasa aja.

Lalu seorang teman lelaki menikah. Kami semua ikut bersuka cita. Ya sewajarnya ada teman baik bahagia kan kita juga ikut bahagia.

Sampai suatu saat, seorang teman perempuan menggunakan bahasa yg hati-hati sekali menanyakan sesuatu melalui whatsapp.

"Istrinya Pak X minta no HPmu" katanya
Oh ya kasih aja, kataku.
"Beneran gapapa?"
Loh? Kenapa memangnya? Tanyaku heran.
"Aku rasa dia cemburu sama kamu"

Melongo lah saya.

Istrinya si X itu cantik, putih, pandai memasak, dan imut-imut. Jauh lah saya mah..

Dengan hati berdebar-debar takut dilabrak istri orang, yang padahal aku mah ga ngerasa bikin salah.. Kunantikan telpon atau pesan dari si istri itu. Menyiapkan jawaban seandainya beneran dilabrak. Hahaha konyol.

Nyatanya tak ada telp atau pesan dr si istri tsb. Bagus lah. Mungkin dia keburu tersadar bahwa cemburu sama orang kaya aku gini adalah hal yang sia-sia.

=========

Di masa lalu, aku pernah dekat dgn seorang teman lelaki. Dekat aja tanpa status. Tapi bisa dibilang sangat dekat. Bisa dibilang I knew almost anything about him.

Trus dia nikah. Seperti biasa, aku ikutan bersukacita. Sempat kenalan juga dg si istri. Tapi sebatas kenal aja. Sampai suatu ketika komennya di salah satu medsos agak aneh dan spt org sedang tersinggung.

Sempet ga enak dan kepikiran itu cewek kenapa ya? Tapi trus emang dasar otak tumpul, habis itu mah cuek aja soalnya ga ngerasa bikin salah juga.

Lalu suatu ketika aku ngobrol sama sahabat perempuan yg kenal juga sama si cowok itu.

"Istrinya jealous sama kamu. Katanya gitu" ceritanya.

Melongo lagi deh.

What did I do wrong? Aku cukup tau diri lah. Namanya pria berustri ga bakalan aku gangguin apalagi sampe kurebut. Aih. Naudzubillah.. Serius. Semenjak mereka dekat aku gak hub kecuali ada perlu. Biasanya si cowok yg hub duluan kalo ada curhatan atau tanya minta pertimbangan. Aku sendiri, terakhir aku curhat sama dia rasanya sudah berabad lalu. Hehe

Untuk yg satu ini sampai sekarang entah bagaimana kelanjutan ceritanya. Sikapnya masih dingin. Dan aku masih cuek.

=========

To all women out there, please level up your jealousy! Jeles sama yg cakepan dikit lah. Sia-sia amat jeles sama aku. Hehe :p

Rabu, 23 Agustus 2017

Heart burn (uk 11w)

Jam 3 malam terbangun karena dada sakit. Sesak dan panas. Aku coba diam tenang sambil atur napas. Napas lancar. Alhamdulillah bukan sesak napas. Hitung denyut nadi. 93 beat per minute. Alhamdulillah normal.

Heart burn ini mah. Kesimpulanku begitu. Hehe

Bangunin suami kasian lg nyenyak bobo. Akhirnya menggapai botol minum yg udh ditaro suami di dekat kasur. Minum sekitar 200ml. Rebahan lagi. Mata ga mau dimeremin krn dada ga nyaman. Jeda setengah jam, minum lagi sedikit. Sekitar 15 menit kemudian muntah. Itu air keluar semua dalam 3 tahapan muntah. Waduh. Bingung mau panik apa gak. Hehe

Akhirnya wudhu sekalian. Shalat malam. Suami terbangun pas ngeh istrinya lg sholat.

Kelar sholat merengek ke suami minta dibeliin mylanta cair. Ada apotek 24 jam dekat kos kok. Jd ga terlalu nyiksa si pak suami banget. Hehe

Udah deh tuh. Minum mylanta sesendok tp ga penuh. Menunggu efeknya muncul. Eh ga mempan ternyata pemirsa. Akhirnya subuh menjelang. Siap-siap ke kantor. Sarapan pake bihun goreng sisa semalam. Lalu berangkatttt

Setengah jam setelah sampe kantor hoek lagi. Bihunnya keluar. Akhirnya biar perut ga kosong aku nyuilin donat bikinan mama mertua. Doant yg biasanya enak itu pun tak menggugah selera.. Huhuhu..

Kelar ngajar satu kelas, aku ke asrama putri. Numpang rebahan. Lapar tp malas makan. Dada masih terbakar. Mau nangis tapi males. Yah..

Trus mikir.. Enaknya makan apa yaa.. Buka app grab lihat menu grab food. Pilihan akhirnya jatuh pada sop pak min klaten. Klik pesan sop ayam tepong nasi pisah. 17rb katanya. Sip. Gapapa lebih mahal daripada bikin sop sendiri. Siapa tau enakan perutnya.

Akhirnyaa si abang grab datang bawa sop hangatttt.. Duh enak banget.. Enak di mulut enak di perut. Setelah habis seporsi kurasa-rasa dada udah agak enakan alhamdulillah...

Terimakasihku utk pak grab dan pak min klaten. Hehehe

Semoga heart burnya ga balik lagi. Hush hushhh.. Pergi sanaaa

Kamis, 10 Agustus 2017

No!

"Miss habis ini mengajar XI-2 ya?"

Iya

"Saya titip salam buat Binsar ya"

Eh? Kenapa Binsar?

"Soalnya dia ganteng, Miss. Pinter main gitar lagi"

*jitak

Dalam kondisi normal akan saya cie-cie-in ini anak. Masalahnya yg titip salam ya sama-sama cowok. Hadeuh.. Istighfar kamu, nak!

Ngerti sih kalo cuma becandaan. Tapi yaa ngeri juga x_x

Saya tidak pro LGBT.

Rabu, 09 Agustus 2017

Uget-uget! (UK 9w)

Sejujurnya rasanya ga senervous sebelumnya. Excited aja to the max. Tapi ga nervous. Pokoknya ga bikin waktu penantian 2 minggu terasa 2 abad lah. Hehe

Datang ke RS dgn perjalanan super lancar utk hitungan Jakarta. Alhamdulillah. Sampe sana daftar ulang lalu timbang tensi.

Perawat: ini kontrol bulanan?

Aku: 2 mingguan sih disuruhnya sus

P: oo.  Sudah besar y? Brp bulan?

A: rrr... Masih 9w kok.. Cuma dokternya...

P: oh ya ya sy ingat disuruh balik 2 minggu lg y?

Aku jd merasa gendut. Ya udah lah khilaf aja itu perawatnya. Beratku ga naik dari posisi 2 minggu lalu kok. 76kg. Hehe..

Skip aja soal kisah mengantri-nya ya. Nanti aku melow. Soalnya.. Ahh kapan2 aja bahasnya. Hehe

Tiba giliran dipanggil. Rasanya ingin bersorak. Yeay!!

Sapa-sapa sebentar dgn dokternya. Lalu USG. Udah bersiap ngangkat rok krn biasanya transvaginal. Sampe bilang ke perawatnya bahwa tadi udah lepas CD di kamar mandi. Eh ternyata USG kita kali ini cukul lewat perut aja buibu. Ah jd mau malu :p

Ga pake lama, setelah si alat nyentuh perutku.. Nampaklah di layar monitor the baby bala bala! Masya Allah.. Dia sudah terlihat seperti bayi! Terlihat mana kepalanya.. Tangan kaki.. Perut.. Dan bokong. Hehe

Pas di USG sempet meleng dikit trus dr Bote bilang "eh tuh tuh lihat tuh bayinya gerak-gerak. Tu yang kedip-kedip ini jantungnya." langsung fokus lg ke layar.

Uuuu iyaaaaa... Dia uget-uget! Kaya joget-joget! Ya ampun selucu ini ya.. Seamazing ini.. Masya allah... Aku sempat melirik pak suami berdiri menatap layar monitor sambil tangannya mendekap mulutnya tanda ketakjuban.  Sayanggggg banget ga divideoin td tu semuanya. Hehe

dr Bote seperti sengaja membiarkan kami menikmati momen melihat si baby uget-uget agak lamaan. lalu mengukur detak jantungnya dan bilang normal. Aku ga dikasih tau berapa angkanya. Ya udah biarin aja yg penting normal. Panjangnya 2.69 cm. Alhamdulillah dia bertumbuh! 2 minggu lalu kan hanya 0.96cm. Tapi dokter sempat bilang begini,


"Ini klihatannya aman plasentanya ga nempel ke miom. Tp miom kamu ni posisinya di dekat mulut rahim. Nantinya sepertinya akan susah lahir normal.."


Gapapa dok. Saya mah pasrah yang penting sehat semuanya. Mudah-mudahan ada rejekinya nanti seandainya harus masuk plan B alias caesar. Aamiiiin..

Lalu dilanjutkan dgn sesi curhat.. Hehe

Mualnya random dok, tapi masih terhitung nyaman. Batpil sampe telinga sakit dok. Kalo kecapean detak jantung sampe 110 bpm dok. Dll dlb dst. Ditanggapi dgn serius tp santai oleh dokternya. Diresepin folamil lagi tp kubilang masih ada sebotol extra kok dok krn kmrn sempet beli lg. Trus kalsium dan utrogestan masih lanjut. Tambah vitamin C sama salep utk gatel di selangkangan aja. Batuknya disuruh ditreatment pake Silex aja. Bagusnya malah kali bs ga pake obat, misal pake lemon atau kencur atau apa lah. Sementara utk kontrol boleh sebulan lagi saja. Cihuy! Ga perlu per 2 minggu lagi. Progres yg baik menurutku. Alhamdulillah.. Langsung deh kita ke pendaftaran bikin appointment utk tgl 9 bulan 9. See you again baby.. Sebenernya pengennya sering2 ngintipin dirinya yg lg bertumbuh di dalam rahim ini. To make sure that she/he is growing just fine. Tapi ya kasian jg diintipin keseringan. Ntar dia risih privasinya diganggu lagi. Hahaha aneh ya alasanku. Hehe

Dear our little baby bala bala, masih di perut aja kamu udah bikin happy lho nak. Sehat terus ya sayang. Semoga Allah mudahkan nasibmu nanti. Allah golongkan kamu ke dalam golongan manusia yg sholeh/ah lagi sehat, cerdas, dan beruntung..

We love you, baby <3


Senin, 07 Agustus 2017

Ada bumil kelaperan

Cerita hari ini

Tenggorokan semakin meradang. Telinga alhamdulillah udah agak enakan. Pilek alhamdulillah udah agak berkurang. Batuk alhamdulillah masih nyisa. Hehe

Lemas, lebih tepatnya sih males, lah jadinya ini bumil. Maunya bobo terus. Untungnya semalam dapat surat legitimasi buat bobo seharian dari dokter. Ga usah ngantor dulu kita. Cihuy!

Semalam, diantar ibuk sama bapak, akhirnya silaturrahim ke dokter di RS Haji. Tak kuat oh tak kuat lagi setelah empat hari menahan rasa yang ada. Lebay yak? Hehe. Sama dokter Jamal dikasih obat kumur (yg ternyata isinya analgesik dan bikin lidah agak mati rasa sebentar), obat tetes telinga, dan obat pereda nyeri yang katanya sih semuanya aman utk bumil. Dan tentu saja dapat surat legitimasi bobo seharian. Alias surat ijin sakit.

Pulang dr RS dianter ke kos dgn janji bahwa besok paginya (berarti pagi ini) bapak akan nganter sarapan bubur ke kos. Yang ternyata ga jadi. Hiks..

Bumil kelaparan. Biasanya jam stgh 6 udah sarapan. Paling lambat jam 8. Ini udh hampir jam 10 belum makan. Sedih. Merana. Super lebay lah. Haha

Ya udah gapapa. Ada roti dari bosnya ibuk. Pas lagi ngunyah roti, masuk wasap dari pak suami. Nanyain udah makan apa belum. Belum. Mau dibawain gak? Mau.
Asiiiikk

Padahal tadinya udh lg buka gojek app buat order sarapan via gofood. Ya kan lagi lemas eh males ceritanya. Hehe

Jam 10 datanglah go-sigit. Membawa bubur ayam utk sarapan. Soto mie utk makan siang. Dan soto betawi yg udah keburu dia beli di jalan gapake nanya dulu sama istrinya dan padahal istrinya lg ga pengen makan santen. Akhirnya tu soto dia bawa balik.

Sekarang bumil sudah kenyang setelah menghabiskan 3/4 porsi bubur. Dan gembira karena sudah ada menu utk makan siang shg nanti ga usah jalan keluar ataupun pesen via delivery. Alhamdulillah...

Bumil senang :)
Dedek yg sehat ya.. Besok kita kontrol ke dr Bote lagi insya Allah. Can't wait!

Minggu, 06 Agustus 2017

This pengnancy (cont)

...
Lucunya suami tu kan udh denger sendiri detak jantungnya, dia lihat sendiri pas aku diUSG, dia ada di situ selama proses USG berlangsung.. Lah pas balik dari posisi USG ke meja dokternya dese masih tanya; jadi status kehamilan istri sy gmn dok? Hihi.. Rupanya ada yg masih belum percaya eyke beneran hamil yak.. Harus banget denger statemen dr dokternya. Gemes deh pengen cubit2 :D

Dokternya diam sepersekian detik dgn ekspresi "lah emang td ga liat?!" tapi kemudian dgn kalem bilang "iya pak, istrinya beneran hamil. 7 minggu ya pak. Td alhamdulillah kita bs lihat pas USG dan dengar detak jantungnya". Baru lah itu muka suami eyke agak kendor. Nampak hepi. Hahahha.. Istrinya udh nyampe bulan duluan saking senengnya.. :D

Mual random
Sebelum si mual-mual datang, sempet penasaran; kaya apa sih rasanya mual saat hamil? Harap maklum buibu, 2x kehamilan sebelumnya eror, jd ga ngerasain apa2 tau2 babynya berguguran di medan juang.
Aku tuh jaman masih kecil dulu (sampe pas udah kuliah sih sbnrnya) sangat pemabok. Naik angkot mabok. Naik mobil sekece apapun mabok. Baru ilang kebiasaan maboknya pas menjelang lulus kuliah. Apalagi menatap tantangan di depan saat itu bahwa ada kemungkinan kerja di Jkt yg ga pernah ga macet, jd semacam sugesti sendiri utk berenti mabok. Terakhir mabok kendaraan pas di kapal nyebrang dr pulau pramuka ke marina. Itu mabok parah. Kapalnya terguncang2 ombak besar soalnya. Cuaca lg kurang baik. Tapi apa iya maboknya orang hamil spt itu?
Iseng tanya ke temen2 yg kebetulan lg hamil. Dapet jawaban? Ga sih. Sepertinya masing2 bumil mengalami hal yg berbeda dan tidak ada definisi dari mereka yg bs kusimpulkan.
Sampe akhirnya menjelang minggu ke delapan. Malam2 tiba2 pengen muntah. Langsung nyomot makanan sedikit krn kupikir itu mah cuma karena perut lg kosong. Eh ternyata berlanjut. Mualnya ga pagi hari, jadi ini bukan morning sickness. I feel so lucky krn masuk kantor 6.30 bu. Kalo pake acara morning sickness telat mulu ntar yg ada..
Biasanya mualnya random sih. Kadang siang hari di sela-sela jam ngajar (belum pernah mual pas ngajar), atau pulang ngajar, mau tidur, ya sekitaran waktu siang-malam lah. Dan ternyata ga cuma karena perut kosong doank. Menelan sesuatu yg teksturnya nanggung antara lembut sama keras juga mual. Akhirnya jd ga doyan daging dan ikan. Weird. Biasanya karnivor banget soalnya. Lah sekarang.. Bahkan makan somay pun nahan eneg!

Gampang capek
Ngeledekin diri sendiri: dulu manjat merapi kuat (ya walopun ga sekuat temen2 lainnya juga sih) sekarang naik tangga ke lantai 2 aja ngos2an. Jalanan nanjak ngos2an. Jantung langsung jd cepet banget denyutnya. Napas tersengal-sengal.
Jd walopun skrg tinggal ga seberapa jauh dr sekolah, tp kalo pas berangkat ketemu tebengan tu terasa berkah sekali. Apalagi kalo pas pulang ngajar. Medan menuju kosan tu berupa tanjakan. Masih sering sih maksain jalan sampe kos soalnya males nungguin angkot. Tp klo ada angkot atau ada tebengan, duhhh rasanya berkah bangetttt... Hehehe

Suami yg lebay dan ibu yang... Yah susah cari padanan katanya
Semua orang menjadi sangat protektif. Suami jd lebay. Ini gak boleh, itu ga boleh. Kalo ga krn ngambek ngeluh jalan kaki k skolah itu sering kesenggol spion motor/mobil, dirinya tdk mau mengantar daku dgn motor yg padahal punya gue #sigh.. Pas sakit misal kaya batuk panas dalem ga boleh minum obat. Kudu dicurhatin dulu bahwa tiap batuk perutnya keteken baru dese mau jalan beliin obat. Minum kencur bikinan ibu dibilang "bukannya ga boleh? Bukannya itu ngebersihin rahim?" sewot aku "itu kunyit! Yg kuminum habis keguguran kmrn tu kunyit!!". Panas dalem udh bikin lemes minta larutan penyegar pun ga dikasih. Akhirnya dibeliin ibu sih. Dan bener donk habis minum itu sekaleng jauh lebih enak tenggorokan. Tau sih tau dia cuma sdg super protektif terhadap istrinya. Tp kadang kesel sendiri krn alasannya ga jelas. Bukannya sok pinter atau gimana, rasanya sia2 aja sekolah bertahun2 kalo aku bisa nerima suatu argumen tanpa alasan yg valid. Bener deh bukannya mau sok. Toh itu larutan penyegar cuma sekaleng dan diminum saat perlu bukan diminum tiap saat. Toh obat batuk jg ga langsung ditenggak sebotol. Kadang masih kebawa sebel jg soal argumen orang hamil ga boleh makan semangka yg dia sampaikan saat aku keguguran pertama kali. Sebel deh.
Sebelnya ditahan tapi. Ntar anaknya mirip banget bapaknya lagi emaknya ga kebagian jatah. Wkwkwkwk.. Yatapi daripada mirip tetangga kan ye.. Hehehe
Sebelnya ditahan demi melihat dia capek bolak balik rumah-kosan demi aku dan si utun. Bersedia ngurusin kosan shg aku blas ga ngerjain cucian piring dan nyapu.
Ibu beda lagi. Sama tapi tak serupa. Lah beda apa sama jadinya? Wkwkwk
Aku menjadi mommy's baby lagi. Pas bedrest dan weekend aku di rumah ibu. Di kasur seharian dgn makanan dan minuman yg diantar ke kamar. Mandi dimasakin air anget. Diturutin yg aku pingin. Paham bahwa anaknya ga bs dilarang kecuali ada alasan yg valid. Dan aku merasa beruntung mendapat kepercayaan tsb.
Di rumah ibu tu dimasakin makanan bergizi terus. Sayur ati daging ikan. Awalnya sih dapat ditelan dgn sukarela. Belakangan ini semenjak si mual datang jd agak susah.
Yg bikin aku ga terlihat spt baby cuma karena aku ga disuapin aja. Hehe.. Ibu sabar banget. Mudah2an anaknya yg manja ini ga pernah lupa utk minta surga buat ibu di akhirat nanti..

Are you a veggie baby?
Udah ditulis sih sebelumnya di atas. Cuma pengen nulis lg aja. Hehe
Aku mual makan daging sapi maupun ayam dan ikan. Ini aneh. Oke lah aku br doyan ikan semenjak kuliah. Tp semenjak itu statusku termasuk yg bisa makan ikan hampir semua jenis (tergantung cara ngolahnya juga, tp yg paling ogah tu patin). Skrg aku ga bs nelen mereka. Padahal aku tau ni gizinya baik. Udah dicoba makan salmon, akhirnya disingkir2in krn aneh banget rasanya.

Ngidam
Ga merasa pernah ngidam sih. Tp suka tiba2 kepingin sesuatu. Eh itu ngidam bukan sih? Hehe
Pernah lg di kos malam2 tb2 kebayang risol. Bilang ke suami. Dia ngotot mau keluar nyari risol padahal itu udh jam 10 malam. Udh kubilang ga usah tp dia bilang dia mau beliin risol. Haha
Seringnya sih kepingin yg gurih2. Kepingin ind*mie!! Sampe kebawa mimpi duduk di antara orang2 yg makan ind*mie ! Horor banget. Hahaha
Sbenarnya boleh aja sih asal jgn sering2 (dan ga keathuan suami hehe). Aku pernah sekali. Hehehe
Sementara rujak? No thanks. Ibu sampe heran; biasanya orng hamil muda tu nyariin rujak kok kamu ditawarin malah ga mau? Cowok tu kayanya bayinya!
Hahaha udah divonis babynya cowok aja oleh si calon neneknya :'D
Dan skrg, gatau ini ngidam atau bukan, kepengen banget asinan. Tapi takut krn itu kan pd mentah yak bahan penyusunnya. Hiks

Sekian saja lah dulu cerita ttg kehamilan ini. Doakan semoga semuanya berjalan lancar full term sehat tanpa kekurangan satu apapun. Aamiiiin..

Sabtu, 29 Juli 2017

This pregnancy

Belum sempet ngepost kisah kehamilan ini. Terlalu senang sekaligus masih trauma. Hehe.. Hope everyting goes well..

Liburan ke Jogja & Klaten
Berhubung punya suami yg bertipe penuh pertimbangan (yg ujung2nya sering ragu bertindak) maka ketika dirinya bilang "liburan kita ke jogja yuk" maka sbg istri yg cekatan aku segera cek tiket online. Deal waktu keberangkatan dan sesuain budget harga tiket kereta (maklum musim mudik lebaran dan liburan), dan segera order tiket. Bayar. Dan, yap tiket di tangan. Kalo ga gitu dese bisa ragu trus ujung2nya ga jadi. Males kan. Lain cerita kalo tiket udh ditangan. Hehe.. Kisah pembelian tiket ini sempat diwarnai kekesalan krn setengah jam setelah itu tiket dibayar ada edaran kalo sekolah d Jakarta masuk tgl 10 Juli, bukan 17 Juli spt perkiraan awal. D*mn lah. Akhirnya bbrp hari kemudian kita cari tiket lg utk bs balik tgl 9 Juli, yg mana tiket tsb harganya 2 kali lipat. Hiks.

Tapi ya sudahlah.. Jreng jreng jreng.. Akhirnya tgl 5-9 Juli kita orang melancong ke Jogja dan Klaten! Resminya sih sampe Jogja tgl 6nya. Kita langsung ke Klaten ke rumah mba Ning kakak sepupuku. Kita bermalam di sana 4 malam alias sepanjang trip kita itu. Selain nginep, kita juga dipinjemin mobil buat jalan2. Ah, kurang baek apa coba mas dodo dan mba ning ini. Alhamdulillah..

Selama di sana kita sempet ngumpul di rumah temen2ku. Seneng banget bisa ketemu mereka lagi! Bisa makan2, sholat berjamaah (dgn salah satu sohib yg br beberapa tahun lalu mjd mualaf, duh rasanya mau nangis saking senengnya!). Selain itu sempet juga main ke Umbul Ponggok, Candi Boko, Tebing Breksi, dan Janti (area yg banyak tempat pemancingannya). Walopun beberapa rencana batal terlaksana (misalnya makan Bakso Pak Kemi, hiks) tapi alhamdulillah senengggggg banget deh. I swear I thanked my hubby hundreds of times during the trip.

Pulangnya sempet salah stasiun. Pak suami kesel banget tuh. Aku disalahin. Ya mana lah tau kalo skrg ada kereta ekonomi brgkt dr stasiun Tugu?! Jaman kuliah dulu mah semua ekonomi berangkat dari Lempuyangan. Ya sih ga teliti baca tiket elektroniknya. Ya sih tapi kan udah minta maaf. Tetep aja diem2an sepanjang jalan. Sebel. Tapi bodo amat. Aku bertekad menikmati perjalanan. Jadi kukatakan padanya "terserah klo mas masih mau marah. Aku udh minta maaf. Lain kali boleh kok kamu aja yg urus2 tiketnya krn aku ni pelupa dan ga teliti".

Sampe rumah pondok gede jam 3 malam. Ngebayangin dalam 3 jam berikutnya kudu udh rapi jalan ke Sekolah bikin aku bertekad segera tidur sesampainya di kamar. Ga ngurusin lg deh diem2an tadi. Kenapa oh kenapaaa sekolah negeri di Jkt harus masuk tgl 10 ketika yg lainnya baru masuk tgl 17..... -_____-

Eh positif!
Paginya aku ke sekolah dianter pak suami. Meskipun ga bilang kalo marahnya udah reda, tapi dese masih tanggung jawab nganterin istrinya yg masih ngantuk2nya itu ke sekolah. Pulangnya pun dijemput. Sampe rumah badan masih berasa capek jadi bada maghrib aku udah pules.

Jam 12an malam kebangun krn ingat belum sholat isya. Tiba2 merasa kepingin tespek. Telat baru 4 hari sih (harusnya pas di Jogja/Klaten aku mulai haid) tapi berhubung selama perjalanan badan rasanya anget terus, tenggorokan kaya mau radang tapi nggak muncul2 juga radangnya.. Yah nothing to lose lah pikirku. Toh udah biasa liat garis satu.

Maka sambil kriyep2 aku nadahin pipis trus cemplungin tespeknya. Perlahan tapi pasti garisnya muncul. Dua!! Aku positif!! Masya allah.. Langsung melek dah tuh. Ambil HP lalu foto itu tespek. Lanjut nyariin pak suami yg jam segitu kok ga ada di kamar.

Rupanya dirinya sdg di dapur menyeruput teh panas kesukaannya. Aku peluk dia yg masih di posisi duduk. Bodo amat masalah diem2an kemarin, masa iya masih mau marah kalo dapat kabar begini?! Hehe

"Mas aku punya kejutan!" kataku sambil nunjukin foto di HP.
"Dek? Itu..?" katanya agak ragu. Duh kamu kok peragu banget toh mas?!
"Positif! Aku positif!!"

Dan segera dia bersimpuh. Sujud syukur. Ya allah.. Momen begini memang bukan pertama kali trjadi dalam pernikahan kami. Tepatnya ini yg ketiga. Tapi tetap rasanya bahagiaaa sekali. Pebuh harap. Walaupun masih diliputi trauma dan kecemasan.

Akhirnya setelah menyuruhku sholat isya kami duduk berdua mendiskusikan langkah selanjutnya. Yg jelas harus segera ke dokter Bote! Krn saat keguguran februari lalu dr Bote pesan ke kami agar segera setelah dapat si dua garis kami menemuinya utk cek dan suntik penguat. Selain itu pak suami juga bilang bahwa dia bersikeras aku harus ngekos dekat sekolah kalo ga mau resign.

Paginya aku telp RS Tambak. Ditolak sama bagian pendaftaran krn utk jadwal hari itu dan besok pasiennya dr Bote sudah full. Mau nangis... Tapi akhirnya, sibgkat kata, ku dpt slot utk konsul besoknya, atas acc dr Bote. Baik banget deh ni dokter :D

Cek pertama
Maka hari Rabu (12 Juli) kami menemui dr Bote. Jalanan saat itu aduhaiiii macet sekali. Sudah lah stres di kepala krn cemas menanti saat2 diUSG, macet parah pula. Hiks

Tapi akhirnya saat tiba giliran kami masuk ke ruang periksa dan aku diUSG..

"Alhamdulillah Diyan, ada tuh kantong kehamilannya"

Masya allah.. Allahu akbar.. Iyaaa aku melihatnya. Jelas terlihat. Saat diukur ternyata ukurannya 12mm. Tapi..

"Tapi sebagian kantong kehamilan ga nempel nih di dinding rahim. Kamu suntik penguat dan bedrest ya!"

Apapun dok.

Malam itu juga darahku diambil utk cek darah termasuk kekentalan darahnya, dan berlanjut ke ruang persalinan. Di situ aku ketemu bidan yg ramah sekali. Aku ke situ utk suntik penguat. Sesudah itu sekalian saja kami nunggu hasil lab yg katanya selesai dalam satu jam setelah darah diambil. Biar ga bolak-balik. Hasilnya secara umum bagus, d-dimer (indikator kekentalan darah) di angka 200an. Saat lapor sama dr Bote tapi tetep disuruh minum obat pengencer darahnya.

Sebelum pulang sekalian saja aku daftar utk suntik seminggu lagi dan konsul dua minggu lagi. Tapi ternyata suntik ke bidan tidak perlu daftar, jadi hanya daftar utk konsul 2 minggu kemudian, yaitu tanggal 26 Juli.

Mules oh mules
Yang namanya sempet keguguran, jadi parno kan ya sama sedikit aja gejala keguguran. Termasuk panik kalo ngalamin mules di perut depan. Dan aku ngalamin ini di kehamilan kali ini. Ga sekali dua kali. Sering!

Tapi itu mules bakal hilang kalo setelah itu kentutu atau pup. Lah tau sendiri orang hamil muda tu hobi banget kentut. Jadi lumayam sering dah tuh mules kaya-mau-haid gitu. Lama-lama mulai merasional bahwa ini krn miom yg letaknya agak di belakang. Yg namanya hamil pasti aliran darah ke rahim bertambah utk mensupply si janin. Dan sangat masuk akal kalo itu juga berarti si miom dapat pasokan makanan ekstra. Dannn karena posisinya di belakang, maka miom yg dapat jatah tambahan itu bakal membesar dan menekan usus besar. Logika ku begitu.

Darah!
Setelah bedrest seminggu di rumah ibu (yg bikin aku balik lagi jadi bayinya ibu, maaf ya bu ngerelotin terus..), aku kembali ngajar. Tapi aku ijin kepala sekolah dan sesama pengajar bio utk pakai ruang kelas di lab bio. Semua kelasku dipindah ke situ. Jadi bukan aku yg mendatangi kelas, anak2 yg mendatangiku. Alhamdulillah diijinkan. Sempat sih dengar ada sesama guru yg sempat semacam berkomentar bahwa aku manja. "Ah waktu aku hamil ga segitunya kok!". Ahahaha.. Maunya emosi. Tapi ya sudah lah. Terserah ye dese mau komentar apa. Dese ga ngalamin apa yg kite alamin sih. Cuekin aja.

Tiba2, hari senin tgl 24 juli, saat sedang ngajar, aku berasa usu besarku penuh dan gak nyaman. Aku ke kamar mandi. Dan benar lah, pup. Setelah bebersih, aku keringkan area bawah situ dgn tisu. Saat tisu akan dibuang aku melihat sesuatu. Darah!

Langsung seketika itu jg gemeteran. Panik. Tapi trus tarik napas dalam dan mencoba tenang. Coba ambil tisu lagi dan lap bagian depan (vagina). Cek. Alhamdulillah tidak ada darah. Cek lagi. Hasil sama. Lalu saat kulap bagian belakang (anus) ternyata ada darah di tisu. Cek lagi, darah lagi. Dan ternyata darah segar. Lumayan banyak. Ada yg agak menggumpang juga tapi tidak terlalu besar. Paniknya udah agak berkurang krn setidaknya bukan dr rahim itu darah. Tapi tetep aja ga tenang. Aku wa ibuku dan pak suami. Sempet wa temen yg pernah cerita ttg ambeiyen waktu hamil anaknya dulu. Dapat wejangan utk stay calm dan cek lagi dalam 1-3 jam. Jika masih terus berdarah maka kudu ke RS.

Aku balik ke kelas dgn menutupi kecemasan. Anak2 ga tau kalo gurunya lagi stres. Hehe

Sorenya aku wa dr Bote. Alhamdulillah bu dokter yg satu ini emang baik banget. Ga pake lama, wa ku dibalasnya. Dia bilang stop aja dulu obat pengencer darahnya lalu observasi dalam 3 hari ke depan.

Rasanya langsung rileks seketika. Iya ya, kok ga sempet konek otaknya ke si obat pengencer darah ascardia itu?? Langsung tertawa sendiri. Wa suami dan ibu supaya ga khawatir. Dan alhamdulillah malamnya sudah tidak ada darah. Begitu pula pagi hari saat pup. Alhamdulillah

Cek kedua
Rabu (26 juli) kami balik ke RS Tambak. Perjalanan berangkat alhamdulillah terhitung normal, cuman baliknya masya allah.. Satu jam sendiri di depan menteng square! Macet parah..

Kami konsul ke dr Bote setelah ngntri agak lama. Sepanjang ngantri tu rasanya udh ga sabar pengen tau status kehamilan. Sejujurnya malah ini penasaran tuh udh ada sejak berhari2 lalu. Apalagi saat cek di inet bahwa harusnya hamil 5 minggu itu kantong kehamilannya ga sampe 1cm, sedangkan pemeriksaan dua minggu sebelumnya terukur 1.2 mm.

Ketika akhirnya kami dipanggil, jantungku rasanya berpacu lebih cepat. Komat kamit basmalah terus. Bahkan saat USG dr Bote sampe minta aku rileks dab tahan napas sebentar krn perutku naik turun jd agak susah dapat gambaran yg bagus.

"Wah alhamdulillah kantong (kehamila)nya tambah besar. Isinya belum jelas tapi bisa diukur nih. Kita denger detak jantungnya ya mudah2an udah ada"

Sejurus kemudian... Jedug jedug jedug jedug.. Masya allah... Rasanya amazing bangettttt.... Bisa denger detak jantung pertama si janin. Ya allah.. Rasanya mau nangis tapi ditahan karena malu sama dokternya. Hehe

Pas diukur panjang janin (CRL)nya 0.96cm. Detak jantung 153 bpm. Kata dr Bote ini normal semua dan sesuai dgn perkembangan janin usia 7 minggu. Persis sesuai kalo dihitung dari hpht. Alhamdulillah.. Rasanya seperti kecemasan terangkat.

Aku curhat juga soal mules saat mau kentut dan pup, dan benar, kata dokte ritu krn miomnya membesar.

Yg lucu si pak suami...

Bersambung yaa